Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kerajaan+Kerajaan+Islam+Di+Indonesia

Kerajaan+Kerajaan+Islam+Di+Indonesia

Ratings: (0)|Views: 47 |Likes:
Published by Helmon Chan
Kerajaan Kerajaan Islam Di Indonesia
Kerajaan Kerajaan Islam Di Indonesia

More info:

Published by: Helmon Chan on Sep 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2013

pdf

text

original

 
Sekolah Bhinneka Sekolah Bhinneka Sekolah Bhinneka Sekolah Bhinneka – – – PPI Nagoya (Jepang) PPI Nagoya (Jepang) PPI Nagoya (Jepang) PPI Nagoya (Jepang) 
Kelas Flores: Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia 1
Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia
Kerajaan Samudera Pasai 
Pasai didirikan pada abad ke-11 oleh Meurah Khair. Kerajaan ini terletak dipesisir Timur Laut Aceh. Kerajaan ini merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Pendiri dan raja pertamaKerajaan Samudra Pasai adalah Meurah Khair. Ia bergelar Maharaja Mahmud Syah (1042-1078). Pengganti Meurah Khair adalah Maharaja Mansyur Syah dari tahun 1078-1133.Pengganti Maharaja Mansyur Syah adalah Maharaja Ghiyasyuddin Syah dari tahun 1133-1155.
 Peta Lokasi Kerajaan Samudera Pasai 
Raja Kerajaan Samudra Pasai berikutnya adalah Meurah Noe yang bergelar MaharajaNuruddin berkuasa dari tahun1155-1210. Raja ini dikenal juga dengan sebutan TengkuSamudra atau Sulthan Nazimuddin Al-Kamil. Sultan ini sebenarnya berasal dari Mesir yangditugaskan sebagai laksamana untuk merebut pelabuhan di Gujarat. Raja ini tidak memilikiketurunan sehingga pada saat wafat, kerajaan Samudra Pasai dilanda kekacauan karenaperebutan kekuasaan.Meurah Silu bergelar Sultan Malik-al Saleh (1285-1297). Meurah Silu adalah keturunanRaja Perlak (sekarang Malaysia) yang mendirikan dinasti kedua kerajaan Samudra Pasai.Pada masa pemerintahannya, system pemerintahan kerajaan dan angkatan perang laut dandarat sudah terstruktur rapi. Kerajaan mengalami kemakmuran, terutama setelah PelabuhanPasai dibuka. Hubungan Kerajaan Samudra Pasai dan Perlak berjalan harmonis. Meurah Silumemperkokoh hubungan ini dengan menikahi putri Ganggang Sari, anak Raja Perlak.Meurah Silu berhasil memperkuat pengaruh Kerajaan Samudra Pasai di pantai timur Acehdan berkembang menjadi kerajaan perdagangan yang kuat di Selat Malaka.Raja-raja Samudra Pasai selanjutnya adalah Sultan Muhammad Malik Zahir (1297-1326), Sultan Mahmud Malik Zahir (1326-1345), Sultan Manshur Malik Zahir (1345-1346),dan Sultan Ahmad Malik Zahir (1346-1383). Raja selanjutnya adalah Sultan Zainal Abidin(1383-1405). Pada masa pemerintahannya, kekuasaan kerajaan meliputi daerah Kedah diSemenanjung Malaya. Sultan Zainal Abidin sangat aktif menyebarkan pengaruh Islamkepulau Jawa dan Sulawesi dengan mengirimkan ahli-ahli dakwah, seperti Maulana Malik Ibrahim dan Maulana Ishak.
 
Kelas Flores: Kerajaan-Kerajaa 
 Pe
Kerajaan Aceh berdiri menjsejarah, pada tahun 1360 Mkerajaan Pasai terus mengalke-14 M, kerajaan Aceh DMughayat Syah yang dinoba
Sekolah Bhinneka Sekolah Bhinneka Sekolah Bhinneka Sekolah Bhinneka – – – PP PP PP PP 
Islam di Indonesia 
inggalan Sejarah Kerajaan Samudera Pasai 
 
elang keruntuhan Samudera Pasai. Sebagaiman, Samudera Pasai ditaklukkan oleh Majaphit, dami kemudunduran. Diperkirakan, menjelang barussalam telah berdiri dengan penguasa perkan pada Ahad, 1 Jumadil Awal 913 H (1511 M).
 Peta Lokasi Kerajaan Aceh
Nagoya (Jepang) Nagoya (Jepang) Nagoya (Jepang) Nagoya (Jepang) 
 
erajaan Aceh
a tercatat dalamn sejak saat itu,erakhirnya abadtama Sultan Ali
 
Sekolah Bhinneka Sekolah Bhinneka Sekolah Bhinneka Sekolah Bhinneka – – – PPI Nagoya (Jepang) PPI Nagoya (Jepang) PPI Nagoya (Jepang) PPI Nagoya (Jepang) 
Kelas Flores: Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia 3
Pada awalnya, wilayah kerajaan Aceh ini hanya mencakup Banda Aceh dan AcehBesar yang dipimpin oleh ayah Ali Mughayat Syah. Ketika Mughayat Syah naih tahtamenggantikan ayahnya, ia berhasil memperkuat kekuatan dan mempersatukan wilayah Acehdalam kekuasaannya, termasuk menaklukkan kerajaan Pasai. Saat itu, sekitar tahun 1511 M,kerajaan-kerajaan kecil yang terdapat di Aceh dan pesisir timur Sumatera seperti Peurelak (di Aceh Timur), Pedir (di Pidie), Daya (Aceh Barat Daya) dan Aru (di Sumatera Utara) sudah berada di bawah pengaruh kolonial Portugis. Mughayat Syah dikenal sangat anti padaPortugis, karena itu, untuk menghambat pengaruh Portugis, kerajaan-kerajaan kecil tersebutkemudian ia taklukkan dan masukkan ke dalam wilayah kerajaannya. Sejak saat itu, kerajaan Aceh lebih dikenal dengan nama Aceh Darussalam dengan wilayah yang luas, hasil daripenaklukan kerajaan-kerajaan kecil di sekitarnya.Sejarah mencatat bahwa, usaha Mughayat Syah untuk mengusir Portugis dari seluruh bumi Aceh dengan menaklukkan kerajaan kerajaan kecil yang sudah berada di bawahPortugis berjalan lancar. Secara berurutan, Portugis yang berada di daerah Daya ia gempurdan berhasil ia kalahkan. Ketika Portugis mundur ke Pidie, Mughayat juga menggempurPidie, sehingga Portugis terpaksa mundur ke Pasai. Mughayat kemudian melanjutkangempurannya dan berhasil merebut benteng Portugis di Pasai. Dengan jatuhnya Pasai padatahun 1524 M, , Aceh Darussalam menjadi satu-satunya kerajaan yang memiliki pengaruh besar di kawasan tersebut. Kemenangan yang berturut-turut ini membawa keuntungan yangluar biasa, terutama dari aspek persenjataan. Portugis yang kewalahan menghadapi serangan Aceh banyak meninggalkan persenjataan, karena memang tidak sempat mereka bawa dalamgerak mundur pasukan. Senjata-senjata inilah yang digunakan kembali oleh pasukanMughayat untuk menggempur Portugis.Ketika benteng di Pasai telah dikuasai Aceh, Portugis mundur ke Peurelak. Namun,pasukan Aceh tidak memberikan kesempatan sama sekali pada Portugis. Peurelak kemudian juga diserang, sehingga Portugis mundur ke Aru. Tak berapa lama, Aru juga berhasil direbutoleh Aceh hingga akhirnya Portugis mundur ke Malaka.
 Sultan Iskandar Muda
Dalam sejarahnya, Aceh Darussalam mencapai masa kejayaan di masa Sultan IskandarMuda Johan Pahlawan Meukuta Alam (1590 1636). Pada masa itu, Aceh merupakan salahsatu pusat perdagangan yang sangat ramai di Asia Tenggara. Kerajaan Aceh pada masa itu juga memiliki hubungan diplomatik dengan dinasti Usmani di Turki, Inggris dan Belanda.Pada masa Iskandar Muda, Aceh pernah mengirim utusan ke Turki Usmani denganmembawa hadiah. Kunjungan ini diterima oleh Khalifah Turki Usmani dan ia mengirimhadiah balasan berupa sebuah meriam dan penasehat militer untuk membantu memperkuatangkatan perang Aceh. Wilayah kekuasaan Aceh mencapi Pariaman wilayah pesisir SumatraBarat, Perak diMalaka yang secara efektif bisa direbut dari portugis tahun 1575.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->