Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Stratifikasi Ekonomi

Stratifikasi Ekonomi

Ratings: (0)|Views: 76|Likes:
Stratifikasi Ekonomi Achmad Sheldy Aminulloh
Stratifikasi Ekonomi Achmad Sheldy Aminulloh

More info:

Published by: Achmad Sheldy Aminulloh on Sep 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/18/2013

pdf

text

original

 
Stratifikasi Ekonomi
Nama Kelompok : (X4)1.Achmad Sheldy A2.Alvin Yendiana3.Calvin Antonius T4.Fariz Rizqi E5.Harits Maulana M6.M Adriyal Kamal7.M Faiz Ramdhani8.Raditya Mirza B
SMA Negeri 1 Tegal Jl. Menteri Supeno no 56
 
A.Pengertian
Ekonomi yang dimaksud adalah kekayaan
(materi atau kebendaan) dapat dijadikanukuran penempatan anggotamasyarakatke dalam lapisan-lapisan sosial yang ada, barangsiapa memiliki kekayaan paling banyak mana ia akan termasuk lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial, demikian pula sebaliknya, barang siapa tidak mempunyai kekayaan akandigolongkan ke dalam lapisan yang rendah. Kekayaan tersebut dapat dilihat antara lain pada bentuk tempat tinggal, benda-benda tersier yang dimilikinya, cara berpakaiannya, maupun ke-biasaannya dalam berbelanja.Contohnya adalah orang kaya dan orang miskin. Stratifikasi Ekonomi adalahstratifikasi yang sangat nyata dan mudah dijumpai di dalam masyarakat. Pelapisan Ekonomidapat dilihat dari segi kekayaan, pendapatan, dan jabatan pekerjaan. Karena setiap orangmemiliki kemampuan ekonomi yang berbeda –beda, Maka menyebabkan terjadinya pelapisanatau Stratifikasi Ekonomi. Orang-orang yang berpendapatan sangat besar akan mendudukistrata teratas seperti konglomerat, pejabat, presiden, pekerja dengan penghasilan tinggi, danlain-lain. Sedangkan orang-orang yang memiliki penghasilan kecil ataupun tida berpenghasilan akan menempati strata terbawah seperti pengemis, gelandangan, pemulung,dan lain-lain.Diantara lapisan atas dan lapisan bawah terdapat lapisan menengah, yaitu Orang-orang yang berpenghasilan menengah ataupun sedang. Namun setiap orang dapat mengubahlapisannya masing-masing jika orang tersebut mau berusaha dan berprestasi dengan baik.Misalnya seorang anak pembantu berprestasi dan bekerja keras dan menjadi orang kaya saatia dewasa. Sebaliknya setiap orang yang tidak pandai mempertahankan bisa turun strata,misalnya orang kaya yang bangkrut. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Stratifikasiekonomi bersifat terbuka. Yaitu memungkinkan seseorang berpindah-pindah dari lapisan satuke lapisan lainnya.
Sistem pelapisan yang berdasarkan kriteria ekonomi disebut kelas sosial.
Menurut Karl Marx ada dua macam kelas dalam setiap masyarakat, yaitu kelas atasyang memiliki tanah atau alat-alat produksi lainnya dan kelas bawah yaitu kelasyang tidak memiliki alat-alat produksi kecuali tenaga yang disumbangkan dalam proses produksi.
Max Weber menyebutkan adanya kelas yang mendapat kehormatan khusus darimasyarakat yang dinamakan stand.
Joseph Schumpater menyebutkan bahwa sistem kelas diperlukan untuk menyediakanmasyarakat dengan keperluan-keperluan yang nyata.
 
Hasan Shadily menyebutkan bahwa kelas sosial adalah golongan yang terbentuk karena adanya perbedaan kedudukan tinggi dan rendah, dan karena adanya rasasegolongan dalam kelas itu masing-masing sehingga kelas yang satu dapat dibedakandari kelas yang lain.
Secara teoritis kelas-kelas ekonomi masyarakat adalah sebagaiberikut:
1) Kelas Atas (Upper Class), terdiri atas:• a. Kelas atas lapisan atas.• b. Kelas atas lapisan menengah.• c. Kelas atas lapisan bawah.2) Kelas Menengah (Middle Class), terdiri atas:• a. Kelas menengah lapisan atas.• b. Kelas menengah lapisan tengah.• c. Kelas menengah lapisan bawah.3) Kelas Bawah (Lower Class):• a. Kelas bawah lapisan atas.• b. Kelas bawah lapisan tengah.• c. Kelas bawah lapisan bawah.• Mengapa kelas-kelas sosial di dalam masyarakat digambarkan dalam bentuk kerucut? Halini berkaitan dengan jumlah warga masyarakat semakin tinggi jumlahnya semakin sedikit.
SEBAB-SEBAB TERJADINYA STRATIFIKASI SOSIAL
Setiap masyarakat mempunyai sesuatu yang dihargai, bisa berupakepandaian, kekayaan, kekuasaan, profesi, keaslian keanggotaan masyarakatdan sebagainya. Selama manusia membeda-bedakan penghargaan terhadapsesuatu yang dimiliki tersebut, pasti akan menimbulkan lapisan-lapisan dalammasyarakat. Semakin banyak kepemilikan, kecakapan masyarakat/seseorangterhadap sesuatu yang dihargai, semakin tinggi kedudukan atau lapisannya.Sebaliknya bagi mereka yang hanya mempunyai sedikit atau bahkan tidakmemiliki sama sekali, maka mereka mempunyai kedudukan dan lapisan yangrendah.Seseorang yang mempunyai tugas sebagai pejabat/ketua atau pemimpin pastimenempati lapisan yang tinggi daripada sebagai anggota masyarakat yang tidakmempunyai tugas apa-apa. Karena penghargaan terhadap jasa ataupengabdiannya seseorang bisa pula ditempatkan pada posisi yang tinggi,misalnya pahlawan, pelopor, penemu, dan sebagainya. Dapat juga karenakeahlian dan ketrampilan seseorang dalam pekerjaan tertentu dia mendudukiposisi tinggi jika dibandingkan dengan pekerja yang tidak mempunyaiketrampilan apapun.
PROSES TERJADINYA STRATIFIKASI SOSIAL

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->