Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
106Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
0708 UKK Bahasa Indonesia Kelas 7

0708 UKK Bahasa Indonesia Kelas 7

Ratings: (0)|Views: 11,619 |Likes:
Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 UKK Tahun Pelajaran 2007/2008
Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 UKK Tahun Pelajaran 2007/2008

More info:

Published by: Singgih Pramu Setyadi on Jun 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/08/2014

pdf

text

original

 
 1
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 3 LAWANGULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
Mata Pelajaran : Bahasa IndonesiaKelas : VII (Tujuh)Hari, tanggal : Senin, 16 Juni 2008Waktu : 90 menit1.
 
Biografi
 
Chairil Anwar lahir 26 Juli 1922 di Medan dan meninggal di Jakarta, 28 April 1949.bersama Asrul Sani dan
Rivai Apin, Chairil anwar mendirikan “Gelanggang SenimanMerdeka”, kemudian ia menjadi redaktur “Gelanggang “ dan “Gema Suasana”. Chairil
Anwar lazim disebut sebagai toko
h angkatan ‟45 dalam bidang puisi karena ia
memperlihatkan corak baru pada puisi-puisinya. Di dalam mencari, Chairil Anwar belajardari pujangga-pujangga dunia. Di kalangan seniman, ia juga bergaul dengan senimanpelukis dan pemain sandiwara.Berikut adalah hal-hal menarik dari Chairil anwar, kecuali....a.
 
bersahabat dengan pujangga-pujangga dunia dalam mencari ilmub.
 
bergaul tidak hanya dengan dunia mengarang, tetapi juga dengan pelukis dan pemainsandiwarac.
 
tokoh Angkatan ‟45 dalam bidang puisi
 d.
 
Chairil abwar lahir 26 Juli 1922
2.
 
Chairil Anwar sering disebutkan sebagi tokoh Angkatan ‟45 dalam bidnag puisi karena...
 a. Produktif menulis puisib. Selalu belajar kepada pujangga-pujangga duniac. Mau bergail dengan seniman lainnyad. Puisinya berbeda corak dengan puisi pengarang sebelumnya3.
 
Presiden ke-3 RI adalah Prof. Dr. Ing B.J. Habibie memerintah sejak 21 Mei 1998
 – 
20 Oktober1999. Lahir tanggal 25 Juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Dia mendapat bea siswa dan lulustahun 1960 di Jerman. Pada tahun 1961, ia meraih gelar Doktor Ing, dengan predikat SummaCumlaude. Ia dipanggil Presiden Soeharto pulang ke indonesia pada tahun 1974.Hal menarik pada diri tokoh di atas adalah....a. Menjadi presiden RI ke-3 c. Seorang yang cerdasb. Kelahiran Pare-pare, Sulawesi Selatan d. Dipanggil pulang ke Indonesia4.
 
DANAUKutemukan danau baruPada musim kering Jernih dan mengacaMenjamu burungMasih terdengarTetes airYang jatuh kembaliPada puisi di atas menggambarkan...a. Keindahan danau c. Temuan penyairb. Kehidupan baru penyair d. Kejernihan air danau5.
 
Teman-teman yang ikut ke Candi Borobudur besok pagi di harap datang ke sekolah pukul 06.00tepat. Rencananya bis akan berangkat pukul 06.30. bagi yang terlambat berarti tidak jadi ikut.Sekian terima kasih.Pengumuman yang dibacakan oleh salah satu panitia wisata di atas membicarakan tentang....a. Suasana perjalanan wisata c. Waktu pemberangkatan wisatab. Angkutan yang membawa para wisatawan d. Ongkos perjalanan wisata
PETUNJUK UMUM:
1.
 
Tulis nama, kelas, nomor peserta, Anda pada lembar jawab.2.
 
Arsirlah atau hitamkan huruf A, B, C, dan D yang menurut Anda merupakan jawaban yang palingtepat.3.
 
Gunakan pensil 2B, dan penghapus karet yang baik.4.
 
Apabila ingin mengganti jawaban hapuslah jawaban tersebut dengan karet penghapus dan arsir/hitamkan jawaban yang benar.
 
 2
6.
 
PENGUMUMANKereta Api Senja Utama bisnisHari ini berangkat pukul 18.00Sasaran utama pengumuman di atas adalah...a. Para petugas c. Para pengantar penumpangb. Para penumpang d. Para penjemput penumpang7.
 
Nggak perlu sungkan-sungkan, silakan ekspresikan! Kami siap menampung semua ide dan
kreativitas kalian dalam “Mading Koe” ini.
Kata tidak baku dalam kutipan pengumuman itu adalah...a. Nggak dan silakan c. Nggak dan sungkan-sungkanb. Ekspresikan dan menampung d. Ekspresikan dan kreativitas8.
 
Berikut adalah contoh kalimat negatif, kecuali....a. Saya tidak berani jika harus pulang terlalu malamb. Mereka berusaha menyelamatkan anak itu, tetapi tidak berhasilc. Bukan kami yang membantunya, tetapi masyarakat di desa inid. Orang tuanya sudah kami sarankan untuk mencoba menengoknya9.
 
Membaca cepat bermanfaat untuk hal-hal berikut, kecuali....a. Membaca surat kabar c. Melihat acara televisib. Membaca buku telepon d. Membaca puisi10.
 
Pernyataan berikut menyatakan pengalaman pribadi, kecuali...a. Saya menyaksikan peristiwa itu sehingga saya sedihb. Dia tidak pernah mengeluh walaupun bekerja sampai larut malamc. Bagi saya kegagalan adalah keberhasilan yang tertundad. Peristiwa itu sangat memukul perasaanku, karena aku harus berpisah dengan dia11.
 
Bahasa penutup surat yang tepat terdapat pada....a. Cukup sekian isi surat ini. Ananda harap Paman mengijinkan rencana Ananda untuk berliburke desa. Cepat Paman jawab surat Andab. Surat ini cukup sekian saja. Paman supaya mengizinkan rencana Ananda untuk berlibur kedesa. Ananda minta agar Paman membalas surat ini.c. Sekian dulu surat dari Ananda. Semoga Paman mengizinkan Ananda untuk berlibur ke desa. Jawaban Paman sangat Ananda tunggud. Kiranya surat Ananda sekian dulu. Ananda yakin pasti Paman mengizinkan Ananda berliburke desa. Cepat balas surat ini12.
 
Kalau ada kembang yang baruBunga kenanga dikupas janganKalau ada sahabat yang baruSahabat lama dibuang janganDilihat dari ciri-cirinya puisi di atas adalah jenis...a. Pantun b. Syair c. Seloka d. Gurindam13.
 
Pengumuman pelaksanaan kegiatan di bawah ini yang tepat adalah...a. Diberitahukan kepada para siswa peserta PMR untuk menghadap guru BP b. Diberitahukan kepada para siswa peserta PMR untuk mendaftar kemah di ruang BP c. Diberitahukan kepada para siswa kemah PMR untuk melihat jadwal kemah PMR d. Diberitahujan kepada para siswa agar mengikuti kemah PMR pada tanggal 9 September 200714.
 
Setelah sarapan, denagn pakaian sebagus-bagusnya saya pergi sembahyang hari raya ke masjidSultan. Waktu itu saya masih muda, jadi rupa saya, belum seburuk sekarang. Tidak banyak tetapiada juga tampang raja-raja. Saya dapati orang sudah banyak di sana deangan pakaiannya yangbagus-bagus dan bau-bauan yang semerbak.Latar dari penggalan cerpen di atas adalah...a. Pagi b. Siang c. Sore d. malam15.
 
Dibangunnya kompleks perindustrian dimaksudkan untuk menjauhkan pabrik-pabrik daripemukiman penduduk. Arti imbuhan per-an pada kata bercetak miring dalam kalimat tersebutmenyatakan...a. Hal b. Keadaan c. Tempat d. Kupulan16.
 
Hari ini presiden Irak terguling. Saddam Husein akan menghadapi persidangan pertamanya diBaghdad Mantan orang kuat Irak ini akan disidangkan bersama sejumlah mantan anak buahnyaatas tuduhan melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.Pokok-pokok berita yang ada dalam kutipan tersebut dapat menjawab pertanyaan....a. Bagaimana, kapan, siapa c. Bagaimana, apa, mengapab. Kapan, apa, bagaimana d. Kapan, siapa, mengapa
 
 3
17.
 
Esok harinya aku masuk sekolah. Betapa terkejutnya aku, saat masuk kelas, semua kursi telah terisi.Apa boleh buat, akan terpaksa duduk belakang. Belum lagi habis kebingunganku, Pak Untung gurumatematika masuk.Latar disertai bukti yang tepat pada kutipan cerita tersebut adalah....a. Di rumah, buktinya esok harinya akan masuk sekolahb. Di kelas, buktinya masuk kelas semua kursi terisic. Di halaman, buktinya esok harinya aku masuk sekolahd. Di sekolah, buktinya esok harinya aku masuk sekolah18.
 
Mengapa bunga harus layu (1)Setelah kumbang dapatkan madu (2)Mengapa kumbang harus ingkar (3)...................................................Agar baris ketiga dan keempat berirama sama, baris keempat yang tepat adalah....a. Setelah bunga jadi layu c. Setelah bunga tersipu malub. Setelah bunga tak lagi mekar d. Setelah menggoda sang kumbang19.
 
Buat Yogadi rumahSalam kangen,..........................................................................Bagian pembuka surat tersebut yang tepat adalah...a. Yoga, minggu depan aku akan main ke rumahmu karena mau minta tolongb. Bagaimana kabarmu Yoga? Semoga kita selalu mendapat lindungan Allah SWtc. Keadaanku saat inibaik-baik saja. Oleh karena itu, Minggu depan aku mau ke rumahmu.d. Semoga keadaanmu saat ini baik-baik saya Yoga, agar Minggu depan aku bisa minta tolongkamu20.
 
Ibu berkata bahwa saya harus berhati-hati di jalan.Kalimat langsung yang tepat dari kalimat tersebut adalah....
a. “Berhati
-
hatilah,” kata ibu kepadaku di jalan.
 
b. Ibu berkata, “ Saya harus berhati
-
hati di jalan.”
 
c. Ibu berkata,”Kamu harus berhat
i-
hati di jalan.”
 d.
Ibu berkata,”Bahwa saya harus berhati
-
hati,”
 21.
 
Kata sapaan digunakan dalam kalimat....a. Dokter, apa penyakit anak ini? c. Berapa jumlah saudara kandungmu?b. Kapan ayahmu bisa membantuku? d. Sekarang berapa umur adikmu?22.
 
Seorang mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan penelitian di pedesaan sedang melakukankegiatan penelitian lebih dari 30 tahun bekerja bersama para kader kesehatan masyarakat didaerah Sukabumi dan Cianjur.Pertanyaan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut disampaikan mahasiswa kepada dokter adalah....a. Sudah berapa lama Dokter bekerja sama denagn para kader kesehatan masyarakat?b. Siapakah yang mendukung program dokter dalam membina kesehatan masyarakat?c. Apakah kesehatan masyarakat harus dibina oleh para dokter di Sukabumi?d. Mengapa para kader kesehatan masyarakat sangat diperlukan oleh dokter di Sukabumi?23.
 
Kalimat yang menggunakan kata sapaan adalah....a. Bapaknya yang mendapat penghargaan dari Pemerintahb. Hampir seluruh yang hadir adalah bapak-bapak ituc. Sebaiknya bapak itu yang menerima hadiahd. Bapak dipersilahkan untuk tampil ke muka24.
 
Siti
: “Mau kemana Tuti, kok terburu
-
buru?”
 Tuti
: “Mau ke toko.”
 Siti
: “Jalan kaki saja?”
 Tuti
: “Ya, sepedaku dipakai adik.”
 Siti
: „Selamat berbelanja ya, Tuti!”
 Kata sapaan yang ada dalam dialog di atasa dalah...a. Tuti, adik b. Siti, Tuti c. Tuti, Tut d. Adik, Tuti25.
 
Kalimat yang mengandung kata sapaan yaitu...a. Pak Johan guru bahasa Indonesia c. Aku sekelas dengan Putri dan Bobby b. Kepala sekolahku adalah Pak Faturachman
d. “Apa yang harus saya bawa, Pak?” tanyaku
 26.
 
Menurut Gubernur Propinsi Kerman Mohammad Ali Karimi, jumlah korban yang tewas “sangatbanyak”: se
orang pejabat senior Kerman kepa Reuters mengatakan, jumah korban yang meninggaldunia sudah mencapai 2.000 orangn. Beberapa jam kemudian, seornang anggota parlemen Iran,Hasan Khoshrou, kepada Associated Press mengatakan, jumlah korban bisa mencapai 10.000

Activity (106)

You've already reviewed this. Edit your review.
Shelly Shel liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Ahmat Umar liked this
Jajang Sulaeman liked this
Jannati Cahya liked this
purnomosakti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->