Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
daun sirsak

daun sirsak

Ratings: (0)|Views: 75|Likes:
Published by Septryandika Putra

More info:

Published by: Septryandika Putra on Sep 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/18/2013

pdf

text

original

 
1.
 
I.
 
Latar belakangObat tradisional sudah lama digunakan secara luas di Indonesia.dalam perkembangan kedokteran modern sekarang ini, masih terasa modern.apalagi,di zaman krisis seperti ini ,harga obat semakin mahal. Pemerintah semakin berusaha menggalakan pemanfaatan obat tradisional sebagai obat alternative.
 
 pemanfaatan itu penting karena obat tradisional mudah mendapatkannya ,sertasangat efektif untuk mengobati suatu penyakit .sampai saat ini masyarakat masih banyak yg memanfaatkan obat tradisional . karena obat tradisonal lebih murah dari pada obat modern dan alam Indonesia sangat mendukung perkembangan obattradisional.
 
Saat ini kurang lebih 40.000 jenis tumbuhan di Indonesia yg bs di manfaatkansebagai obat tradisional . dari jumlah itu baru sekitar 1.000 jenis tumbuhan ygsudah di manfaatkan sebagai obat. Dari sini kita dapat mengetahui belum semuatanaman obat digunakan.
 
Padahal obat tradisional dapat membantu taraf kesehatan masyarakat di Indonesia.Berdasarkan uraian tersebut ,kami tertarik untuk mengadakan suatu penelitianuntuk mengetahui apakah benar sirsak dapat mencegah kanker???
 
1.
 
II.
 
Rumusan masalah
 
a.
 
Apa benar sirsak bermanfaat untuk mencegah kanker?
 
 b.
 
Apakah benar sirsak dapat meningkatkan daya tubuh ?
 
c.
 
Apakah benar sirsak dapat memperlambat penuaan?
 
d.
 
Apakah benar sirsak dapat menghambat osteoporosis?
 
 
 
1.
 
III.
 
Tujuan
 
Berdasarkan rumusan masalah di atas ,tujuan yang ingin dicapai dalam penelitianini adalah:
 
a.
 
Apa benar sirsak bermanfaat untuk mencegah kanker?
 
 b.
 
Apakah benar sirsak dapat meningkatkan daya tubuh ?
 
c.
 
Apakah benar sirsak dapat memperlambat penuaan?
 
d.
 
Apakah benar sirsak dapat menghambat osteoporosis?
 
1.
 
IV.
 
Tinjauan pustaka
 
Sejak jaman dahulu, manusia sangat mengandalkan lingkungan sekitarnya untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya untuk makan, tempat berteduh, pakaian, obat, pupuk, parfum, dan bahkan untuk kecantikan dapat diperoleh dari lingkungan.Sehingga kekayaan alam di sekitar manusia sebenarnya sedemikian rupa sangat bermanfaat dan belum sepenuhnya digali, dimanfaatkan, atau bahkandikembangkan. Bangsa Indonesia telah lama mengenal dan menggunakan tanaman berkhasiat obat sebagai salah satu upaya dalam menanggulangi masalah kesehatan.
 
Bagian dari Obat tradisional yang bisa dimanfaatkan adalah akar, rimpang, batang, buah, daun dan bunga. Bentuk obat tradisional yang banyak dijual dipasar dalam bentuk kapsul, serbuk, cair, simplisia dan tablet.
 
Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaansetempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitianmasa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kinidigencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik hargamaupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karenamenurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karenamasih bisa dicerna oleh tubuh.
 
Sampai sekarang ,dunia pengobatan modern banyak menggali sesuatu yangtersembunyi di dalam obat- obatan tradisional dgn meneliti nya. Dari penelitian itumembuktikan bahwa tumbuhan obat memang memiliki kandungan zat-zat atausenyawa yang secara klinik terbukti bermanfaat bagi kesehatan.
 
1.
 
V.
 
Hasil dan pembahasan
 
a.
 
Hasil
 
Dari penelitian yang dilakukan di peroleh hasil bahwa tumbuhan yang bernama Soursop (Inggris), Corossol atau Anone (Perancis), Zuurzak (Belanda) guanábana (Spanish), graviola (Portuguese), Brazilian PawPaw, Corossolier, Guanavana, Toge-Banreisi, Durian benggala, Nangka blanda, and Nangka londa. Kandungan Gizi buah sirsak adalah sbb:
 
Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah,8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah.
 
Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalahkarbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9
 – 
93,6 persen darikandungan gula total.
 
Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehinggasangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asamorganik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.
 
Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitusekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkandaya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->