Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Puasa Rajab

Puasa Rajab

Ratings: (0)|Views: 10,116|Likes:
Published by abdi nur
Serba-serbi pendapat tentang Puasa pada bulan Rajab
Serba-serbi pendapat tentang Puasa pada bulan Rajab

More info:

Published by: abdi nur on Jun 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/23/2013

pdf

text

original

 
http://www.pesantrenvirtual.com/index.php?option=com_content&task=view&id=921&Itemid=30Tentang PuasaRajab 1
 
Ditulis oleh Dewan AsatidzBapak Ustad, saya mendapatkan informasi kalau puasa Rajab tanggal 1 akan menghapus dosaselama 3 tahun, tanggal 2 akan menghapus dosa 2 tahun, tanggal 3 akan menghapus dosa 1tahun, tanggal 4 akan menghapus dosa selama 1 bulan, dan amal di bulan rajab akan diberi pahala 70 kali lipat.
Tanya:
Bapak Ustad, saya mendapatkan informasi kalau puasa Rajab tanggal 1 akan menghapus dosaselama 3 tahun, tanggal 2 akan menghapus dosa 2 tahun, tanggal 3 akan menghapus dosa 1tahun, tanggal 4 akan menghapus dosa selama 1 bulan, dan amal di bulan rajab akan diberi pahala 70 kali lipat.Saya tidak tahu dasar hukumnya puasa Rajab dan kebenaran informasi tsb. Saya sudah mencobamencari di buku Fiqh Islam karangan H. Sulaiman Rasjid dan buku Riadhus Shalihin karanganUst. Al Hafidh. Mungkin karena keterbatasan pengetahuan saya sehingga tidak mengetahuinya.Atas bantuannya saya ucapkan banyak terimakasih.
Budi Fachrudin - Depok Jawab:
Bulan Rajab merupakan salah satu bulan Muharram yang artinya dimulyakan (Ada 4 bulan:Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab). Puasa dalam bulan Rajab, sebagaimana dalam bulan-bulan mulya lainnya, hukumnya sunnah. Diriwayatkan dari Mujibah al-Bahiliyah,Rasulullah bersabda "Puasalah pada bulan-bulan haram(mulya)." (Riwayat Abu Dawud, IbnuMajah, dan Ahmad). Hadis lainnya adalah Riwayatnya al-Nasa'i dan Abu Dawud (dandisahihkan oleh Ibnu Huzaimah): "Usamah berkata pada Nabi saw, 'Wahai Rasulullah, saya tak melihat Rasul melakukan puasa (sunat) sebanyak yang Rasul lakukan dalam bulan Sya'ban.'Rasul menjawab: 'Bulan Sya'ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadan yang dilupakan olehkebanyakan orang.'"Menurut al-Syaukani (Naylul Authar, dalam bahasan puasa sunat) ungkapan Nabi "BulanSya'ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadan yang dilupakan kebanyakan orang" itu secaraimplisit menunjukkan bahwa bulan Rajab juga disunnahkan melakukan puasa di dalamnya.Adapun hadis yang Anda sebut itu, kami juga tak menemukannya. Ada beberapa hadis lain yangmenerangkan keutamaan bulan Rajab. Seperti berikut ini:
"Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari makadibukakan untuknya 8 pintu sorga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanyadengan kebaikan."
Riwayat al-Thabrani dari Sa'id bin Rasyid: Barangsiapa puasa sehari di bulan Rajabmaka laksana ia puasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintuneraka Jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu sorga, bila puasa 10 hariAllah akan mengabulkan semua permintaannya....."
"Sesugguhnya di sorga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putihdaripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulanRajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut".
Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi saw berkata: "Rajab itu bulannyaAllah, Sya'ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku."Hadis-hadis tersebut dha'if (kurang kuat) sebagaimana ditegaskan oleh Imam Suyuthi dalam2
 
Puasa di Bulan RajabDi bulan Rajab dan Sya’ban seseorang sebaiknya berpuasa setiaphari senin dankamis, atau Setiap hari.Dalam Muslim, Abu Dawud, dan Ahmad dinyatakan bahwa ‘Utsman IbnuHakimal-Ansari berkata, “Aku bertanya kepada Sa’id Ibnu Jubayrmengenai puasa dibulan Rajab, kemudian kami sampai pada bulan itu, di mana beliauberkata, ‘Akudengar Ibnu ‘Abbas ra berkata bahwa Rasulullah saw biasa berpuasasecarakontinu sehingga kami berpikir bahwa beliau tidak pernahmenghentikannya dan dilain waktu beliau tidak berpuasa berhari-hari sehingga kamiberpikir bahwabeliau tidak akan berpuasa lagi.”Jika seseorang berpuasa setiap hari Senin dan Kamis maka orangitu juga harusberpuasa pada hari ke-15 setiap bulannya dan juga pada 26-27Rajab. (sangatdianjurkan untuk berpuasa pada hari-hari ‘putih’ setiap bulan,yang jatuh padahari ke-13, 14, dan 15). Ini hanyalah petunjuk secara umum, bilaada keraguansebaiknya dikonsultasikan dengan seseorang yang ahli dalamsyari’ah.Diriwayatkan bahawa Nabi SAW telah bersabda : "Ketahuilah bahawabulan Rajabitu adalah bulan ALLAH, maka barang siapa yang berpuasa satu haridalam bulanRajab dengan ikhlas, maka pasti ia mendapat keridhaan yang besardari ALLAHBarangsiapa yang berpuasa dua hari dalam bulan Rajab mendapatkemuliaan disisiALLAH .Barangsiapa berpuasa tiga hari dalam bulan Rajab, makaALLAH akanmenyelamatkannya dari bahaya dunia, seksa akhirat, dari terkenapenyakit gila,penyakit putih-putih di kulit badan yang menyebabkan sangatgatal dandiselamatkan dari fitnahnya syaitan dan dajjal.Barangsiapaberpuasa tujuh haridalam bulan Rajab, maka ditutupkan tujuh pintu nerakajahanam.Barangsiapaberpuasa lapan hari dalam bulan Rajab, maka dibukakan lapanpintu syurga
3

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Neng Anny Ciliek liked this
Dzieg Denz liked this
Muh Sholihuddin liked this
Rizki Amelgia liked this
samier liked this
alfasiry liked this
SUNARJA liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->