Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP_no_60_th_2008

PP_no_60_th_2008

Ratings: (0)|Views: 1,569|Likes:
Published by Anang Priyanto

More info:

Published by: Anang Priyanto on Jun 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/06/2010

pdf

text

original

 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 60 TAHUN 2008 TENTANGSISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAHDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 58ayat (2) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentangPerbendaharaan Negara, perlu menetapkan PeraturanPemerintah tentang Sistem Pengendalian InternPemerintah;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentangPerbendaharaan Negara (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2004 Nomor 5, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4355);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG SISTEMPENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksuddengan:1. Sistem . . .
 
 
- 2 -1.
 
Sistem Pengendalian Intern adalah proses yangintegral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukansecara terus menerus oleh pimpinan dan seluruhpegawai untuk memberikan keyakinan memadaiatas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporankeuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatanterhadap peraturan perundang-undangan.2.
 
Sistem Pengendalian Intern Pemerintah,
 
 yangselanjutnya disingkat SPIP, adalah SistemPengendalian Intern yang diselenggarakan secaramenyeluruh di lingkungan pemerintah pusat danpemerintah daerah.3.
 
Pengawasan Intern adalah seluruh proses kegiatanaudit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatanpengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugasdan fungsi organisasi dalam rangka memberikankeyakinan yang memadai bahwa kegiatan telahdilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telahditetapkan secara efektif dan efisien untukkepentingan pimpinan dalam mewujudkan tatakepemerintahan yang baik.
 
4.
 
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, yang selanjutnya disingkat BPKP, adalah aparatpengawasan intern pemerintah yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.5.
 
Inspektorat Jenderal atau nama lain yang secarafungsional melaksanakan pengawasan intern adalahaparat pengawasan intern pemerintah yangbertanggung jawab langsung kepadamenteri/pimpinan lembaga.6.
 
Inspektorat Provinsi adalah aparat pengawasanintern pemerintah yang bertanggung jawab langsungkepada gubernur.7.
 
Inspektorat Kabupaten/Kota adalah aparatpengawasan intern pemerintah yang bertanggung jawab langsung kepada bupati/walikota.8. Kementerian . . .
 
 
- 3 -8.
 
Kementerian negara adalah organisasi dalamPemerintahan Republik Indonesia yang dipimpinoleh menteri untuk melaksanakan tugas dalambidang tertentu.9.
 
Lembaga adalah organisasi non-kementerian negaradan instansi lain pengguna anggaran yang dibentukuntuk melaksanakan tugas tertentu berdasarkanUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 atau peraturan perundang-undanganlainnya.10.
 
Pemerintah daerah adalah gubernur, bupati, atauwalikota, dan perangkat daerah sebagai unsurpenyelenggara pemerintahan daerah.
 
11.
 
Instansi Pemerintah adalah unsur penyelenggarapemerintahan pusat atau unsur penyelenggarapemerintahan daerah.Pasal 2(1)
 
Untuk mencapai pengelolaan keuangan negara yangefektif, efisien, transparan, dan akuntabel,menteri/pimpinan lembaga, gubernur, danbupati/walikota wajib melakukan pengendalian ataspenyelenggaraan kegiatan pemerintahan.(2)
 
Pengendalian atas penyelenggaraan kegiatanpemerintahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1),dilaksanakan dengan berpedoman pada SPIPsebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintahini.(3)
 
SPIP sebagaimana dimaksud pada ayat (2) bertujuanuntuk memberikan keyakinan yang memadai bagitercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaiantujuan penyelenggaraan pemerintahan negara,keandalan pelaporan keuangan, pengamanan asetnegara, dan ketaatan terhadap peraturanperundang-undangan.BAB II . . .

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
bashriaz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->