Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
26Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kasus Dan Analisa

Kasus Dan Analisa

Ratings: (0)|Views: 4,903|Likes:
Published by zebraq
hukum pidana
hukum pidana

More info:

Published by: zebraq on Jul 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2013

pdf

text

original

 
Nama : SupriyadiNPM : 08330050115Dosen : Andi Subri, SH, MMMata Kuliah : Hukum Pidana
FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SATYAGAMA JAKARTA2009 
Tuesday, 23 June 2009
 
Rampas Rp2,6 juta, Dua Jambret Ditembak
YOGYAKARTA (SI) – Dua orang pelaku jambret ditembak anggota Jatanras Polda DIY danPolres Sleman pada Senin (22/6) malam.Kapolres Sleman AKBP Sudarmanto mengungkapkan, penembakan terhadap para pelakutersebut dilakukan karena kedua tersangka Sjt alias Alex,38,dan Shd alias Lanjar, 50, tetapberusaha kabur meski telah diberikan tembakan peringatan. ”Tersangka telah kabur kuranglebih hingga tiga kilometer dari tempat kejadian perkara.Tembakan peringatan dua kali tidak diindahkan terpaksa anggota menembak untukmelumpuhkan,” jelasnya kemarin. Tersangka Shd hingga kemarin masih belum sadarkandiri akibat terjatuh dari sepeda motor Shogun AB 3782 HQ yang ditumpanginya bersama Sjtdalam melakukan aksinya. Dengan kondisi tersebut Sudarmanto mengaku anggotanyabaru bisa memeriksa tersangka Sjt. Dari pemeriksaan awal, tersangka mengakui pernah dihukum dalam kasus yang samapada 2007 lalu dengan hukuman enam bulan penjara. ”Tersangka Sjt ini merupakanresidivis dan dalam kasus ini bertugas sebagi eksekutor sementara Shd sebagai jongki danhanya menunggu di sepeda motor,” jelas perwira menengah dengan dua melati dua dipundak tersebut. Selain mengamankan kedua tersangka sesaat setelah melakukan aski perampasanterhadap pemilik toko kelontong Ny Tri Subardi, polisi juga berhasil mengamankan uangtunai sebanyak Rp2,69 juta milik korban . Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Endriyardimenambahkan,dalam melakukan aksinya kedua pelaku berpura-pura menjadi seorangpembeli rokok.”Saat korban sedang mengambilkan uang kembalian pembelian rokok tersebutlah pelakulangsung merampas uang korban dan melarikan diri,” jelasnya. Namun teriakan Ny TriSubadi didengar oleh anggota Jatanras yang sedang melakukan observasi lapanganpengamanan cipta kondisi menjelang Pilpres 8 Juli mendatang. Pelaku kemudian dikejar dan dilumpuhkan dengan tembakan. (maha deva)
 
Dalam kasus di atas di ketahui bahwa pelaku terdiri dari 2 orang SJT dan SHD. SJTsebagai eksekutor sedangkan SHD hanya sebagai joki. Jenis kejahatan perampasan,dengan modus operandi berpura–pura sebagai kostumer. Korban adalah ny.Tri Subardipemilik took klontong. Barang bukti yang berhasil diamankan adalah uang hasil rampasan rp.2,69 juta dan sepeda motor shogun dan nomor polisi AB 3782 HQ yang di gunakan untukmelarikan diri. TKP nya toko kelontong Ny Tri Subandi ( Sleman)Dilihat dari lokasi kejahatannya maka yang berhak menangani kasus ini ( wilayahhukum ) polres sleman. Dua orang pelaku melanggar pasal 362 KUHP dengan ancamanhukuman 5 tahun penjara. Tetapi jika dilihat dari pembagian tugasnya, SJT yang seorangeksekutor dan juga residivis bisa mendapat hukuman lebih berat dibanding rekannya SHDyang bertugas menbawa kendaraan kena ( pasal 57 ayat 1 KUHP )Sedangkan prosedur yang di gunakan oleh petugas jatanras sudah sesuai denganaturan hukum yang ada. Karena tertangkap tangan jadi di lakukan tanpa surat perintah danpelaku beserta barang buktinya harus segera di serahkan kepada penyidik ( pasal 18 ayat 1KUHP )Karena SJT adalah seorang residivis maka dia akan terkena pasal 468 KUHP tentangpergolongan kejahatan. Hukumnya diambil 1/3 dari hukuman sebelumnya ( menurut pasal362 KUHP ). Sedangkan rekannya SHD karena hanya membantu hukumannya bis kurangbisa kurang 1/3 dari hukuman sebenarnya ( ketetapan pasal 57 ayat 1 KUHP )
Senin, 09 Maret 2009Disksa Majikan, TKW Asal Bandung Lumpuh

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nilla Pus Sari liked this
Fer Reis added this note
timor leste, ESHANA Siempre, F.E.G/UNTL
Kaza Ardiansyah liked this
ocvan liked this
munirichwan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->