Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aromaterapi

Aromaterapi

Ratings: (0)|Views: 16|Likes:
Published by Hawa April Yani

More info:

Published by: Hawa April Yani on Sep 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2014

pdf

text

original

 
Aromaterapi (Pengobatan Kuno)
 
 Aromaterapi
adalah ekstrak minyak essensial yang diperoleh dari tumbuhan dan mempunyaiefek menyembuhkan bagi tubuh dan pikiran. Aromaterapi merupakan salah satu contoh pengobatan alternatif kuno. Aromaterapi telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu.Orang-orang Mesir kuno telah biasa menggunakan aromaterapi pada saat mandi, pijat, disaatmenguburkan orang yang meninggal, kosmetik, memurnikan udara serta pengawetan mayat(mumifikasi). Ternyata bukan hanya orang mesir kuno, orang-orang cina kuno dan suku mayasering memanfaatkan minyak essensial ini. Bahkan
hippocartes
(bapak kedokteran modern)menggunakan aromaterapi sebagai antiseptik. Saat itu antiseptik untuk membunuh kuman belumdiciptakan. Hippocartes menggunakan aromaterapi dan penyemprotan wewangian untuk membebaskan dari penyakit. Namun aromaterapi mulai ditinggalkan seiring ditemukannyaantiseptik untuk membunuh kuman, karena antiseptik lebih cepat dan praktis.Di era sekarang ini, ternyata orang-orang mulai menggunkan aromaterapi lagi. Memang,aromaterapi memiliki kekuatan tersendiri bagi para pemakainya. Aromaterapi/wewangian selainsebagai antiseptik adalah obat yang dapat menstabilkan hormon tubuh. Oleh karena itu, efek yang ditimbulkan adalah membangkitkan semangat, menyegarkan (refresh) dan menenangkan jiwa (relaksasi). Aroma terapi sekarang banyak digunakan di seluruh dunia seperti di rumahsakit, pusat rehabilitasi jiwa, pusat meditasi, salon kecantikan, spa dll.
 Pipit, P dan R, Diah. 2007. Teknologi dan Kesehatan Tubuh. Ganeca Exact. Jakarta
 
 
Manfaat dan Jenis Aromaterapihttp://forum.kompas.com/urban-life/222016-manfaat-dan- jenis-aromaterapi.html
  bukan hal asing lagi, kini ada banyak produk pengharum yang menggunakanistilah aromaterapi untuk menjelaskan kelebihan produk yang mereka jual. Sebagaimanadiketahui secara umum bahwa aromaterapi merupakan suatu metode relaksasi tanpa harus berwisata. Anda cukup berada di dalam rumah atau kamar khusus dengan membuat aromaterapi pilihan anda, manfaatnya akan segera anda rasakan.Aromaterapi ialah istilah generik bagi salah satu jenis pengobatan alternatif yang menggunakan bahan cairan tanaman yang mudah menguap, dikenal sebagai minyak esensial, dan senyawaaromatik lainnya dari tumbuhan yang bertujuan untuk memengaruhi suasana hati atau kesehatanseseorang, yang sering digabungkan dengan praktik pengobatan alternatif dan kepercayaankebatinan.Minyak esensial berbeda susunan kimianya dari produk herbal lainnya karena proses distilasiyang hanya memulihkan fitomolekul ringan. Aromaterapi memiliki berbagai macam manfaat pada setiap jenis aroma.
Manfaat Aromaterapi
 Ada beragam 
  jika Anda ingin menghadirkannya di ruang tidur Anda.Beberapa di antaranya yang utama adalah:1.
 
Mempercepat peremajaan kulit melalui minyak esensial yang meresap ke dalam kulitsehingga meningkatkan aliran darah.2.
 
Mencegah timbulnya berbagai penyakit karena bersifat antibakteri.3.
 
Menetralkan ketegangan dan mengurangi stres.4.
 
Memberi kenyamanan (
relaxing 
) melalui aroma minyak esensial yang terhirup.5.
 
Menormalisasi metabolisme dan meningkatkan vitalitas.6.
 
Membantu mengatur keseimbangan tubuh dan menstimulasi proses terapi.
Berbagai Jenis Aroma Terapi
Aroma Terapi memiliki berbagai jenis aroma. Masing-masing aroma dalam aroma terapi tersebutmemiliki berbagai fungsi yang tidak hanya berguna untuk mengharumkan ruangan atau wewangiannamun juga memiliki berbagai fungsi luar biasa bagi kesehatan anda. Berikut ini beberapa jenia aromadan manfaatnya.
Aromaterapi Basil
: Mengatasi sakit perut, kejang otot dan pegal linu, masalah pernapasan, flu dandemam, lelah mental, sakit kepala, sulit konsentrasi dan mudah gugup.
 
 
Aromaterapi Cedarwood
: Untuk infeksi pernapasan dan saluran kencing, penyegar bagi kulit berminyakdan pori-pori tersumbat, ketombe dan gatal-gatal.
Aromaterapi Chammomile Roman
: Cocok untuk semua permasalahan kulit seperti jerawat, alergi, lukabakar, eksim dan peradangan kulit.
Aromaterapi Clove
: Mengurangi sakit gigi, diare, kudis, kurap dan kadas.
Aromaterapi Cubeb
: Untuk penyakit anorexia, selulit dan kurang nafsu makan.
Aromaterapi Cypress
: Mengatasi tekanan darah rendah, system sirkulasi, wasir, selulit serta mengurangikeringat yang berlebihan dari dalam tubuh.
Aromaterapi Ginger
: Melindungi tubuh dari rasa kedinginan, demam, mual-mual, pencernaan, antiperadangan, infeksi saluran kencing, kandung kemih, menghancurkan segala jenis parasit usus danmenormalkan tekanan darah.
Aromaterapi Geranium
: Berkhasiat mengencangkan payudara, menopause, eksim jerawat, pendarahan,tanda melahirkan sekaligus mencerahkan kulit.
Aromaterapi Grapefruit
: Mengatasi pegal linu, menggigil, sakit kepala, flu dan demam serta membuangracun-racun dalam tubuh.
AromaterapiLavender
: Merawat infeksi paru-paru, sinus, vaginal termasuk jamur, radang tenggorokan,asma, kista dan peradangan lain. Meningkatkan daya tahan tubuh, regenerasi sel, luka terbuka, infeksikulit dan sangat nyaman untuk kulit bayi.
Aromaterapi Lemon
: Selain baik untuk kulit berminyak, berguna pula sebagai zat antioksidan, antiseptik,melawan virus dan infeksi bakteri, mencegah hipertensi, kelenjar hati dan limpa yang tersumbat,memperbaiki metabolisme, menunjang sistem kekebalan tubuh serta memperlambat kenaikan beratbadan.
Aromaterapi Jasmine
: Pembangkit gairah cinta, baik untuk kesuburan wanita, mengobati impotensi,anti-depresi, pegal linu, sakit menstruasi dan radang selaput lendir.
Aromaterapi Juniper
: Khusus perawatan penyempitan pembuluh arteri dan masalah-masalah yangberhubungan dengan penyumbatan seperti peregangan pembuluh darah, wasir dan selulit.
Aromaterapi Orange
: Baik untuk kulit berminyak, kelenjar getah bening tak lancar, debar jantung takteratur dan tekanan darah tinggi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->