Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Angket Kedisiplinan Siswa Disekolah

Angket Kedisiplinan Siswa Disekolah

Ratings: (0)|Views: 29 |Likes:
Published by Yoza Fitriadi
just angket
just angket

More info:

Published by: Yoza Fitriadi on Sep 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/31/2014

pdf

text

original

 
 ANGKET KEDISIPLINAN SEKOLAH
 
OLEH :
 YOZA FITRIADIA1F007010
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIAJURUSAN PENDIDIKAN DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS BENGKULU2009
 
DISIPLIN SEKOLAH
1.
 
Pengertian Disiplin
Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari aktivitas atau kegiatan,kadang kegiatan itu kita lakukan dengan tepat waktu tapi kadang juga tidak.Kegiatan yang kita laksanakan secara tepat waktu dan dilaksanakan secarakontinyu, maka akan menimbulkan suatu kebiasaan. Kebiasaan dalammelaksanakan kegiatan secara teratur dan tepat waktulah yang biasanya disebutdisiplin dalam kehidupan sehari-hari. Disiplin diperlukan di manapun, karenadengan disiplin akan tercipta kehidupan yang teratur dan tertata. Untuk lebihmemahami tentang disiplin, berikut akan diuraikan pengertian disiplin dari beberapa ahli.a) Menurut Lembaga Ketahanan Nasional Indonesia (Lemhanas) (1997:12)disiplin adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistemyang mengharuskan orang tunduk kepada keputusan, perintah atau peraturanyang berlaku.
 b) Menurut Prijodarminto (1994) dalam Tu’u (2004:31) disiplin adalah
suatukondisi yang tercipta dan berbentuk melalui proses dari serangkaian perilakuyang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan danketerikatan.
c) Menurut Maman Rachman (1999) dalam Tu’u (2004:32) menyatakan
disiplinsebagai upaya mengendalikan diri dan sikap mental individu atau masyarakatdalam mengembangkan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan dan tatatertib berdasarkan dorongan dan kesadaran yang muncul dari dalam hatinya.d) Gordon (1996:3-4) membedakan kata disiplin dengan mendisiplin. Disiplin biasanya diartikan sebagai perilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan, atau perilaku yang diperoleh dari pelatihan, sepertidisiplin dalam kelas atau disiplin dalam tim bola basket yang baik. Sedangkankata mendisiplin didefinisikan sebagai menciptakan keadaan tertib dan patuhdengan pelatihan dan pengawasan dan menghukum atau mengenakan denda,membetulkan, menghukum demi kebiasaan.
 
Dari uraian pengertian disiplin di atas dapat disimpulkan bahwa yangdimaksud disiplin adalah perilaku seseorang yang sesuai dengan tata tertib atauaturan yang berlaku baik yang muncul dari kesadaran dirinya maupun karenaadanya sanksi atau hukuman.
2.
 
Pengertian Disiplin Belajar
Dari pengertian disiplin dan pengertian belajar di atas maka yangdimaksud disiplin belajar dalam penelitian ini adalah sikap atau tingkahlaku siswayang taat dan patuh untuk dapat menjalankan kewajibannya untuk belajar, baik  belajar di sekolah maupun belajar di rumah. Indikator disiplin belajar dalam penelitian ini adalah: ketaatan terhadap tata tertib sekolah, ketaatan terhadapkegiatan belajar di sekolah, ketaatan dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran,dan ketaatan terhadap kegiatan belajar di rumah.
3.
 
Perlunya Disiplin
Disiplin diperlukan oleh siapapun dan di manapun, begitupun seorangsiswa dia harus disiplin baik itu disiplin dalam menaati tata tertib sekolah, disiplindalam belajar di sekolah, disiplin dalam mengerjakan tugas, maupun disiplindalam belajar di rumah, sehingga akan dicapai hasil belajar yang optimal. Disiplin berperan penting dalam membentuk individu yang berciri keunggulam. Menurut
Tu’u (2004:37) disiplin penting karena alasan
berikut ini:a. Dengan disiplin yang muncul karena kesadaran diri, siswa berhasil dalam belajarnya. Sebaliknya siswa yang kerap kali melanggar ketentuan sekolah pada umumnya terhambat optimalisasi potensi dan prestasinya b. Tanpa disiplin yang baik, suasana sekolah dan juga kelas menjadi kurangkondusif bagi kegiatan pembelajaran. Secara positif disiplin memberidukungan yang tenang dan tertib bagi proses pembelajaranc. Orang tua senantiasa berharap di sekolah anak-anak dibiasakan dengan normanorma, nilai kehidupan, dan disiplin. Dengan demikian anak-anak dapatmenjadi individu yang tertib, teratur, dan disiplin.d. Disiplin merupakan jalan bagi siswa untuk sukses dalam belajar dan kelak ketika bekerja.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->