Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
null

null

Ratings: (0)|Views: 741 |Likes:
Published by api-27529163

More info:

Published by: api-27529163 on Jul 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2011

pdf

text

original

 
BAB I.
PENDAHULUANI.1.Latar Belakang
Pendekatan kontektual(Contextual Teaching and Learning /CTL)merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yangdiajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuathubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalamkehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu,hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlansung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukanmentransfer pengetahuan dari guru ke siswa.Ada kecendrungan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan memgetahuinya.Pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan materi terbukti berhasil dalamkompetisi menggingat jangka pendek tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang. Dalam kelas kontektual,tugas guru adalah membantu siswa mencapai tujuannya. Maksudnya, guru lebih banyak berurusan dengan strategi daripada memberi informasi. Tugas gurumengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja bersama untuk menemukansesuatu yang baru bagi anggota kelas (siswa).Proses pengajaran akan lebih hidup dan menjalin kerjasama diantarasiswa, maka proses pembelajaran dengan paradigma lama harus diubah dengan paradigma baru yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir, arah pembelajaran yang lebih kompleks tidak hanya satu arah sehingga proses belajar mengajar akan dapat meningkatkan kerjasama diantara siswa dengan guru, siswadengan siswa maka dengan demikian siswa yang kurang akan dibantu oleh siswayang lebih pintar sehingga proses pembelajaran lebih hidup dan hasilnya lebih
1
 
 baik. Pernyataan ini berdasarkan pendapat Johnson dan Smith (dalam Anita Lie, h.5) bahwa, “Kegiatan pendidikan adalah suatu proses sosial yang tidak dapatterjadi tanpa interaksi antar pribadi. Belajar adalah suatu proses pribadi, tetapi juga proses sosial yang terjadi ketika masing masing orang berhubungan denganyang lain dan membangun pengertian dan pengetahuan bersama”.Berdasarkan pandangan diatas, maka permasalahan yang muncul adalah bagaimana upaya guru untuk meningkatkan hasil balajar siswa dengan pendekatanyang tepat. Salah satu pendekatan pembelajaran yang yang dapat meningkatkankreativitas siswa adalah pendekatan kontektual. Dengan pendekatan kontekstual,siswa diarahkan untuk mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasinyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yangdimilikinya dengan kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.Melihat hal tersebut, maka perlu dilakukan suatu penelitian ilmiah untumenemukan sebuah alternatif pemecahan masalah dalam upaya meningkatkankualitas pembelajaran guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satusolusinya yaitu dengan mengembangkan suatu pendekatan pembelajaran yangmembuat siswa lebih senang dan lebih termotivasi untuk belajar.
I.2Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian dari
Contextual Teaching and Learning 
(CTL) ?
2.
Sebutkan Asas asas CTL dan bagaimana penerapan CTL dalam pembelajaran ?3.Bagaimana perbandingan pendekatan CTL dengan pendekatantradisional ?4.Apa peran guru dan siswa dalam CTL ?
2
 
BAB II.PEMBAHASANPengertian dan Konsep dasar Strategi Pembelajaran CTL :
Kata kontekstual ( contextual ) berasal dari kata context yang berarti ”hubungan, konteks, suasana dan keadaan ( konteks ) ”. ( KUBI, 2002 : 519 ).Sehingga Contextual Teaching and Learning ( CTL ) dapat diartikan sebagai suatu pembelajaran yang berhubungan dengan suasana tertentu. Secara umumcontextual mengandung arti :Yang berkenan, relevan, ada hubungan atau kaitan langsung, mengikuti konteks;Yang membawa maksud, makna, dan kepentingan.
Contextual Teaching and Learning 
(CTL) merupakan proses pembelajaran yangholistik dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi ajadengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural), sehingga siswa memiliki pengetahuan/ ketrampilanyang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi sendiri secara akti pemahamannya.CTL disebut pendekatan kontektual karena konsep belajar yang membantuguru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyatasiswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yangdimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggotamasyarakat.
3

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
yudibhorneo liked this
ronnyesk4 liked this
apipp_pop liked this
443361 liked this
yuriza liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->