Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Karburator

Karburator

Ratings: (0)|Views: 3|Likes:
Published by Arvan PemudJa STia

More info:

Published by: Arvan PemudJa STia on Sep 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/01/2015

pdf

text

original

 
Karburator
Karburator
adalah sebuah alat yang mencampur  udara dan  bahan bakar  untuk sebuah mesin  pembakaran dalam.Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua ataukhusus seperti yang dirancang untuk   balap mobil stok .Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar  elektronik terkomputerisasi. Mayoritas sepeda motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, namun  pada2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.
KOMPONEN KARBURATOR PADA SEPEDA MOTOR 
Pada karburator sepeda motor, terdapat bagian-bagian atau komponen dengan peran danfungsi yang berbeda-beda. Secara umum terdapat setidaknya tujuh komponen utama yangmendukung fungsi karburator sebagai pencampur dan pengatur bahan bakar dengan udara.Ketujuh komponen tersebut adalah air screw, pilot-jet, main-jet, venturi, pelampung dan jarum pelampung, jarum skep, dan sistem choke.
Komponen air screw karburator sepeda motor
 Di dalam moncong karburator, terdapat lubang kecil yang berperan sebagai penyalur udara ke pilot-jet. Saat mesin sepeda motor dalam keadaan stasioner, udara yang masuk langsungdisalurkan oleh melalui lubang ini ke pilot-jet. Pada lubang ini terdapat pengatur udara yangdisebut dengan air screw atau sekrup pengatur udara. Pada komponen inilah terjadi pengaturancampuran udara dan bahan bakar. Jika menggunakan pilot-jet yang berukuran lebih besar, makaharus diikuti dengan setelan udara yang lebih besar. Dalam kondisi yang standar, pada motor 4tak biasanya pengaturan sekrup udara ini sebesar 1,5 putaran. Sedangkan pada motor 2 tak, pengaturan skrup udaranya sebesar 2,5 putaran.
Komponen pilot-jet karburator sepeda motor
 Pilot-jet merupakan komponen yang berfungsi melakukan penyemprotan bahan bakar awal saat mesin sepeda motor dihidupkan. Komponen pada karburator ini juga bekerja saatmesin berada dalam keadaan stasioner atau dalam putaran lambat. Dengan kata lain, pilot-jet berperan sebagai pemicu bahan bakar.
Komponen main-jet karburator sepeda motor
 Saat putaran mesin melewati 5.000 rpm, pilot-jet sudah tidak mampu lagi mencukupi pasokan bahan bakar, sehingga perlu bantuan main-jet. Sistem kerja main-jet ini mengambiludara dari luar melalui boks saringan udara. Saat gas ditarik, skep piston akan terangkat ke atassehingga udara dari luar akan masuk terhisap oleh piston. Aliran udara yang masuk ke dalam piston tersebut membuat kondisi udara di dalam venturi menjadi vakum yang berakibattersedotnya bensin di dalam mangkok karburator masuk ke dalam venturi
 
Komponen venturi karburator sepeda motor
Venturi merupakan saluran yangterletak di bagian tengah karburator dengan diameter sesuai dengan kapasitas silinder (cc), dan putaran mesin (rpm). Di dalam karburator, venturi berperan untuk mempercepat danmemfokuskan aliran udara. Jika motor memiliki kapasitas silinder yang lebih besar dan putaranmesin lebih tinggi, maka membutuhkan ukuran venturi yang lebih besar, sehingga suplai bahan bakar dan udara bisa mencukupi kebutuhan mesin.
Komponen pelampung dan jarum pelampung karburator sepeda motor
 Fungsi pelampung sangat besar dalam menjaga kondisi bahan bakar di dalam mangkok karburator. Komponen pelampung ini dilengkapi dengan jarum pelampung yang berperan untuk menutup saluran jika kondisi bahan bakar di dalam makok karburator telah mencukupi. Jika jarum pelampung ini tidak berfungsi maksimal, bisa disebabkan karena jarum atau rumah jarumaus, maka akan terjadi kelebihan bahan bakar yang berakibat melimpahnya bahan bakar keluar atau terjadi kebocoran. Jika bahan bakar dalam mangkok kelebihan atau kekurangan, makasepeda motor akan tersendat-sendat saat dijalankan. Kondisi kekurangan atau kelebihan bahan bakar dalam mangkok karburator ini bisa terdeteksi dengan mengamati fisik karburator bagianluar, jika dinding karburator berembun berarti terjadi kelebihan bensin, tetapi jika dindingkarburator terlihat sangat kering berarti terjadi kekurangan pasokan bahan bakar dalam mangkok karburator.
Komponen jarum skep karburator sepeda motor
 Jarum skep berperan dalam mengatur besar kecilnya semburan bahan bakar yangdisemprokan ke ruang pembakaran atau membuka dan menutup saluran bahan bakar darisemprotan pilot-jet dan main-jet pad putaran menengah ke atas. Bila jarum skep ini aus, makacampuran bahan bakar dan udara tidak akan ideal. Kondisi ini dapat dilihat dari asap knalpotyang berwarna hitam serta mbrebet jika motor berada dalam putaran atas. Semakin seret jarumskep maka semprotan bahan bakar akan semakin deras. Untuk motor yang digunakan dalam trek  pendek dan patah-patah, sebaiknya menggunakan jarum skep yang tipenya gendut. Tetapi jikamotor digunakan untuk trek lurus dan panjang, sebaiknya gunakan jarum skep yang lancip.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->