Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
28Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dakwah Islam Dan Masyarakat Indonesia: Dr. Afifi

Dakwah Islam Dan Masyarakat Indonesia: Dr. Afifi

Ratings: (0)|Views: 3,103 |Likes:
Published by Abdullah Arifianto
Pada hakikatnya dakwah Islam merupakan aktualisasi imani (teologis) yang dimanifestasikan dalam suatu sistem kegiatan manusia beriman dalam bidang kemasyarakatan yang ilaksanakan secara teratur untuk mempengaruhi cara merasa, berfikir dan bersikap serta bertindak manusia, baik secara individual maupun sosial dalam rangka mengusahakan terwujudnya ajaran Islam dalam semua segi kehidupan dengan menggunakan cara tertentu.
Pada hakikatnya dakwah Islam merupakan aktualisasi imani (teologis) yang dimanifestasikan dalam suatu sistem kegiatan manusia beriman dalam bidang kemasyarakatan yang ilaksanakan secara teratur untuk mempengaruhi cara merasa, berfikir dan bersikap serta bertindak manusia, baik secara individual maupun sosial dalam rangka mengusahakan terwujudnya ajaran Islam dalam semua segi kehidupan dengan menggunakan cara tertentu.

More info:

Published by: Abdullah Arifianto on Jul 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/03/2013

pdf

text

original

 
 Afifi Fauzi Abbas, Dakwah Islam dan Masyarakat Indonesia 
1
DAKWAH ISLAM DAN MASYARAKAT INDONESIA 
1
 Oleh : Drs.Afifi Fauzi Abbas, MA
LATAR BELAKANG PEMIKIRAN
Pada hakikatnya dakwah Islam merupakan aktualisasi imani (teologis) yang dimanifestasikan dalam suatu sistem kegiatan manusia beriman dalam bidang kemasyarakatan yang dilaksanakan secara teratur untuk mempengaruhi cara merasa,berfikir dan bersikap serta bertindak manusia, baik secara individual maupun sosialdalam rangka mengusahakan terwujudnya ajaran Islam dalam semua segikehidupan dengan menggunakan cara tertentu.Secara umum eksistensi dakwah Islam senantiasa bersentuhan danberhubungan dengan kenyataan yang mengitarinya. Dalam perspektif sejarah,pergumulan dakwah Islam dengan kenyataan sosio kultural menjumpai duakemungkinan:
Pertama 
: dakwah Islam mampu memberikan output (hasil, pengaruh)terhadap lingkungan dalam arti memberi dasar filosofi, arah, dorongan dan pedomanperubahan masyarakat sampai terbentuknya realitas sosial baru.
Kedua 
: dakwah Islam dipengaruhi oleh perubahan masyarakat dalam artieksistensi, corak dan arahnya. Ini berarti bahwa aktualitas dakwah ditentukan olehsistem sosio kultural. Dalam kemungkinan yang kedua ini, sistem dakwah dapatbersifat statis atau ada dinamika dengan kadar yang hampir tidak berarti bagiperubahan sosio kultural.
KECENDRUNGAN SEJARAH
 Sepanjang sejarah Indonesia, kemungkinan-kemung kinan tersebut melekatsecara silih berganti. Ketika dakwah Islam mulai menampakan wajahnya hinggaterbentuk kesatuan sosio kultural yang bercorak Islam di Nusantara, ternyatatelah dapat menciptakan realitas baru walaupun tidak mendasar dan menyeluruh.Saat ini pembangunan di Indonesia telah menuju ke tahap industrialisasi,sedangkan rasio Sumber Daya Insaninya belumlah memadai sekali, baik proporsi maupun kualitasnya, sehingga kemungkinan timbulnya letupan-letupan
1
Makalah disampaikan pada acara Konferensi International Dakwah dan Media Masa,di Tripoli, Libia, 20-23 Maret 1998.
 
 Afifi Fauzi Abbas, Dakwah Islam dan Masyarakat Indonesia 
2atau ledakan-ledakan baik yang berbentuk kezaliman, kemungkaran, kefasikan bisasaja terjadi.Maka agama, khususnya Islam, mempunyai tugas dan fungsi yang besar sekali,sekurang-kurangnya sebagai lokomotif. Islam mampu menjadi lokomotif ganda, dipangkal dan ujung rangkaian gerbong pembangunan nasional Indonesia. Sebabpada dasarnya Islam memang berfungsi untuk memberikan kesejahteraan padamanusia di dunia maupun di akhirat kelak.Namun kita sadari bahwa kehidupan manusia dewasa ini sedang dilandagelombang kepuasan material yang dapat menggoyahkan kebahagiaan spiritual.Untuk itu sesuai dengan prinsip-prinsip dakwah yang menghendaki kebijaksanaan,maka usaha-usaha positif serta metode dakwah yang tepat perlu untuk dilakukan.Dengan demikian kita akan memperoleh hasil yang optimal dan dapatmenghindari dampak negatifnya, sehingga misi kekhalifahan kita segera dapatdiwujudkan. Hal ini akan tercermin dari output dakwah, baik pada profil individumaupun kelompok. Maka dari itu metode, sasaran maupun input dakwah telahdifokuskan atau diorientasikan kepada kelompok dimaksud terlebih-lebih kepadamasyarakat industri.Sejarah modern, termasuk sejarah Indonesia, ditandai oleh beberapakecendrungan pokok, yaitu kemajuan ilmu dan teknologi, industrialisasi, birokra-tisasi dan pragmatisme.Kemajuan ilmu dan teknologi mempunyai implikasi sosial yang luas.Rasionalisasi dan sekularisasi adalah gejala yang sewajarnya dari perkembanganilmu dan teknologi. Ini berarti bahwa nilai-nilai agama, etika, moral dan estetikacendrung untuk tunduk kepada tuntutan rasionalisasi dan sekularisasi.Industrialisasi menuntut supaya efisiensi menjadi pusat orientasi masyarakat.Industri meminta adanya sentralisasi dari perencanaan, kepatuhan kepada peren-canaan, dan perhitungan output yang teliti. Faktor-faktor produksi, termasuk manusianya, harus mengadakan akomodasi dengan perencanaan sentral dan sangupmenjadi bagian yang setia dengan proses produksi itu. Terjadilah otomatisasikehidupan sosial.Birokratisasi terjadi di semua sektor kehidupan, bukan saja pabrik, tetapi jugapemerintahan, sekolah, rumah sakit dan lembaga-lembaga sosial lainnya. Untuk masuk dalam birokratisasi perlu persyaratan-persyaratan tertentu. Orang dapat diasingkan dari masyarakat jika tidak memenuhi syarat-syarat masyarakatbirokratis.
 
 Afifi Fauzi Abbas, Dakwah Islam dan Masyarakat Indonesia 
3Pragmatisme mendorong supaya orang hanya mementingkan kegunaan sesuatudan bukan maknanya. Tujuan-tujuan akhir dari hidup tidak akan diakui jika tidak 
 ada hubungannya dengan survival dari manusia. Nilai-nilai hanya bermanfaat jikamemberikan kegunaan material bagi manusia.
SIKAP DAKWAH
 Dalam konteks sosial, kecendrungan sejarah seperti itu bagaimana sikap dakwahIslam menghadapinya ? Jawaban terhadap pertanyaan ini akan menentukan kebijaksanaan dakwah Islam.Dakwah dapat bersikap positif dalam arti menguatkan kecendrungan itu. Akantetapi dakwah juga dapat besikap negatif dalam arti menolak atau bersikap ahistorisdalam arti berada di atas kejadian-kejadian sejarah.Kiranya dalam sejarah umat manusia, Islam pernah memainkan peranan yang amat menentukan ketika ia membangkitkan ilmu-ilmu empiris yang membawakemajuan-kemajuan kepada dunia sampai sekarang. Jika orang mengatakan duniamodern adalah anak dari
renaisance 
Eropa, orangpun harus ingat bahwa renaisanceitu adalah anak dari perkembangan ilmu pengetahuan Islam zaman klasik. Denganlogika sejarah ini kita memahami dunia modern adalah sebagai kelanjutan darisejarah peradaban yang dibangun oleh Islam.Untuk menghadapi masalah-masalah ke depan diperlukan pemikiran yang jernihdan menyeluruh. Itu berarti akan menentukan metode dakwah kita, yang bukan sajaditujukan untuk membentuk pribadi-pribadi muslim yang sanggup bertahanterhadap benturan-benturan sejarah, tetapi juga harus sanggup menciptakan sebuahdunia yang sesuai dengan gambaran Islam. Sikap dakwah secara makro iniselanjutnya harus pula disertai dengan pemikiran dakwah secara mikro denganmempertimbangkan masalah yang konkrit, seperti perbedaan lingkungan, kelassosial, budaya, kecerdasan, usia dsb.
PERKEMBANGAN KEAGAMAAN
 Sementara akidah Islam tidak berubah, bangunan keagamaan danpelembagaannya berkembang secara substansial. Misalnya saja timbul ilmu tafsirdan ilmu-ilmu bantunya sebagai puncak dari usaha manusia untuk memahamikembali agama, adalah contoh bagaimana bangunan keagamaan itu berkembang.Perkembangan substansial lainnya adalah pelembagaan agama ke dalam badan-badan kemasyarakatan, seperti gerakan-gerakan tarekat, lembaga politik dan lembaga-

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Miftah Walid liked this
terangbulan liked this
Moon Green liked this
Said Ahmad liked this
Said Ahmad liked this
Akbar Addakhil liked this
Nidah Kirani liked this
pengantardasar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->