Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Prioritas Zakat: Dr. Afifi

Prioritas Zakat: Dr. Afifi

Ratings:

2.5

(2)
|Views: 884 |Likes:
Published by Abdullah Arifianto
Zakat merupakan ibadah maliyah Ijmaiyah (ibadah) yang berkaitan dengan ekonomi, keuangan dan kemasyarakatan) dan merupakan salah satu dari rukun Islam yang mempunyai status dan fungsi yang amat vital dalam syari'at Islam. Oleh karena Al-Quran menegaskan kewajiban zakat bersama dengan kewajiban Sholat di 82 tempat.
Zakat merupakan ibadah maliyah Ijmaiyah (ibadah) yang berkaitan dengan ekonomi, keuangan dan kemasyarakatan) dan merupakan salah satu dari rukun Islam yang mempunyai status dan fungsi yang amat vital dalam syari'at Islam. Oleh karena Al-Quran menegaskan kewajiban zakat bersama dengan kewajiban Sholat di 82 tempat.

More info:

Published by: Abdullah Arifianto on Jul 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

 
 Afifi Fauzi Abbas, Prioritas Zakat 
1
PRIORITAS FAKIR MISKIN DALAMPEMBAGIAN ZAKAT
Oleh : Afifi Fauzi Abbas 
 A.
 
Pendahuluan
Zakat merupakan ibadah maliyah Ijmaiyah (ibadah) yang berkaitan denganekonomi, keuangan dan kemasyarakatan) dan merupakan salah satu dari rukunIslam yang mempunyai status dan fungsi yang amat vital dalam syari'at Islam.Oleh karena Al-Quran menegaskan kewajiban zakat bersama dengan kewajibanSholat di 82 tempat.
1
  Tujuan dan fungsi utama diwajibkan zakat atas umat Islam adalah mencakupdua dimensi:1. Fungsi agama yaitu untuk membersihkan harta benda dan jiwa manusia darisifat-sifat lahir dan batin yang jelek dan sekaligus berarti menunaikan ibadahyang disyari'atkan Allah SWT.2. Dimensi sosial yaitu untuk mengatasi kemiskinan yang merupakan masalahsosial yang selalu ada dalam kehidupan masyarakat, sehingga tidak terjadikepincangan sosial, karena penumpukan harta pada golongan tertentu saja akanberakibat terjadi kepincangan sosial, maka dengan zakat merupakan salah satusarana untuk menguranginya dan dalam rangka meningkatkan harkat danmartabat segolongan umat (mustahik) khususnya, serta meningkatkan kesejah-teraan umat umumnya, demikian pendapat DR.Ir.AM.Saefuddin dalam suatuseminar di Jakarta.
2
  Al-Quran dan Sunnah Nabi merupakan dasar pokok kewajiban Zakat hanyamenyebutkan secara eksplisit 7 (tujuh) jenis harta benda yang wajib dizakatibeserta keterangan tentang batas minimum harta yang wajib dizakati nisab) dan jatuhtempo zakatnya, yakni: Emas, perak, hasil tanaman dan buah-buahan, barang dagangan, ternak, hasil tambang & rikaz. Tetapi hal ini tidak berarti bahwa selaintujuh jenis tersebut di atas tidak wajib dizakati, karena hukum wajib zakat pada harta-harta itu yang menjadi 'illatnya adalah sifat perkembangan dan penerimaan untuk diperkembangkan pada harta tersebut. 'Illat seperti ini dikenal dengan 'illatmustanbathah (hasil istinbath para mujtahid), sebagaimana kaidah ushul:
1
Sayid Sabid,
Fiqh Sunnah 
, Vol I, Lebanon, Darul Fikr, 1982, hal 276.
2
Panji Masyarakat, No 598, 1989, Agama, hal 64.
 
 
 Afifi Fauzi Abbas, Prioritas Zakat 
2
"Hukum itu berputar atas
'illat 
hukumnya, ada atau tidak adanya hukum,artinya jika 'illat itu ada, hukum ada dan jika 'illatnya tidak ada (situasi dan kondisiberubah), maka hukumnya tidak ada.
3
 Sebagai contoh, pada masa Rasul sampai Tabi'in tak ada zakat padarumah, karena pada waktu itu hanya sebagai tempat tinggal. Setelah rumahdibangun untuk disewakan dan mendatangkan hasil, maka Imam Ahmad mewajibkanzakat dari hasil sewa itu sebagai analogi dari hasil tanaman. Agama Islam yang tidak hanya mengatur tentang membenarkan pemeluknyabekerja keras guna memperoleh keuntungan ekonomi melalui bentuk usahamanapun sejauh dibenarkan Syari'at, termasuk apa yang kini dikenal dengan sebutanprofesi yaitu bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan, keahlian tertentu, sepertipengacara, dokter, notaris dsb yang nota bene relatif mudah mendatangkanpenghasilan besar.
B. Pengertian Zakat.
Zakat 
, kata dasar ( 
masdar 
 )-nya "
zaka 
" yang berarti berkah, tumbuh, bersih, baik dan bertambah. Dalam istilah "fikih", zakat adalah sebutan atau nama bagisejumlah harta tertentu yang diwajibkan Allah SWT supaya diserahkan kepada orang-orang yang berhak (mustahak.
4
Secara terminilogi sebagaimana Imam Al-Mawardidalam kitab Al-Hawi mengemukakan: Zakat itu adalah nama atau sebutan bagipengambilan sesuatu tertentu, menurut sifat-sifat tertentu untuk diberikan kepadagolongan orang tertentu.
5
Dan Imam Asy-Syaukani juga mengemukakan sepertidemikian dalam kitab Nailul Authar.Dengan demikian sebenarnya dapat ditarik suatu garis bahwa zakat itusebenarnya adalah: mengeluarkan sebahagian dari harta benda atas perintah Allah,sebagai shadaqah wajib kepada mereka yang telah ditetapkan menurut syarat-syaratyang telah ditentukan oleh syari'at.
6
 Bagi orang yang mengeluarkan zakat, hati dan jiwanya akan menjadi bersih,sebagaimana firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 103:
ﻊﻴﲰ ﷲﺍﻭ ﻢﳍ ﻦﻜﺳ ﻚﻧﻼﺼﻟﺍ ﻥﺍ ﻢﻬﻴﻠﻋ ﻞﺻﻭ ﺎ ﻢﻬﻛﺰﺗﻭ ﻢﻫﺮﻬﻄﺗ ﺔﻗﺪﺻ ﻢﳍﺍﻮﻣﺍ ﻦﻣ ﺬﺧﻢﻴﻠﻋ 
 Artinya:
3
Pedoman zakat, Proyek Pembinaan Zakat dan wakaf, Jakarta, hal 180.
4
Ensiklopedi Islam, Ichtiar baru van Hoeve, Jakarta,th 1993, hal 224.
5
Ilmu Fiqih, Proyek Pembinaan PTA,1983,hal 229.
6
Ibid. hal 229.
 
 Afifi Fauzi Abbas, Prioritas Zakat 
3
 Ambillah sedekah dari harta mereka untuk membersihkan dan menyucikan mereka dan do'akanlah mereka. Sesungguhnya do'a engkau itu menjadi ketenangan (hati) mereka. Allah  Maha mendengar, lagi Maha mengetahui 
(S.At-Taubah ayat 103).Selain hati dan jiwanya bersih, kekayaannya akan bersih pula. Dari ayat initergambar bahwa zakat yang dikeluarkan oleh para muzaki akan dapat membersihkandan mensucikan hati mereka, tidak lagi mempunyai sifat yang tercela terhadap harta,seperti rakus dan kikir.Para Fuqaha sependapat bahwa zakat itu diwajibkan atas setiap orang Islamyang merdeka, dewasa, berakal dan memiliki harta satu nishab penuh. Kemudian diaberselisih pendapat tentang wajibnya zakat tersebut atas anak yatim, orang gila,hamba sahaya, orang dzimmi dan orang yang tidak penuh hak miliknya, sepertiorang yang berhutang atau berpiutang, atau seperti harta yang kapitalnya dikuasaiorang lain.
7
 Kata zakat banyak disebut dalam Al-Quran dan pada umumnya dirangkaikandengan kata Sholat dalam satu ayat. Ada 26 kata zakat yang selalu dihubungkandengan Sholat. Hal ini menunjukkan betapa penting peran zakat dalamkehidupan umat Islam.
C. Pengertian Fakir Miskin.
Fakir ( 
 Al-Faqr 
, jamaknya
al-Fuqara' 
 ) dan miskin ( 
al-Miskin 
, jamaknya:
al- masakin 
 ). Di kalangan Ulama terdapat perbedaan pendapat mengenai pengertianfakir dan miskin. Menurut mazhab Hanafi, yang dimaksud dengan fakir adalahorang yang tidak punya penghasilan tetap untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Sedangkan pengertian miskin adalah orang memiliki pekerjaan tetap tidak dapatmencukupi kebutuhannya sehari-hari.Menurut mazhab Maliki, Mazhab Syafi'i dan Mazhab Hambali, yang dimaksud dengan fakir adalah mereka yang tidak mempunyai harta atau penghasilanlayak dalam memenuhi kebutuhan sandang, pangan,tempat tinggal, dan segalakeperluan pokok yang lainnya, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk merekayang menjadi tanggungannya. Adapun yang dimaksud dengan miskin oleh ketigaImam tersebut adalah orang mempunyai harta atau penghasilan layak dalammemenuhi keperluannya dan keperluan orang lain yang menjadi tanggungannya,tetapi tidak sepenuhnya tercukupi.
8
 Dalam Fiqih Sunnah: fakir miskin adalah: orang-orang yang berada dalam
7
 
Bidayatul Mujtahid 
, Ibnu Rusyd,hal.178.
8
 
Ensiklopedi Islam,
Ibid, 228.

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rizan Panigoro liked this
Bang Elfhond liked this
Annisah Tasriani liked this
aakris liked this
aakris liked this
ishlaah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->