Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Analisis Swot

Contoh Analisis Swot

Ratings: (0)|Views: 187|Likes:
Published by Ekka Khalydezia

More info:

Published by: Ekka Khalydezia on Sep 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/18/2013

pdf

text

original

 
I
 
PENDAHULUAN
 
1.1 Latar Belakang
 Salah satu ciri sekolah yang bermutu adalah dapat merespon kepercayaan masyarakatartinya, bagaimana pihak sekolah mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi putra- putrinya sehingga menghasilkan anak-anak yang bermutu dalam segala hal. Mengingat perkembangan dunia IPTEK serta era globalisasi di depan mata maka tujuan untuk menghasilkanlulusan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat maka pihak sekolah perlu melakukan pembenahan-pembenahan dalam hal sumber daya manusia yang profesional, manajemen yanghandal, kegiatan belajar-mengajar yang berkualitas, adanya akses terhadap lembaga pendidikantinggi baik dalam maupun luar negeri bermutu serta ketersediaan sarana-prasana yang setaraf dengan pendidikan bertaraf internasional. Tantangan yang semakin ketat dalam dunia pendidikankhususnya bagi para pelaksana perencanaan dan manajemen, pengambil kebijakan urusan pendidikan dalam hal ini pemerintah, harus memiliki alat atau peranti untuk mengevaluasisampai sejauh mana pembangunan pendidikan terutama kinerja layanan pendidikan bagimasyarakat dapat tercapai secara optimal. Salah satu strategi manajerial yang dikembangkanuntuk menjamin sebuah organisasi (sekolah) memiliki daya tahan dan daya hidup dari masasekarang dan berkelajutan sampai masa yang akan datang yaitu dengan melakukan analisisSWOT.Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor 
 – 
faktor sistematis untuk merumuskanstrategi sebuah organisasi baik perusahaan bisnis maupun organisasi sosial. Analisis inididasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strength), dan Peluang(opportunities), Namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknessess) danancaman (threats). Proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan visi, misi, tujuan, dan kebijakan program
 – 
program sebuah organisasi. Dengandemikian perencana strategis (Strategic planner) harus menganalisis faktor 
 – 
faktor strategisorganisasi (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dalam kondisi yang ada saat ini. Modelyang paling populer saat ini adalah analisis SWOT.
 
Organisasi yang dipilih oleh pemakalah dalam kajian makalah ini adalah SMP N 2Sidamulih. Model analisis SWOT di atas digunakan untuk menganalisis kekuatan (strengths),kelemahan (weaknesses), Opportunity (Kesempatan), dan Threats (ancaman) dari Sekolahtersebut. Sebagai bahan pertimbangan pemilihan sekolah ini adalah melihat sejauh mana nilai
“PLUS” yang terdapat di sekolah tersebut dan bagaimana kondisi dan situ
asi dari sekolahtersebut.
1.2 Rumusan Masalah
 Rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:1.
 
Apakah definisi analisis SWOT?2.
 
Bagaimana penerapan Visi dan Misi melalui analisis SWOT di SMP N 2 Sidamulih?
1.3 Tujuan
 1.
 
Mengetahui definisi analisis SWOT2.
 
Mengetahui bagaimana penerapan Visi dan Misi melalui analisis SWOT di SMP N 2 Sidamulih
1.4 Manfaat
 Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang analisis SWOT, cara penerapan Visidan misi melalui analisis SWOT di suatu organisasi sekolah.
II
 
PEMBAHASAN
 
2.1
 
Pengertian Analisis SWOT
 SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities(peluang), Threats (tantangan). Analisa SWOT adalah alat yang digunakan untuk mengidentifikasi isu-isu internal dan eksternal yang mempengaruhi kemampuan kita dalammemasarkan event kita. Analisa SWOT adalah sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi gambaran).Analisa ini terbagi atas empat komponen dasar yaitu :
 
1.
 
S = Strength, adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program pada saat ini.2.
 
W = Weakness,.adalah situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat ini.3.
 
O = Opportunity, adalah situasi atau kondisi yang merupakan peluang di luar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi di masa depan.4.
 
T = Threat, adalah situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi dan dapat mengancam eksistensi organisasi di masa depan.Dalam dunia pendidikan analisis ini digunakan untuk mengevaluasi fungsi pengembangan kurikulum, fungsi perencanaan dan evaluasi, fungsi ketenagaan, fungsikeuangan, fungsi proses belajar mengajar, fungsi pelayanan kesiswaan, fungsi pengembanganiklim akademik, fungsi hubungan sekolah dengan masyarakat dan sebagainya dilibatkan. Makauntuk mencapai tingkat kesiapan setiap fungsi dan faktor-faktornya dilakukanlah analisis SWOT(Depdiknas, 2002).Analisis SWOT dilakukan dengan maksud untuk mengenali tingkat kesiapan setiapfungsi dari keseluruhan fungsi sekolah yang diperlukan untuk mencapai sasaran yang telahditetapkan. Berhubung tingkat kesiapan fungsi ditentukan oleh tingkat kesiapan masing-masingfaktor yang terlibat pada setiap fungsi, maka analisis SWOT dilakukan terhadap keseluruhanfaktor dalam setiap fungsi, baik faktor internal maupun eksternal (Depdiknas, 2002).
2.2
 
Visi dan Misi SMP N 2 Sidamulih
 Langkah awal dalam perumusan strategi (Strategy Formulation) adalah penetapan visi.Visi merupakan gambaran tentang masa depan (future) yang realistic dan ingin diwujudkandalam kurun waktu tertentu . Visi harus dapat memberi kepekaan yang kuat tentang area focus bisnis. Hal ini lebih lanjut diungkapkan oleh Hax dan Majluf dalam Akdon (2007 : 95), bahwavisi adalah pernyataan yang merupakan sarana untuk:1. Mengkomunikasikan alas an keberadaan organisasi dalam arti tujuan dan tugas pokok.2. Memperlihatkan framework hubungan antara organisasi dengan stakeholders (sumber dayamanusia organisasi, konsumen/citizen, pihak lain yang terkait).3. Menyatakan sasaran utama kinerja organisasi dalam arti pertumbuhan dan perkembangan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->