Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kasus Yang Bertentangan Dengan Sila Pancasila

Kasus Yang Bertentangan Dengan Sila Pancasila

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 781 |Likes:

More info:

Published by: Yudha Wisnu Syaputra on Sep 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/24/2014

pdf

text

original

 
 
Kasus yang bertentangan dengan sila pancasila
 KORUPSI
Akhir-akhir ini masalah korupsi sedang hangat-hangatnya dibicarakan publik,terutama dalam media massa baik lokal maupun nasional. Menurut Kartono korupsi adalahsuatu tingkah laku individu yang menggunakan wewenang dan jabatan guna mengeduk keuntungan pribadi, merugikan kepentingan umum dan negara.Tindakan korupsi ini jelas melanggar nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila khususnyasila ke-4 yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusywaratan perwakilankarena korupsi menempatkan sesuatu (barang, uang, ataupun lainnya) di tempat yang tidak sesuai. Sebab sesuatu tersebut haruslah ditujukan untuk kepentingan negara, namun korupsimenempatkannya pada seseorang ataupun golongan tertentu. Korupsi yang dilakukan oleh banyak orang merupakan penyelewangan terhadap sila ini, sebab praktik korupsi merupakan perilaku yang dilakukan bersama untuk kepentingan tetrtentu, padahal sila ini bermakna bahwa setiap tindakan dilaksanakan bersama untuk kepentingan rakyat Indonesia.Adapun hal- hal yang menyebabkan korupsi terjadi, antara lain yaitu :1.
 
Lemahnya pendidikan agama dan etika ;2.
 
Kurangnya pendidikan. Namun kenyataannya sekarang kasus-kasus korupsi di Indonesiadilakukan oleh koruptor yang memiliki kemampuan intelektual yang tinggi, terpelajar danterpandang sehingga alasan ini dapat dikatakan kurang tepat ;3.
 
Kemiskinan. Pada kasus korupsi yang merebak di Indonesia, para pelakunya bukandidasari oleh kemiskinan melainkan keserakahan, sebab mereka bukanlah dari kalanganyang tidak mampu melainkan para konglomerat ;4.
 
Tidak adanya sanksi yang keras dan tegas atas pelaku tindak pidana korupsi ;5.
 
Kurangnya pengetahuan. Namun pada kenyataannya sekarang kasus-kasus tindak pidanakorupsi di Indonesia justru dilakukan oleh para koruptor yang memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas sehingga alasan tentang kurangnya pengetahuan ini dapatdipatahkan alias masih kurang tepat.Jadi, dapat disimpulkan bahwa penyebab terjadinya korupsi yaitu1. Kebiasaan Dan Tidak Adanya Sikap Bertanggung JawabSalah satu penyebab utama terjadinya korupsi di Indonesia adalah kebiasaan untuk memperoleh sesuatu dengan cara yang mudah serta kurangnya sikap bertanggung jawab pada suatu tugas yang diemban.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->