Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH VURUS 5 LEMBAR.doc

MAKALAH VURUS 5 LEMBAR.doc

Ratings: (0)|Views: 129|Likes:
Published by Jafar Muhammad
MAKALAH VIRUS YANG MENYERANG PADA MANUSIA
MAKALAH VIRUS YANG MENYERANG PADA MANUSIA

More info:

Published by: Jafar Muhammad on Sep 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/17/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1. LATAR BELAKANG
Kita semua, pastinya pernah menderita penyakit flu atau influenza atau kita pernahmendengar tentang penyakit gondong, herpes, dan AIDS. Penyakit-penyakit-penyakit inisebenarnya disebabkan oleh virus.Virus memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil atau memiliki ukuran ultramikroskopik, sehingga kita tidak bisa melihat virus dengan mata telanjang. Salah satu alatyang dapat digunakan untuk melihat virus adalah
 Mikroskop Electron Scaning.
Virus tidak dapat hidup di alam secara bebas, melainkan harus berada di dalam selmakhluk hidup yang lain, seperti : manusia, hewan, tumbuhan, dan bakteri. Virus ada yang bermanfaat bagi manusia dan ada pula yang menimbulkan kerugian bagi manusia.
1.2. TUJUAN DAN MANFAAT.
A. Tujuan.
Mempelajari tentang jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, serta cara penularan dan pencegahan penyakit-penyakit tersebut.
Mempelajari pengelompokan virus berdasarkan asam inti yang dimilikinya.B. Manfaat.Manfaat yang diperoleh yaitu agar kita dapat memperoleh pengetahuan yang lebihdalam lagi mengenai virus.
1.3.
 
RUMUSAN MASALAH.
·
 
Jelaskanlah pengelompokan virus berdasarkan asam inti yang dimiliki olehnya !·
 
Jenis-jenis penyakit apa saja yang disebabkan oleh virus ?·
 
Bagaimana cara penularan dan pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus ?
1.4.
 
METODE PENULISAN.
Metode yang digunakan yaitu Riset Deskriptif, yaitu metode yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau pencandraan secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta.
 
BAB IIPEMBAHASAN
Penelitian mengenai virus dimulai dengan penelitian mengenai penyakit mosaik yangmenghambat pertumbuhan tanaman tembakau dan membuat daun tanaman tersebut memiliki bercak-bercak. Pada tahun 1883, Adolf Mayer, seorang ilmuwan Jerman, menemukan bahwa penyakit tersebut dapat menular ketika tanaman yang ia teliti menjadi sakit setelah disemprotdengan getah tanaman yang sakit. Karena tidak berhasil menemukan mikroba di getahtanaman tersebut, Mayer menyimpulkan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh bakteriyang lebih kecil dari biasanya dan tidak dapat dilihat dengan mikroskop.Pada tahun 1892, Dimitri Ivanowsky dari Rusia menemukan bahwa getah dauntembakau yang sudah disaring dengan penyaring bakteri masih dapat menimbulkan penyakitmosaik. Ivanowsky lalu menyimpulkan dua kemungkinan, yaitu bahwa bakteri penyebab penyakit tersebut berbentuk sangat kecil sehingga masih dapat melewati saringan, atau bakteri tersebut mengeluarkan toksin yang dapat menembus saringan. Kemungkinan keduaini dibuang pada tahun 1897 setelah Martinus Beijerinck dari Belanda menemukan bahwaagen infeksi di dalam getah yang sudah disaring tersebut dapat bereproduksi karenakemampuannya menimbulkan penyakit tidak berkurang setelah beberapa kali ditransfer antartanaman.[1] Patogen mosaik tembakau disimpulkan sebagai bukan bakteri, melainkanmerupakan contagium vivum fluidum, yaitu sejenis cairan hidup pembawa penyakit.Setelah itu, pada tahun 1898, Loeffler dan Frosch melaporkan bahwa penyebab penyakit mulut dan kaki sapi dapat melewati filter yang tidak dapat dilewati bakteri. Namundemikian, mereka menyimpulkan bahwa patogennya adalah bakteri yang sangat kecil.\Pendapat Beijerinck baru terbukti pada tahun 1935, setelah Wendell Meredith Stanleydari Amerika Serikat berhasil mengkristalkan partikel penyebab penyakit mosaik yang kinidikenal sebagai virus mosaik tembakau.Virus ini juga merupakan virus yang pertama kalidivisualisasikan dengan mikroskop elektron pada tahun 1939 oleh ilmuwan Jerman G.A.Kausche, E. Pfankuch, dan H. Ruska.
B.CIRI-CIRI VIRUS
Virus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:1.Virus bersifat aseluler (tidak mempunyai sel)
 
2.Virus berukuran amat kecil , jauh lebih kecil dari bakteri, yakni berkisar antara 20 - 300mµ (1 mikron = 1000 milimikron). untuk mengamatinya diperlukan mikroskopelektron yang pembesarannya dapat mencapai 50.000 X.3.Virus hanya memiliki salah satu macam asam nukleat (RNA atau DNA)4.Virus umumnya berupa semacam hablur (kristal) dan bentuknya sangat bervariasi.Ada yang berbentuk oval , memanjang, silindris, kotak dan kebanyakan berbentuk seperti kecebong dengan "kepala" oval dan "ekor" silindris.5.Tubuh virus terdiri atas: kepala , kulit (selubung atau kapsid), isi tubuh, dan serabutekor.6.virus memiliki lapisan protein yang disebut kapsid7.Virus hanya dapat berkembang biak di sel hidup lainnya. Seperti sel hidup pada bakteri, hewan, tumbuhan, dan sel hidup pada manusia.8.Virus tidak dapat membelah diri.9.Virus tidak dapat diendapkan dengan sentrifugasi biasa, tetapi dapat dikristalkan.
C.PERKEMBANGBIAKAN VIRUS (REPLIKASI VIRUS)
Virus bukanlah sel yang dapat berkembang biak sendiri. Cara berkembang biak virus berbeda dengan makhluk hidup lain. Virus tidak mampu memperbanyak diri di luar sel-selhidup sehingga dikatakan bahwa virus bukanlah makhluk hidup yang dapat hidup mandiri.Virus selalu memanfaatkan sel-sel hidup sebagai inang untuk memperbanyak dirinya.Replikasi terjadi di dalam sel inang.Untuk dapat mereplikasi asam nukleat dan mensintesis protein selubungnya, virus bergantung pada sel-sel inang. Replikasi ini menyebabkan rusaknya sel inang. Setelah itu,virus akan keluar dari sel inang. Di luar sel inang, virus disebut sebagai partikel virus yangdisebut virion.Ada beberapa tahapan dalam replikasi virus, yaitu tahap adsorpsi (penempelan) virus pada inang, tahap injeksi (masuknya) asam inti ke dalam sel inang, tahap sintesis(pembentukan), tahap perakitan, dan tahap litik (pemecahan sel inang). Berdasarkan tahapantersebut, siklus hidup virus dapat dibedakan lagi menjadi siklus litik dan siklus lisogenik.1. Siklus Litik Replikasi virus dalam sel inang merupakan peristiwa yang sangat kompleks, tahapdemi tahap dari proses sintesis, mulai dari terinfeksinya sel inang sampai pembebasan partikel-partikel virus.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->