Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ekonomi publik

ekonomi publik

Ratings: (0)|Views: 2|Likes:
Published by ILham Fajar Rizaldi

More info:

Published by: ILham Fajar Rizaldi on Sep 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/27/2013

pdf

text

original

 
JUST ANOTHER WORDPRESS.COM SITE
 
 
 
 
 
 
 
Ekonomi Publik
9 Votes1.
A. Materi Pokok Ekonomi Publik
 Ilmu Ekonomi Publik adalah cabang Ilmu Ekonomi yang menelaah masalah-masalah ekonomikhalayak ramai (publik/masyarakat, pemerintah/negara) seperti kebijakan subsidi/pajak, regulasi/deregulasi, nasionalisasi/privatisasi, sistem jaminan sosial, ketahan-an pangan, kebijakan teknologi,pertahanan dan keamanan, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.Menurut Montesqieu, kekuasaan negara dapat dipisahkan menjadi kekuasaan legislatif, eksekutif,dan yudikatif. Dalam prakteknya, kekuasaan eksekutif (pemerintah, yaitu presiden dan parapembantunya) lazimnya paling berpengaruh terhadap suatu perekonomian.Peranan pemerintah dalam perekonomian antara lain1. menetapkan kerangka hukum (legal framework) yang melandasi suatu perekonomian,2. mengatur/meregulasi perekonomian dengan alat subsidi dan pajak,3. memproduksi komoditas tertentu dan menyediakan berbagai fasilitas seperti kredit, penjaminansimpanan, dan asuransi,4. membeli komoditas tertentu termasuk yang dihasilkan oleh perusahaan swasta, misalnyapersenjataan,5. meredistribusikan (membagi ulang) pendapatan dari suatu kelompok ke kelompok lainnya, dan6. menyelenggarakan sistem jaminan sosial, misalnya memelihara anak-anak terlantar, menyantunifakir miskin, dan sebagainyaBeberapa Landasan Ekonomi PublikMasalah kunci perekonomian adalah masalah mikro (distribusi produksi, alokasi konsumsi) danmasalah makro (pengangguran, inflasi, kapasitas produksi, pertumbuhan). Sistem Perekonomianberkaitan dengan siapa (pemerintah atau bukan) atau bagaimana keputusan ekonomi diambil(melalui perencanaan terpusat atau mekanisme harga). Pandangan-pandangan tentang peranpemerintah dalam perekonomi-an semakin konvergen (cenderung mendekat satu terhadap yang
 
lain), yakni secara umum swasta harus mengambil peran utama dalam pasar. Namun bila terjadikegagalan pasar dan pemerintah berpotensi dapat memperbaiki kegagalan tersebut, makaseyogyanya pemerintah memperbaiki kegagalan tersebut sepanjang diyakini bahwa memangmampu.Pendekatan ilmiah menjamin kesimpulan yang ditarik dari suatu analisis bersifat sahih. Analisis sektor publik terdiri dari empat tahap, yakni deskripsi kegiatan pemerintah dalam perekonomian, telaahankonsekuensi dari penerapan kebijakan tersebut, tinjauan atas kriteria keberhasilan keputusan publik,dan evaluasi atas proses politik yang mengarah pada pengambilan keputusan tentang kebijakanpublik.
B. Sektor Publik Di Indonesia
 1. Jenis Kegiatan PemerintahJenis kegiatan pemerintah antara lain adalah:1. Menyediakan sebuah kerangka kerja/ sistem yang legal, yang diperlukan untuk membawaperekonomian ke fungsinya semula.2. Memproduksi barang dan jasa, yang berguna untuk pertahanan, pendidikan, keamanan,perhubungan, dan sebagainya.3. Mempengaruhi apa yang diproduksi oleh sektor privat (swasta), melalui subsidi, pajak, kredit danperaturan (undang-undang).4. Membeli barang dan jasa dari sektor privat dan kemudian menyalurkannya ke perusahaan danrumah tangga.5. Melakukan redistribusi pendapatan.1. Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kegiatan pemerintah:1. Adanya perang.2. Peningkatan pendapatan masyarakat.3. Adanya urbanisasi.4. Perkembangan demokrasi.1. Ukuran Kegiatan PemerintahUkuran kegiatan pemerintah dapat dilihat dari seberapa besar ukuran sektor publiknya dan suatuindikator yang mudah digunakan yaitu seberapa besar ukuran pengeluaran publik relatif terhadaptotal perekonomian.Pemerintah meningkatkan pendapatan untuk membayar seluruh pengeluarannya melalui beberapamacam jenis pajak dan apabila terjadi defisit maka defisit tersebut akan dibiayai melalui pinjaman. Adam Smith mengemukakan teori bahwa pemerintah hanya mempunyai tiga fungsi:1. Fungsi pemerintah untuk memelihara keamanan dalam negeri dan pertahanan.2. Fungsi pemerintah untuk menyelenggarakan peradilan.3. Fungsi pemerintah untuk menyediakan barang-barang yang tidak disediakan.Peran pemerintah dalam perekonomian modern terbagi menjadi peran alokasi, peran distribusi danperan stabilisasi.Kegagalan pemerintah dikarenakan beberapa faktor yang mengakibatkan peningkatan kesejahteraanmasyarakat menuju kondisi Pareto optimal tidak dapat tercapai.
C. Efisiensi Pasar 
 1. Efisiensi Pareto
 
Efisiensi Pareto terjadi apabila alokasi dari kekayaan tidak membuat seseorang sejahtera denganmembuat orang lain dirugikan. Terdapat 2 prinsip yang perlu diperhatikan dalam teori fundamentaldari ekonomi kesejahteraan: teori pertama, menjelaskan kepada kita bahwa ekonomi adalahpersaingan (dan kondisi yang memuaskan) adalah efisien Pareto, dan teori kedua mengimplikasikansetiap alokasi efisiensi Pareto dapat dicapai oleh mekanisme pasar yang desentralisasiEfisiensi menurut perspektif pasar tunggal terjadi pada saat marginal benefit sama dengan marginalcost.1. Analisis Efisiensi EkonomiTerdapat 3 (tiga) aspek dari Pareto Efficiency. Pertama, efisien dalam pertukaran. Kedua, efisiendalam produksi. Ketiga, efisiensi dalam keseluruhan (overall/mix efficiency).Efisiensi dalam pertukaran adalah suatu pengalokasian sejumlah barang yang tertentu jumlahnyadalam suatu ekonomi pertukaran disebut (pareto) efisien jika, melalui realokasi barang-barang, tidakseorang individupun dapat memperoleh kesejahteraan tanpa mengurangi kesejahteraan individulainnya.Efisiensi dalam produksi terjadi apabila dalam suatu masyarakat dengan dalam mengalokasikansumber-sumber produksi jika tidak ada suatu barang yang dapat diproduksi tanpa keharusan mengu-rangi produksi barang lainnya.Efisiensi keseluruhan dalam suatu ekonomi adalah jika tidak seorangpun yang dapat ditingkatkankesejahteraannya dengan tanpa membuat kesejahteraan yang lainnya berkurang.
D. Kegagalan Pasar 
 Hak Milik, Paksaan Kontrak dan Kegagalan Pasar Pemerintah harus aktif melindungi warga negara dan hak milik, pelaksanaan kontrak, danmendefinisikan hak milik yang tersedia sebagai dasar bekerjanya semua ekonomi pasar.Terdapat 6 (enam) faktor penyebab kegagalan pasar yaitu:1. Kegagalan dari persaingan (failure of competition).2. Adanya barang publik (public good).3. Eksternalitas.4. Pasar tidak lengkap.5. Kegagalan informasi.6. Adanya pengangguran, inflasi, dan ketidakseimbangan (unemployment, and other macroeconomic disturbances).Peran Pemerintah dalam RedistribusiSalah satu peran penting dari pemerintah adalah kegiatan dalam mengadakan redistribusipendapatan atau mentransfer pendapatan. Hal ini memberikan koreksi terhadap distribusipendapatan yang ada di masyarakat.Terdapat dua aspek analisis dari sektor publik yaitu pendekatan normatif yang memfokuskan padaapa yang harus dilakukan pemerintah dan pendekatan positif yang memfokuskan padapenggambaran dan penjelasan secara nyata apa yang dilakukan pemerintah dan konsekuensinya.
E. Efisiensi Dan Kemerataan
 

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->