Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
18Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KPU Sumut Tetapkan 85 Caleg Terpilih DPRD 2009-2014

KPU Sumut Tetapkan 85 Caleg Terpilih DPRD 2009-2014

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 33,636|Likes:
Published by ronaroysm

More info:

Published by: ronaroysm on Jul 07, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/22/2014

pdf

text

original

 
1.DPRD Setujui APBD Karo TA 2008 SebesarRp 579 Miliar Lebih
Kabanjahe (SIB)
B.Kamis, 03 April 2008
Akhirnya Pemkab Karo bebas dari pemotongan DAU sebesar 25 % sebagaimanadiatur pada pasal 102 UU No 33 Tahun 2004 tentang perimbangan keuanganantara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, menyusul telah disahkannyaAPBD Karo TA 2008 sebesar Rp 579.578.212. 263,01 dengan perincian belanjatidak langsung Rp 333.926.421. 134,01 dan Belanja langsung Rp 245.651.791.129,00, difisit mencapai Rp 65.597.104.373, 01 dalam Rapat Paripurna DPRDKaro, Selasa (1/4) . Sebelumnya Pemkab Karo telah menerima surat peringatandari Menkeu melalui Dirjen Pertimbangan Keuangan.Pada rapat ParipurnaPandangan Akhir Fraksi-Fraksi Terhadap RAPBD Karo TA 2008 dipimpin KetuaDPRD Karo, Rapat Romanus Purba SH didampingi Wakilnya Siti Aminah brPeranginangin dan Adil Bangun dengan dihadiri 24 anggota dewan, Bupati KaroDrs DD Sinulingga, Wakil Bupati Ir Nelson Sitepu, Kapolres AKBP Tumpal ManikSH, Ketua PN Kabanjahe Leonardus Butar-butar SH MH, Sekda Ir Makmur GintingMSc dan sejumlah Kadis dan Kakan sejajaran Pemkab Karo.Oleh :
Charles Hadi Sebayang
KPU Sumut Tetapkan 85 Caleg Terpilih ; Dapil 6 dan 7Ditunda
Medan, (Analisa)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Selasa (30/6) menetapkan 85 anggota calonlegislatif terpilih dari 100 orang untuk DPRD Provinsi Sumut hasil Pemilu Legislatif 2009, melalui rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRDSumut, di Hotel Grand Angkasa Jalan Perintis Kemerdekaan Medan. Sedang perolehankursi dari daerah pemilihan (Dapil) Sumut 6 dan Dapil Sumut 7 masih ditundapenetapannya.Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution mengatakan,
Dapil Sumut 6 (Madina,Tapsel, Paluta dan Palas) yang memiliki 10 alokasi kursi belum bisaditetapkan
. Karena harus merubah rekapitulasi perolehan suara secara keseluruhanakibat dari keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menambah suara Golkarmenjadi 1.016 suara.“Karena adanya kesalahan penghitungan yang ditemukan MK antara selisih suarapartai Golkar dan Partai Demokrat, jadi KPU Sumut menunda secara keseluruhanpenetapannya. Perubahan itu otomatis mengubah Bilangan Pembagi Pemilih (BPP)keseluruhan,” kata Irham Buana.Dikatakan, dari rekapitulasi sebelumnya, Partai Golkar di Dapil Sumut 6 mendapatkan78.185 suara dengan prediksi meraih satu kursi. Dengan perubahan tersebut makaGolkar mendapat dua kursi.Sedangkan untuk
Dapil Sumut 7 Nias dan Nisel yang memiliki lima kursi kataIrham, ditunda penetapannya karena harus melakukan pemungutan suaraulang
. Jadi hanya 85 kursi yang dapat ditetapkan.Usai menjelaskan hal tersebut, salah seorang saksi dari Partai Golkar, Biller Pasaribumenginterupsi rapat pleno. Dia meminta KPU sumut langsung menetapkan kursi sesuaidengan keputusan MK.Bahwa partainya mendapatkan dua kursi. Jika tidak bisa dilakukan, Biller memintapenjelasan yang rinci agar dapat dijelaskannya kembali ke partai. Dia pun berharapKPU Sumut dapat menetapkannya sebelum Pilpres.
 
Irham menanggapi kalau KPU Sumut tidak akan bisa menetapkan Caleg terpilih dikedua dapil tersebut, sebelum Pilpres yang sudah semakin dekat yaitu 8 Juli. Namundia berjanji penetapannya akan dilakukan sebelum pelantikan DPRD Sumut padaSeptember.Ditanya mengenai status Tahan Manahan Panggabean salah satu Caleg terpilih partaiDemokrat yang statusnya menjadi terdakwa dalam tragedi 3 Februari (unjuk rasaProtap-red), menurut Irham tak ada persoalan. Berdasarkan UU 10/2008 tentangPemilu, Caleg terpilih hanya bisa gugur jika keputusan hukum tetap minimal lima tahunkurungan diputuskan.“Selama tidak ada keputusan hukum tetapnya, dia masih sah menjadi Caleg terpilih.Mengenai proses pelantikannya hal itu lain soal karena bukan lagi kewenangan KPU,” jelasnya.Selain itu Irham juga menjelaskan status Caleg terpilih Partai Golkar Ali Umri yangmasih menjadi walikota Binjai. Menurutnya kepala daerah yang menjadi Caleg terpilihharus memilih apakah menjadi anggota DPRD atau mengundurkan diri sebagaiwalikota sebelum pelantikan.Amatan wartawan, hanya 14 Caleg terpilih perempuan yang ditetapkan. Atau sekitar16 persen dari 85 yang telah ditetapkan. Masih jauh dari kuota keterwakilanperempuan 30 persen.
C.14 Caleg Perempuan Terpilih Di DPRD Sumut
 Jum, Jul 3, 2009 Medan ( Berita ) : Dari 85 calon anggota legislatif (caleg) terpilih DPRD Sumatra Utarahasil Pemilu 9 April 2009 yang telah ditetapkan KPU Sumut, tercatat hanya 14 orangcaleg terpilih dari kalangan perempuan.KPU Sumut melalui rapat pleno terbuka di Medan, Selasa [30/06], menetapkan 85 dari100 caleg terpilih untuk DPRD Sumut periode 2009-2014, sementara penetapan 15caleg terpilih lainnya ditunda karena masih bermasalah.Ke14 caleg terpilih perempuan tersebut masih-masing Nurhasanah, Melizar Latif, IdaBudiningsih, Megalia Agustina dan Ristiawati dari Partai Demokrat serta Siti Aminahdan Nur Azizah Tambunan dari PKS.Kemudian Syafrida Fitrie, Evi Diana dan Helmiati dari Partai Golkar, RooslyndaMarpaung dan Rinawati Sianturi dari PPRN, serta Mulyani dari Gerindra dan Nurul AzharLubis dari PPP.Menanggapi caleg terpilih dari kalangan perempuan yang hanya sekitar 16 persen atau jauh dari kuota 30 persen, pengamat politik perempuan Nelly Armayanti menyebutalasan karena program pendidikan politik partai untuk perempuan belum terstrukturrapi.Ia membantah alasan sedikitnya terpilih caleg perempuankarena sedikit yangberkualitas, mengingat dewasa ini kualitas politik kaum perempuan sudah cukup teruji.“Kalau dilihat di internal partai memang sedikit kader perempuan berkualitas, tapikalau dilihat ke luar seperti di lembaga non pemerintah, banyak perempuan yang aktif dalam organisasi dan bahkan menjadi pimpinan,” katanya.Nelly mengatakan, sejumlah lembaga pemberdayaan perempuan pernah menawarkandata seratusan kaum intelektual perempuan yang melek politik kepada parpol, tapisejumlah parpol tidak menggubrisnya.KPU Sumut pada kesempatan itu menetapkan 85 orang caleg terpilih DPRD Sumut daritotal 100 kursi untuk periode 2009-2014 hasil pemilu legislatif 9 April 2009. Dari 11
 
daerah pemilihan (dapil) di Sumut, KPU Sumut menunda penetapan 15 caleg terpilihdari dua dapil.Lima caleg terpilih dari dapil Sumut-7 (Kabupaten Nias dan Nias Selatan) belum bisaditetapkan, karena Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan pemungutan suaraulang di Kabupaten Nias Selatan. Pemungutan suara ulang baru akan dilakukan pada 8 Juli 2009 atau bersamaan dengan pelaksanaan pilpres.Sementara 10 caleg terpilih dari dapil Sumut-6 (Kabupaten Madina, Tapsel, Palas danPaluta) belum bisa ditetapkan menyusul penambahan 1.016 suara sah Partai Golkar di Tapsel dan Palas berdasarkan putusan MK atas sengketa pemilu di kedua daerah itu.
12 Parpol
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota medan akan menetapkan 12 partai politik yangmendapatkan kursi di DPRD Kota Medan, 3 Juli mendatang.Anggota KPU Kota Medan, Pandapotan Tamba, kepada ANTARA di Medan, Selasa,mengatakan, penetapan kursi anggota dewan terpilih tersebut mengacu kepadaperaturan KPU No.15 tahun 2009 tentang penetapan calon terpilih.Dikatakannya, penetapan kursi tersebut juga berdasarkan hasil rapat kerja teknis KPUkabupaten dan kota se-Sumut.Berdasarkan hasil rapat, KPU kabupaten dan kota se-Sumut, disepakati akanmengumumkan anggota dewan terpilih serentak pada tanggal 3 Juli 2009, katanya.Hampir 75 persen dari 50 orang anggota DPRD Kota Medan terpilih periode 2009-2014adalah wajah baru.KPU Kota Medan telah memberikan undangan kepada parpol yang mendapatkan kursiuntuk menghadiri penetapan anggota DPRD Kota Medan terpilih itu.Berdasarkan hasil rapat KPU Kota Medan, pihaknya memberikan undangan kepadaketua parpol, saksi parpol yang membawa surat mandat, Panwaslu dan unsur Muspida,tambahnya.Disebutkannya, hingga saat ini seluruh anggota DPRD Kota Medan terpilih tersebuttidak ada yang mengundurkan diri atau pun dipecat dari partai politiknya.Ia berpesan kepada seluruh anggota dewan yang terpilih itu agar mempersiapkan diriuntuk dilantik pada bulan September mendatang.Ke-12 parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Kota Medan 2009-2014 yakni, PartaiDemokrat, PKS, Golkar, PDI-Perjuangan, PDS, PAN, PPP, PIB, PPRN, PKDI, Patriot danPartai Buruh. ( ant )
II.
III.Muka Baru di DPRD Sumut Diragukan
Saturday, May 30, 2009By susuwongiMEDAN, KOMPAS.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara periode2009-2014 bakal dihuni hampir 80 persen muka baru. Mereka diragukan kompetensidan kapabilitasnya, terutama dalam menghadapi persoalan dan tantangan SumateraUtara lima tahun ke depan.Kemampuan muka-muka baru ini dalam mengawal jalannya pemerintahan daerah yangbersih dan berwibawa juga diragukan. Hal ini diungkapkan pengamat politik dariUniversitas Sumatera Utara (USU), Ridwan Rangkuti, di Medan, Selasa (26/5).Dari 100 kursi di DPRD Sumut periode 2009-2014, hampir dipastikan, 79 di antaranyadiduduki muka-muka baru. Menurut Ridwan, secara umum, problem kapasitas danmoralitas anggota DPRD masih tetap dominan dalam lima tahun ke depan.

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sofyan liked this
Arfian Syah liked this
Ryan Saut Sinaga liked this
Bayoo Sipirok liked this
Dian Tahari liked this
reefuputri liked this
dede777 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->