Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Katalog-2012-Pendas

Katalog-2012-Pendas

Ratings: (0)|Views: 1,314|Likes:
Published by Waosutro

More info:

Published by: Waosutro on Sep 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/11/2014

pdf

text

original

 
 
B
ab
I
P
endahuluan
 
 
 
2
Bab I: Pendahuluan
niversitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 diIndonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkanKeputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.
A. TUJUAN PENDIRIAN UT
UT didirikan dengan tujuan:1. memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia, di mana pun tempat tinggalnya, untuk memperoleh pendidikan tinggi;2. memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena bekerjaatau karena alasan lain, tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka; serta3. mengembangkan program pendidikan akademik, vokasi, dan profesionalsesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.
B. SISTEM PEMBELAJARAN
UT menerapkan sistem belajar 
terbuka
dan
 jarak jauh
. Sistem pendidikan
terbuka
berarti tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang adahanyalah bahwa setiap calon mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat). Sistem pendidikan
 jarak jauh
berarti ada keterpisahan antara dosen dan mahasiswa sehingga proses pembelajaran dilaksanakan secara mandiri dengan menggunakan berbagai media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video,komputer/internet, siaran radio, dan televisi).
C. CARA BELAJAR 
Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ) yang diterapkan UT menuntutmahasiswa belajar secara mandiri. Dalam belajar mandiri mahasiswa dituntutmemiliki prakarsa atau inisiatif sendiri dalam mempelajari bahan ajar,mengerjakan tugas-tugas, memantapkan keterampilan, dan menerapkan pengalaman belajarnya di lapangan atau pekerjaan. Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan mahasiswa dalam mengatur waktudan melakukan belajar secara efektif. Dengan demikian, mahasiswa harus
U
 
 
Katalog Program Pendas 2012
3
memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi yang kuat untuk belajar. Belajar mandiri dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok dengan meng-gunakan bahan ajar cetak atau non-cetak sebagai sumber belajar. Untuk membantu mahasiswa belajar, UT menyediakan berbagai layanan bantuan belajar.
D. SISTEM KREDIT SEMESTER 
UT menerapkan sistem kredit semester untuk menetapkan beban studimahasiswa tiap semester. Dalam sistem kredit semester, beban studi yangharus diselesaikan dalam satu program studi diukur dengan satuan kreditsemester (sks). Setiap mata kuliah diberi bobot 2-4 sks. Satu semester adalahsatuan waktu kegiatan belajar selama kurang lebih 16 minggu.Dalam sistem pembelajaran di UT, satu sks disetarakan dengan tiga modul bahan ajar cetak yang dikenal dengan Buku Materi Pokok (BMP). Satu modulterdiri atas 40-50 halaman, sehingga bahan ajar dengan bobot 3 sks berkisar antara 360-450 halaman, tergantung pada jenis mata kuliahnya. Berdasarkanhasil penelitian, kemampuan membaca dan memahami rata-rata mahasiswaadalah 5-6 halaman per jam sehingga untuk membaca bahan ajar dengan bobot3 sks diperlukan waktu sekitar 75 jam (360-450 halaman dibagi 5-6 halaman).Apabila satu semester mempunyai waktu 16 minggu maka waktu yangdiperlukan untuk membaca bahan ajar 
dengan bobot 3 sks adalah 75 jamdibagi 16 minggu, atau kurang lebih 5 jam per minggu.
Misalnya,mahasiswa mengambil 15 sks/semester maka yang bersangkutan harus meng-alokasikan waktu belajar sebanyak 15 sks dibagi 3 sks (asumsi mata kuliahdengan bobot tersebut) dikali 5 jam = 25 jam per minggu atau kira-kira 4 jam per hari (1 minggu dihitung 6 hari belajar).Dengan sistem belajar seperti ini mahasiswa UT diharapkan meng-alokasikan waktu belajar sesuai dengan beban sks yang diambil, ataumengambil beban sks setiap semester sesuai dengan waktu belajar yang dapatdialokasikan serta mempertimbangkan kemampuan akademik masing-masing.
E. MITRA KERJA DALAM LAYANAN PENDIDIKAN
Dalam memberikan layanan pendidikan, UT memiliki Unit ProgramBelajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) yang berada di setiap provinsi dan di beberapa kabupaten/kota.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->