Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Archelis Makalah 2012 Lingkungan Kerja Dalam Perubahan

Archelis Makalah 2012 Lingkungan Kerja Dalam Perubahan

Ratings: (0)|Views: 20 |Likes:
Published by agusevirusli

More info:

Published by: agusevirusli on Sep 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2014

pdf

text

original

 
1
LINGKUNGAN KERJA DALAM PERUBAHAN
 
A. Lingkungan Kerja
Lingkungan Kerja dapat diartikan suatu tempat atau lingkungan dimana para pekerja / karyawan melakukan pekerjaannyaa sehari-hari. Dalam pandangansempit lingkungan kerja adalah tempat bekerja seperti kantor, pabrik, perusahaandan lain-lain. Secara kasat mata suatu lingkungan kerja dapat dilihat berupa bangunan/gedung, peralatan dan sejumlah karyawan/pekerja. Dengan kata lainlingkungan kerja itu berupa fisik dan non fisik.Menurut Benett Silalahi (2004 : 139) lingkungan kerja mencakup aspek teknologi industri atau aspek teknologi struktural dan aspek non teknis atausosioprosesual. Jadi lingkungan kerja terdiri dari seluruh bagian fisik pabrik atautempat kerja, dan seluruh bagian fisik pabrik atau tempat kerja, dan seluruh bagian non fisik. Lingkungan kerja yang tergolong tekno struktural adalah seluruhtempat kerja termasuk perlengkapan suhu dan cahaya, perkakas dan peralatankerja, teknologi proses, mesin dan segenap bahaya yang terkandung pada masing-masing.Lingkungan kerja yang tergolong sosio-prosesual mencakup antara lain peraturan kerja, kebijakan perusahaan, keinginan manajemen, aspirasi pekerja, jadwal kerja, peraturan-peraturan dan pekerja itu sendiri. Keseluruhan unsur sosio prosesual ini melahirkan apa yang dikenal sebagai kerja. Kerja timbul sebagaiakibat interaksi aspek tekno struktural dan sosio prosesual.Unsur lain yang dapat dilihat dalam lingkungan kerja adalah kultur organisasi. Kultur organisasi mewakili sebuah pola kompleks yang berupa
 
2keyakinan, ekspektasi-ekspektasi, ide-ide, nilai-nilai sikap dan perilaku yangdirasakan dan diyakini secara bersama oleh para anggota suatu organisasi.Menurut J. Winardi (2010 : 125) ada beberapa kultur organisasi antaralain:
 
Prilaku rutin, yang terjadi sewaktu orang berinteraksi misal ritual-ritualkeorganisasian seremoni, dan bahasa yang umumnya digunakan.
 
 Norma-norma yang dianut oleh kelompok-kelompok kerja pada seluruhorganisasi yang bersangkutan.
 
 Nilai-nilai dominan yang dianut oleh suatu organisasi seperti kualitas produk.
 
Falsafah yang mengarahkan kebijakan-kebijakan suatu organisasi terhadapkaryawan dan para pelanggan.
 
Peraturan-peraturan permainan untuk melaksanakan tata pergaulan di dalamorganisasi yang bersangkutan atau tata cara yang perlu dipahami dandipelajari oleh seorang karyawan baru agar ia di terima oleh para anggotalainnya dalam organisasi tersebut.
 
Perasaan atau iklim yang timbul di dalam sebuah organisasi.Lingkungan kerja pada umumnya bersifat dinamis selalu mengalami perubahan baik pengaruh dari dalam maupun dari luar. Dalam menghadapi perubahan lingkungan kerja selalu antisipatif untuk mempertahankan kehidupankerja yang nyaman. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kenyamananlingkungaan kerja perlu di dukung oleh semua warga organisasi atau pekerja dilingkungan kerja tersebut.
 
3
B. Perubahan
Perubahan berarti melakukan segala semata secara berbeda darisebelumnya. Perubahan merupakan pergeseran atau pergantian lama ke hal-halyang baru. Jeff davidson (2010 : 3) mengemukakan bahwa perubahan merujuk  pada sebuah terjadinya sesuatu yang berbeda dengan sebelumnya. Perubahan bisa juga bermakna melakukan hal-hal dengan cara baru, mengikuti prosedur-prosedur managemen baru, penggabungan melakukan reorganisasi, atau terjadinya peristiwa yang bersifat mengganggu yang sangat siginifikan.Beberapa pengertian perubahan menurut para ahli yang dikutip dari M.Hadari Nawawi (2011) antara lain:
 
Potts dan La Marsh menyatakan perubahan merupakan pergeseran darikeadaan sekarang menuju keadaan yang diinginkan di masa depan dilingkungan suatu organisasi/perusahaan.
 
Wagner dan Hollen Back mengatakan perubahan adalah tindakanmemperbaiki cara berpikir dan perilaku yang konvensional atau perpindahandari status quo yang tersirat di dalam perubahan sasaran atau visi yang berbeda dari sebelumnya.
 
Richard L. Daft menyatakan perubahan adalah adopsi suatu prilaku ataugagasan baru oleh organisasi atau penyesuaian bentuk dan format organisasiagar dapat bertahan dengan kondisi yang lebih baik di dalam lingkungantertentu.
 
Robert E. Coffrey perubahan dapat diartikan sebagai proses perubahanindividu, kelompok dan organisasi sebagai jawaban atas faktor internal daneksternal.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->