Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
58Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pernikahan Yang Dilarang Dalam Islam

Pernikahan Yang Dilarang Dalam Islam

Ratings:

4.0

(2)
|Views: 7,998 |Likes:

More info:

Published by: Xahrial Anthony Stark on Jul 09, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2013

pdf

text

original

 
PERNIKAHAN YANG DILARANG ISLAM
I.Pendahuluan
Pernikahan itu merupakan suatu akad untuk menghalalkan hubungan antaralaki-laki dan perempuan dalam rangka mewujudkan kebahagiaan hidup berkeluargayang diridloi oleh Allah SWT. Dari pengertian itu dapat kta ketahui bawasanya untuk menciptakan kehidupan keluarga yang yang bahagia , kemudian menghalalkanhubungan antara seorang laki-laki dan perempuan, membangun rumah tangga yangtentram atas dasar cinta dan kasih saying, sebagaimana yang dianjurkan Allah SWTdalam surat Ar-Rum, 21
 Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmuisteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteramkepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.
Didalam agama islam itu sudah jelas, mana saja pernikahan yang dilarang islamdan mana saja yang diperbolehkan. Adapun yang dimaksud dari pernikahan yangdilarang yakni bentuk-bentuk perkawinan yang tidak boleh dilakukan seperti kawinmut'ah kawin hanya untuk bersenang-senang, kawin syhighor, kawin muhallil danlain-lain, bentuk perkawinan tersebut merupakan bawaan yang berasal dari zaman jahiliyyah yang mana pada zaman itu orang-orang bagaikan binatang yang memiliki prinsip bahwa siapa kuat dialah yang berkuasa.Adapun pernikahan yang diperbolehkan atau dihalalkan yaitu pernikahan yangsesuai dengan ketentuan syariat seperti ada kedua mempelai, saksi dan wali sertamahar dan apabila salah satu diantara syarat-syarat tersebut tidak terpenuhi maka pernikahannya tidaklah syah dan batal.
 
II.Permasalahan
1.Mengapa islam memberantas bentuk-bentuk pernikahan pada zaman jahiliyah2.Apa saja bentuk-bentuk pernikahan yang dilarang dan diberantas islam?
III.Pembahasan
Agama islam adalah agama yang cinta kedamaian dan agama yang memberikanketentraman dan kesejahteraan terhadap umatnya. Pada zaman jahiliyyah orang-orang benar-benar tidak mengenal peraturan ataupun norma, mereka bagai hewan atau binatang yang berpeganag teguh pada kekuatan fisik yang berperdoman bahwa siapayang kuat maka dia yang menang dan berkuasa.Mereka juga sering membuat peraturan yang hanya menguntungkan diri merekasendiri tanpa mempedulikan orang lain, dan misalnya dalam pernikahan seperti adanyakawin mut'ah yang bentuk pernikahannya dengan memberikan pembayaran dan hanyadibatasi dalam waktu tertentu atau yang biasa dikenal dengan kawin kontrak.Oleh karena itu islam datang disaat yang tepat dengan memberikan aturan-aturan kepada para kaum jahiliyyah pada masa itu.sehingga dengan aturan-aturan itudapat memberikan pencerahan kepada para kaum jahiliyah dan dapat memberikankesejahteraan kepada mereka.Pembagian nikah dari segi kelengkapan syarat-syarat yang syari'atnya ada limayaitu: (Abdul Majid mahmud mmathub,
Panduan hukum keluarga sakinah,
Eraintermedia, Solo, 2003)a.
Nikah Sempurna
yaitu: Nikah yang sempurna rukunnya, syarat-syarat akadnya, syarat keabsahan,syarat pelaksanaan dan syarat keharusan. b.
Nikah Yang Tidak Boleh
nikah yang terlengkapi rukun-rukunnya, syarat akad, syarat keabsahan, dan pelaksanaan tetapi syarat keharusan tidak ada.c.
Nikah Gantung
 Nikah yang terlengkapi rukun-rukun, syarat akad, keabsahan tetapi kehilangansyarat pelaksanaand.
Nikah Rusak 
 
 Nikah sempurna rukunnya, dan syarat akad tetapi salah satu syarat keabsahannyatidak adae.
Nikah Batil
 Nikah yang terdapat kerancuan dalam slah satu rukunnya atau salah satu syaratakadnyaDan adapun bentuk pernikahan yang diberantas oleh agama islam yakni:1.
Nikah Mut'ah
Yaitu suatu pernikahan yang dilaksanakan untuk jangka waktutertentu, jika waktu yang ditentukan sudah habis maka siwanita atau istridinyatakan terlepas dari ikatan pernikahannya dan dia berhak menerimamut'ah dari suaminya.Padahal kita mengetahui pernikahan adalah suci, untuk mendapatkanketurunan, membina rumah tangga yang baik dan berlangsung dalamwaktu yang tidak terbatas.Pernah pada zaman nabi pernikahan ini diperbolehkan hal inidikarenakan kebiasaan orang pada zaman jahiliyyah untuk bersetubuhsetiap hari.Dan pada awal islam pembolehan mut'ah dilakukan untumemecahkan problematika kedua golongan yakni: golongan yang lemahimannya kuat imannya.Dan adapun pengharaman ini dilakukan secara bertahap yakni seperti pada pengharaman khomr dan riba.Para sahabat mutlak mengharamkan nikah jenis ini dan perbedaanada pada diri sahabat ibnu Abbas yang membolehkan pernikahan inidengan alasan dalam kondisi darurat.Akan tetapi ibnu abbas kemudian mencabut fatwanya karena telahdigampangkan oleh orang-orang yang mengikuti fatwanya.Sebagaimana sabda nabi:
هلا ناوا عتمتسف ك دا  يا ا ا هقا  يلا رح 

Activity (58)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Kasim Refan added this note
sukron ya ukhuti...
Slamet Ifrodi liked this
gifitrianggraeni liked this
Bang Zack liked this
Ratnaa Pratiwie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->