Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
98Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makanan Fermentasi

Makanan Fermentasi

Ratings:

4.67

(3)
|Views: 10,083 |Likes:
Published by Yeni
Biology
Biology

More info:

Published by: Yeni on Jul 09, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2013

pdf

text

original

 
Yoghurt
Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurtdapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Tetapi produksi modernsaat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat,yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan bau yangunik pada yoghurt. Yoghurt sering dijual apa adanya, bagaimanapun juga rasa buah,vanilla atau coklat juga populer.
Sejarah
Ada bukti bahwa produk susu budidaya telah diproduksi sebagai makanan selama paling sedikit 4500 tahun, sejak milenium ke-3 SM. Yoghurt paling pertamakemungkinan terfermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang hidup pada tas kulitkambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar, orang nomadik yang mulai bermigrasi keEropa pada abad ke-2 M dan akhirnya menetap di Balkan pada akhir abad ke-7.Sekarang, banyak negara memiliki yoghurtnya sendiri, walaupun sampai sekarang belumada bukti yang jelas mengenai siapa yang menemukan yoghurt.Teori bahwa yoghurt digunakan oleh orang-orang Turki kuno didasarkan pada buku Diwan Lughat al-Turk oleh Mahmud Kashgari dan Kutadgu Bilig oleh Yusuf HasHajib yang ditulis pada abad ke-11. Pada kedua buku, kata yoghurt disebutkan dandigambarkan sebagaimana yang digunakan oleh orang Turki nomadik, dengan katayoghurt digambarkan dalam berbagai bagian. Juga, pertama kali orang Eropa mengenalyoghurt dapat dilihat pada sejarah klinik Perancis ketika Francis I menderita diare yangmematikan dan tidak ada dokter Perancis yang mampu menyembuhkannya. Namun,sekutunya Suleiman si Hebat mengirim seorang dokter, dan dengan bantuan yoghurt iadapat disembuhkan dan orang Eropa dipercaya mengenal yoghurt untuk pertama kalinyadengan insiden itu.Yoghurt tetap menjadi makanan di Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Barat, EropaTenggara dan Eropa Tengah hingga 1900. Teori yang belum dibuktikan oleh biologisRusia bernama Ilya Ilyich Mechnikov bahwa konsumsi berat yoghurt-lah yangmenyebabkan rentang hidup petani Bulgaria yang panjang.Mechnikov yang mempercayai Lactobacillus penting untuk kesehatan, berusahamempopulerkan yoghurt sebagai bahan makanan di Eropa. Wiraswastawan yang bernamaIsaac Carasso tertarik untuk membuat industri yoghurt. Pada 1919, Carasso memulaiyoghurt komersial di Barcelona, menamakan bisnisnya Danone berdasarkan namaanaknya. Di Amerika Serikat, lebih dikenal dengan nama ‘Dannon’.Yoghurt dengan tambahan selai buah diciptakan untuk melindungi yoghurt dari pembusukan. Ini dipantenkan pada 1933 oleh Radlická Mlékárna di Praha.
 
Etimologi
 'yoghurt'diambil dari bahasa Turki yogurt (pengucapan: [j?'urt]) diambil dari katasifat ‘yogun’, yang berarti “padat” dan “tebal”, atau dari kata kerja yogurmak, yang berarti “memijat” dan kemungkinan berarti “membuat padat” aslinya bagaimanayoghurt dibuat.
Isi
Yoghurt dibuat dengan memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu di bawahtemperatur yang dikontrol dan kondisi lingkungan, terutama dalam produksi industri.Bakteri merombak gula susu alami dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa.Keasaman meningkat menyebabkan protein susu untuk membuatnya padat. Keasamanmeningkat (pH=4-5) juga menghindari proliferasi bakteri patogen yang potensial. Di AS,untuk dinamai yoghurt, produk harus berisi bakteri Streptococcus salivarius subsp.thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus.Pada kebanyakan negara, produk mungkin disebut yoghurt hanya jika bakterihidup ada di produk akhir. Produk yang telah dipasteurisasi, yang tidak punya bakterihidup, disebut susu fermentasi (minuman).Yoghurt yang telah dipasteurisasi memiliki rentang hidup yang panjang dan tidak membutuhkan kulkas.Yoghurt kaya akan protein, beberapa vitamin B, dan mineral yang penting.Yoghurt memiliki lemak sebanyak susu darimana ia dibuat.Karena struktur laktosa yoghurt dirusak, maka yoghurt bisa dikonsumsi orangyang alergi terhadap susu. Yoghurt kaya dengan vitamin B.
 
Tempe
Tempe adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikanmenggunakan kapang rhizopus ("ragi tempe"). Selain itu, terdapat pula makanan serupatempe yang tidak berbahan kedelai yang juga disebut tempe.Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleksmenjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat,kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyainilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia jamur yangmenghubungkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang kompak. Degradasikomponen-komponen kedelai pada fermentasi pembuatan tempe membuat tempememiliki rasa khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam.Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, tetapi sekarang telah mendunia.Terutama kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menemukan tempe sebagai pengganti daging. Dengan ini sekarang tempe diproduksi di banyak tempat di dunia, tidak hanya di Indonesia. Namun demikian, beberapa negara maju berlomba-lomba membuat varian danmempatenkan tempe. Hal tersebut dikhawatirkan dapat mengancam keberadaan tempedari makanan rakyat menjadi sumber komoditi yang bersifat monopoli pemegang lisensi.
Sejarah dan perkembangan
Tidak jelas kapan pembuatan tempe dimulai. Namun demikian, makanantradisonal ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu, terutama dalam tatanan budayamakan masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta. Dalam bab 3 dan bab12 manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16 telah ditemukan kata tempe,misalnya dengan penyebutan nama hidangan jae santen tempe (sejenis masakan tempedengan santan) dan kadhele tempe srundengan. Hal ini dan catatan sejarah yang tersedialainnya menunjukkan bahwa mungkin pada mulanya tempe diproduksi dari kedelaihitam, berasal dari masyarakat pedesaan tradisional Jawa—mungkin dikembangkan didaerah Mataram, Jawa Tengah, dan berkembang sebelum abad ke-16.[1]Kata "tempe" diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada zaman Jawa Kunoterdapat makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi. Tempesegar yang juga berwarna putih terlihat memiliki kesamaan dengan makanan tumpitersebut.[2]

Activity (98)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rhia Caem liked this
Ratna Sari liked this
Mariyah Kamal liked this
Tri Wahyuni liked this
Bayu Aqiila liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->