Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Kompensasi.pdf

Makalah Kompensasi.pdf

Ratings: (0)|Views: 310|Likes:

More info:

Published by: Chusnul Udiyanto Udiyanto on Oct 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/13/2013

pdf

text

original

 
Manajemen Kompensasi
Page 1
DR. Nova Retnowati, SE. M
PENDAHULUAN
Manajemen kompensasi merupakan salah satu bagian dalam manajemen sumber daya manusia. Kompensasi memiliki fungsi yang penting dalam praktik manajemensumber daya manusia, karena kompensasi merupakan salah satu aspek yang palingsensitive di dalam hubungan kerja. Sistem kompensasi membantu dalam memberi penguatan terhadap nilai-nilai kunci organisasi serta memfasilitasi pencapaian tujuanorganisasi.Kompensasi sangat penting bagi karyawan sebagai individu, karena besarnyakompensasi merupakan pencerminan atau ukuran nilai pekerjaan karyawna itu sendiri.Sebaliknya besar kecilnya kompensasi dapat mempengaruhi prestasi kerja, motivasi dankepuasan kerja karyawan. Apabila kompensasi diberikan secara tepat dan benar, parakaryawan akan memperoleh kepuasan kerja dan termotivasi untuk mencapai tujuan-tujuanorganisasi. Akan tetapi apabila kompensasi tersebut diberikan tidak memadai atau kurangtepat, maka prestasi kerja, motivasi dan kepuasan kerja karyawan akan menurun.
 
Manajemen Kompensasi
Page 2
DR. Nova Retnowati, SE. M
PEMBAHASAN
Kompensasi tak hanya penting bagi para karyawan, melainkan juga penting bagiorganisasi itu sendiri. Hal ini dikarenakan program-program kompensasi merupakancerminan upaya organisasi untuk mempertahankan sumber daya manusia.
A.
 
Pengertian Kompensasi
Kompensasi adalah total dari seluruh imbalan yang diterima para karyawan sebagai pengganti atas layanan mereka. Kompensasi seringkali disebut sebagai penghargaan dandapat didefinisikan sebagai setiap bentuk penghargaan yang diberikan kepada karyawansebagai balas jasa atau kontribusi yang mereka berikan kepada organisasi (Pangabean,2002:75). Menurut Hasibuan (2001:133), kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang atau barang langsung maupun tidak langsung yang diterima karyawansebagai imbalan atas jasa yang diberikan perusahaan atau organisasi.
B.
 
Fungsi Kompensasi
Dari pengertian di atas terlihat baha kompensasi merupakan alat pengikat perusahaanterhadap karyawannya sekaligus faktor pendorong seseorang untuk menjadi karyawan.Dengan demikian kompensasi mempunyai fungsi yang cukup penting di dalammemperlancar jalannya roda perusahaan atau organisasi. Menurut Martoyo (1994), fungsikompensasi adalah:1.
 
Penggunaan SDM secara lebih efisien dan lebih efektif Kompensasi yang tinggi pada seorang karyawan mempunyai implikasi bahwaorganisasi memperoleh keuntungan dan manfaat maksimal dari karyaan yang bersangkutan karena besarnya kompensasi sangat ditentukan oleh tinggirendahnya produktivitas kerja karyawan yang bersangkutan.2.
 
Memberi stabilitas dan pertumbuhan ekonomiSistem pemberian kompensasi yang baik secara langsung dapat membantustabilitas organisasi dan secara tidak langsung ikut andil dalam mendorongstabilitas dan pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya pemberian kompensasi yangkurang baik dapat menyebabkan gejolak di kalangan karyawan akibat ketidak- puasan.
 
Manajemen Kompensasi
Page 3
DR. Nova Retnowati, SE. M
C.
 
Tujuan Pemberian Kompensasi
Pemberian kompensasi dalam suatu organisasi harus diatur sedemikian rupa sehinggamerupakan sistem yang baik dalam organisasi. Dengan sistem-sistem yang baik ini akandicapai tujuan-tujuan pemberian kompensasi (Notoatmodjo, 2002:143), antara lain:1.
 
Menghargai prestasi kerjaSuatu organisasi menghargai prestasi kerja karyawannya dengan memberikankompensasi yang memadai. Hal ini mendorong perilaku-perilaku para karyaansesuai dengan yang diinginkan organisasi.2.
 
Menjamin keadilanMasing-masing karyawan akan memperoleh imbalan yang sesuai dengan tugas,fungsi, jabatan dan prestasi kerjanya. Perusahaan memberikan imbalan yangsepadan untuk hasil karya atau prestasi kerja yang diberikan pada organisasi.3.
 
Mempertahankan karyawanDengan kompensasi yang baik, para karyawan akan betah atau bertahan bekerja pada organisasi yang bersangkutan. Hal ini mencegah keluarnya karyawan dariorganisasi tersebut untuk mencari pekerjaan yang lebih menguntungkan.4.
 
Memperoleh karyawan yang berkualitasDengan sistem kompensasi yang baik akan menarik lebih banyak calonkaryawan. Dengan banyaknya pelamar atau calon karyawan akan lebih banyak  peluang untuk memilih karyawan yang bermutu tinggi.5.
 
Pengendalian biayaKompensasi dapat mengurangi seringnya melakukan rekruitmen akibat dariseringnya karyawan yang keluar mencari pekerjaan yang lebih menguntungkan.Hal ini berarti penghematan biaya untuk rekruitmen dan seleksi karyaan baru.6.
 
Memenuhi peraturan-peraturanSistem administrasi kompensasi yang baik merupakan tuntutan dari pemerintah(hukum). Suatu organisasi yang baik dituntut adanya system administrasikompensasi yang baik pula. Kompensasi bertujuan untuk memenuhi peraturan- peraturan legal seperti Upah Minimum Rata-rata (UMR), Ketentuan Lembur,Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek), Asuransi Tenaga Kerja (Astek) danfasilitas lainnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->