Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jurnal Skripsi

Jurnal Skripsi

Ratings: (0)|Views: 84 |Likes:
Published by Reza Fathoni

More info:

Published by: Reza Fathoni on Oct 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2014

pdf

text

original

 
DISKRIMINASI GENDER DALAM PEMBAGIAN KERJA DAN UPAHPADA MASYARAKAT TANI(Studi Kasus Desa Pagerwojo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang,Jawa Timur)
JURNAL SKRIPSI
Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mencapai Derajat Sarjana Ilmu Politik 
Oleh:REZA FATHONINIM. 0911250044
PROGRAM STUDI ILMU POLITIK 
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG2013
 
 
PERSETUJUAN
Jurnal Skripsi yang berjudul “
DISKRIMINASI GENDER DALAM PEMBAGIANKERJA DAN UPAH PADA MASYARAKAT TANI (Studi Kasus Desa Pagerwojo,Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur)
” yang disusun
oleh Reza Fathoni, NIM0911250044 ini telah disetujui oleh pembimbing.Malang, 10 September 2013Pembimbing,
Dr. Hilmy Mochtar, MSNIP:
19520101 198203 006
 
ABSTRAK DISKRIMINASI GENDER DALAM PEMBAGIAN KERJA DAN UPAH PADAMASYARAKAT TANI(Studi Kasus Desa Pagerwojo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur)
Penelitian ini menggambarkan tentang bentuk-bentuk diskriminasi dalam pembagiankerja dan upah pada masyarakat tani. Pemahaman terhadap rumah tangga petani di desaPagerwojo Kabupaten Jombang ini sebagai satu kesatuan sosial ekonomi sangat relevanuntuk menganalisis peran laki-laki, peran perempuan dan hubungan (interrelasi) diantarakeduanya dalam rumah tangga tani, atau yang dikenal dengan analisis gender. Gender di sinidimaksudkan tidak sama dengan (perbedaan) jenis kelamin, namun menggambarkan perbedaan sifat, peran, fungsi dan status laki-laki dan perempuan yang tidak diakibatkan oleh perbedaan biologis semata, tetapi juga oleh relasi sosial budaya yang secara lebih luasdipengaruhi oleh struktur suatu masyarakat.Fokus dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui adanya diskriminasi gender dalam pembagian kerja dan upah pada masyarakat tani serta untuk mengetahui bentuk-bentuk diskriminasi gender tersebut. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan
indepth interview
(wawancaramendalam) dengan narasumber, observasi, dan studi-studi dokumentasi dari dokumen-dokumen dan arsip-arsip resmi dari instansi yang dijadikan tempat penelitian.Hasil dari penelitian adalah benar bahwa ada diskriminasi gender dalam pembagiankerja dan upah dalam masyarakat tani. Bentuk-bentuk diskriminasinya meliputi perbedaan pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan serta pembagian gaji yang kurang adil antaralaki-laki dan perempuan sehingga hal tersebut bisa secara langsung menindas kaum perempuan dalam hal kerja dan pembagian upah.
Kata Kunci: Diskriminasi Gender, Upah dan Kerja, Masyarakat Tani

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->