Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
perjalanan uang

perjalanan uang

Ratings: (0)|Views: 27|Likes:
Published by rizki saputera

More info:

Published by: rizki saputera on Oct 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2013

pdf

text

original

 
UANG
Dari jaman dahulu masyarakat sudah mengetahui mengenai perdagangan, diawali dari perdagangan dengan cara barter dan sampai saat ini orang sudah mendapatkan alat bantuyang disebut uang dalam memudahkan pertukaran.Uang yang dimiliki tiap negara berbeda-beda dan mempunyai nilai. Dengan memiliki nilai,maka dapat diukur perbandingan mata uang tiap-tiap negara.Beberapa ahli mendefinisikan uang sebagai berikut:Uang adalah sebagai alat tukar (A.C. Pigou), yang dapat diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang-barang (D.H. Robertson) dan pembelian jasa serta kekayaan berhargalainnya dan dapat digunakan untuk pembayaran utang (R.G. Thomas).Secara umum uang dapat diartikan sebagai benda yang disetujui masyarakat sebagai alat perantara dalam kegiatan tukar menukar barang dan jasa, dan sebagai alat penghitungkekayaan.Berdasarkan pengertian mengenai uang, maka kita dapat mengetahui syarat suatu benda dapatdijadikan uang, yaitu:1.
 
dapat diterima oleh masyarakat umum (
acceptability
)2.
 
tidak mengalami perubahan dan tidak cepat rusak (
durability
)3.
 
nilainya tidak mengalami perubahan dalam jangka waktu yang lama (
 stability of value
)4.
 
 praktik dan mudah dibawa kemana-mana (
 portability
)5.
 
mudah dibagi-bagi tanpa mengurangi nilai (
divisibility
)6.
 
kualitasnya relatif sama (
uniformity
)7.
 
 jumlahnya terbatas dan tidak mudah dipalsukan (
 scarcity
)Dari beberapa pengertian mengenai uang, maka uang dapat dibedakan berdasarkan jenisnyayaitu:
1. Permintaan dan Penawaran
Permintaan terhadap uang dapat diartikan sebagai penetapan nilai uang yang dapat diperolehuntuk mendapatkan sejumlah barang dan jasa.Contoh, dengan mengeluarkan sejumlah uang 5000, kita dapat memperoleh 2 kg beras.Tetapi saat sekarang, dengan jumlah uang yang sama kita hanya dapatkan 1 kg beras dengankualitas beras yang sama. Naik turunnya harga barang disebabkan oleh:
 
nilai barang
 
nilai uang
 
Apabila semua harga barang mengalami perubahan, maka dapat dikatakan nilai uang yang berubah.Perubahan nilai uang dapat dijelaskan dengan menggunakan teori jumlah (teori kuantitas,Marshall) yaitu: adanya keseimbangan antara jumlah uang yang beredar dengan berbagaifaktor yang ikut mempengaruhinya.Faktor yang mempengaruhi meliputi:1.
 
kecepatan peredaran uang kartal dan giral2.
 
lamanya uang tersimpan3.
 
 jumlah pendapatan nasional.Sehingga teori kuantitas dirumuskan: M = k.PT
 M = jumlah uang yang beredar  PT = jumlah nilai transaksi (pendapatan nasional)k = konstanta
Dari teori Marshall dapat dicontohkah:Bila suatu negara memiliki pendapatan nasional sejumlah 888 triliun, bila masyarakat secaraumum memegang uang sejumlah 45% dari jumlah transaksi tiap tahunnya, maka jumlah uangyang beredar = 45% x 888 triliun = 399,6 triliun.Dan diketahui sasaran pertumbuhan ekonomi (T) ditetapkan 20% dan tingkat inflasi optimal5%, maka tingkat kenaikan jumlah uang (M) = 20% + 5% = 25%Maka jumlah uang yang dibutuhkan:M = 45% x (888 triliun + 25% x 888 triliun )= 0,45 x 1.110 triliun= 499,5 triliunT dan k dianggap relatif tetap, karena:-
 
T tergantung pada kapasitas produksi nasional-
 
k tergantung pada kebiasaan pembayaran di masyarakatSedangkan penawaran atas uang dapat diartikan, jumlah semua uang yang beredar dalam satusistem perekonomian. Jumlah uang yang beredar dapat dibedakan atas:
 
kewajiban sistem moneter yang terdiri atas uang kartal dan uang giralkewajiban sistem moneter yang terdiri atas uang giral (rekening giro, kiriman uang, simpanan berjangka dan tabungan), uang kartal, uang kuasi.
 
Uang kuasi adalah sejenis uang yang salah satu fungsinya sebagai alat pembayaran sementarayang tertunda. Contoh: tabungan berjangka (time deposit) dan tabungan (saving deposit) padalembaga keuangan bukan bank.
2. Jumlah Uang yang Beredar
Di dalam kehidupan masyarakat, jumlah uang yang beredar ditentukan oleh kebijakan dari bank sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang melalui kebijakan moneter.Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah uang yang beredar adalah:1.
 
Kebijakan Bank Sentral berupa hak otonom dan kebijakan moneter (meliputi: politik diskonto, politik pasar terbuka, politik 
cash ratio
, politik kredit selektif) dalammencetak dan mengedarkan uang kartal.2.
 
Kebijakan pemerintah melalui menteri keuangan untuk menambah peredaran uangdengan cara mencetak uang logam dan uang kertas yang nominalnya kecil.3.
 
Bank umum dapat menciptakan uang giral melalui pembelian saham dan surat berharga.4.
 
Tingkat pendapatan masyarakat5.
 
Tingkat suku bunga bank 6.
 
Selera konsumen terhadap suatu barang (semakin tinggi selera konsumen terhadapsuatu barang maka harga barang tersebut akan terdorong naik, sehingga akanmendorong jumlah uang yang beredar semakin banyak, demikian sebaliknya)7.
 
Harga barang8.
 
Kebijakan kredit dari pemerintahDari beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah uang yang beredar di masyarakat, makakita dapat melihat hal apa saja yang mempengaruhi permintaan uang, yaitu:1.
 
 besar kecilnya pembelanjaan negara yang berkaitan dengan pendapatan nasional.2.
 
cepat lambatnya laju peredaran uang3.
 
motif memiliki uang tunai, J.M Keynes dalam teori
liquidity preference
: motif transaksi (
transaction motive
), motif berjaga-jaga (
 precautionary motive
), motif spekulasi (
 speculative motive
)Bila ada hal yang mempengaruhi permintaan uang, berarti ada hal yang mempengaruhi penawaran uang juga, yaitu:1.
 
tinggi rendahnya tingkat bunga2.
 
tingkat pendapatan masyarakat3.
 
 jumlah penduduk 4.
 
keadaan letak geografis5.
 
struktur ekonomi masyarakat6.
 
 penguasaan iptek 7.
 
globalisasi ekonomiKebijakan pemerintah terhadap jumlah uang yang beredar di masyarakat dilakukan dengancara:

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->