Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BELAJAR EKONOMI

BELAJAR EKONOMI

Ratings: (0)|Views: 21 |Likes:
Published by rizki saputera

More info:

Published by: rizki saputera on Oct 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2013

pdf

text

original

 
BELAJAR EKONOMI
Pengenalan Ilmu Ekonomi
 Ilmu Ekonomi berasal dari keinginan manusia untuk melakukan pemenuhankebutuhan materi pada suatu tatanan sosial masyarakat. Sejarah ilmu ekonomisudah lahir sejak zaman purbakala dimana dikala itu pemenuhan kebutuhanbarang dilakukan secara apa yang dinamakan sebagai barter, yakni barangditukar dengan barang.Saat ini llmu ekonomi berkembang begitu pesat dan cabang-cabang ilmunya juga turut berkembang seiring waktu.
Teori Ekonomi Dasar 
 Bila kita berbicara tentang ekonomi ada beberapa hal yang mesti kita pahamiterlebih dahulu . Kita mulai dari adanya kebutuhan akan barang , lalu adaketersediaan dari barang tersebut. Selanjutnya kelangkaan dari barang tersebutyang mengakibatkan adanya nilai ekonomi dari barang yang ditransaksikantersebut.Bila barang tersebut langka di pasaran , dalam hal ini terbatas produksinyamisalnya handphone yang limited edition, maka kebutuhan terhadap barangtersebut bisa jadi meningkat . Sama halnya seperti sumber daya alam yang takdapat diperbaharui. Semakin langka sumbernya maka semakin memiliki nilaiekonomi.Oleh sebab itu kita mesti bijak dalam hal pengalokasiannya .Jadi ilmu ekonomiadalah ilmu yang mengatur pengalokasian sumber daya yang dimiliki oleh kitauntuk memperoleh sumber daya lainnya dapat berupa barang atau jasasehingga terjadi efisiensi.
Mikroekonomi vs Makroekonomi 
Mikro atau makro ekonomi sebenarnya adalah dua bidang ilmu ekonomi yangmana perbedaan antara keduanya hanya didasarkan atas dari sudut pandangkita melihat perekonomian tersebut.Makroekonomi melihat keluaran (output) perekonomian secara nasional dimanaterdiri dari beberapa sumber daya dan bagaimana mengoptimalkan sumber daya
 
tersebut agar keluaran tadi semakin meningkat. Dan peran pemerintah atauinstrumen moneter suatu negara dapat berperan dalam hal meningkatkankeluaran tersebut melalui kebijakan-kebijakan ekonomi yang pernah kita dengar misalnya kebijakan moneter, kebijakan fiskal atau istilah-istilah lainnya sepertitight money policy dsb. Bidang ini sangat menarik untuk dikaji terutama bila kitaingin menjadi pengamat ekonomi.Sementara itu Mikroekonomi membahas dari sudut pandang pelaku ekonomiindividual seperti kita atau perusahaan yang merupakan komponen yangmembentuk keseluruhan ekonomi serta interaksi ekonomi yang terjadi yangmembentuk suatu hukum ekonomi. Mikroekonomi juga memperlajari bagaimanaindividu atau perusahaan bereaksi terhadap perubahan harga dalam pasar.Mikro dan makro ekonomi adalah saling terkait dimana hukum ekonomi yangdiharapkan terjadi secara alamiah sesuai teori mikroekonomi bisa disebabkanoleh suatu kebijakan makroekonomi oleh pemerintah atau lembaga keuanganpusat. Inilah perbedaan utama antata yang disebut sebagai ekonomi pasar dengan ekonomi terpimpin. Ekonomi pasar berharap bahwa sesuai hukum pasar intervensi pemerintah / pengambil kebijakan tidaklah diperlukan dan hanyakekuatan pasarlah yang berperan. Sementara ekonomi terpimpin adalah dimanaperan pemerintah sangat besar dalam rangka pengalokasian sumberdayaekonomi suatu negara yang menghasilkan output ekonomi yang sepertidiharapkan. Meskipun begitu kekuatan pengaruh pemerintah dan kekuatan pasar ada batasannya.
MikroekonomiHukum Permintaan dan Penawaran
Hukum permintaan dan penawaran adalah hukum dasar dari ilmu ekonomimerupakan basis utama dari terjadinya suatu ekonomi pasar. Untukmenjelaskannya mari kita lihat contoh sehari-hari.
Hukum Permintaan dan Kurva permintaan
 Pernahkah anda membeli sebuah baju di sebuah pasar atau mal ? Bila andamembeli baju tersebut dengan asumsi bahwa kualitas sudah terjamin, yangdilihat selanjutnya adalah harga bukan ? Bila harganya relatif murah maka andaakan mempertimbangkan untuk membeli lebih dari satu kan ? Dengan kata lainmasyarakat pembeli akan membeli lebih banyak baju bila harganya ada diskon.Sedangkan pembelian akan berkurang bila harganya naik. Bila kita masukkan kedalam tabel maka akan terjadi sebagai berikut :
 
Tabel 1.0 Pembelian BajuHarga Baju Jumlah Pembelian80.000 1 potong40.000 2 potong20.000 3 potongJadi secara sederhana kita bisa mendefinisikan hukum permintaan adalahdengan asumsi bahwa hal lainnya bersifat tetap maka bila harga suatubarang/jasa naik maka permintaannya akan menurun dan begitu jugasebaliknya. Yang dimaksud dengan kurva permintaan adalah kurva yangterbentuk dari penentuan titik titik dalam grafik yang merepresentasikan hukumpermintaan dimana sumbu X-nya berupa kuantitas (Q=Quantity) dan sumbu Ynya berupa Harga (P=Price) sehingga membentuk slope yang negatif / menurunseperti berikut.Gambar 1.0 Kurva permintaan
Hukum Penawaran dan Kurva Penawaran
 Mari kita ambil dari contoh hidup kita sehari-hari.Misalkan kita adalah produsen /pabrik dari baju yang dijual di pasar. Hukum penawaran mengisyaratkan bahwasaat harga dari baju tersebut naik di pasaran, maka kita memproduksi lebihbanyak baju agar mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain misalnya baju kitaadalah baju lebaran, saat harga baju tersebut meningkat maka akan semakinbanyak toko yang menawarkan baju tersebut karena berharap bisa meraupuntung yang lumayan.Bisa kita tabelkan sebagai berikut :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->