Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
45Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tips Lulus Ujian Di Stan

Tips Lulus Ujian Di Stan

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,991 |Likes:
Published by romiwisnu

More info:

Published by: romiwisnu on Jul 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2013

pdf

text

original

 
         1
TIPS N TRIK LULUS UJIAN STAN
Oleh: Erwin Suryanto *)
Dipersembahkan untuk membantu teman-teman kelas 3 SMA 1 Narmadayang lulus tahun 2009 yang berkeinginan untuk melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jakarta.Catatan: Sebelum membaca tips n trik lulus ujian STAN, saya sarankan pada Anda untuk membaca dan memiliki terlebih dahulu:1.Tips n Trik Lulus Ujian SNMPTN, dll. (Dibuat oleh saya sendiri, bentuk filenya Ms. Word)2.Presentasi STAN. (Disusun Oleh Mahasiswa NTB yang ada di STAN,bentuk filenya Ms. Power Point)
3.
Buku kumpulan soal USM STAN. (tidak terpaku harus buku yangterbaru terbitan tahun 2009, boleh juga Anda menggunakan bukukumpulan soal-soal yang dimiliki oleh kakak, teman, atau orang lainyang sudah pernah mengikuti USM STAN) 4.Berikan perhatian yang lebih pada kata/kalimat yang dicetak tebal,dan perhatian yang sangat khusus kepada kata/kalimat yang dicetak tebal dan bergaris bawah. Pamahami benar maksudnya.
Mau lulus ujian?????!!!!!
Ujian apapun namanya, bisa lulus asalkan kitamau lulus
.
Hal ini juga berlaku untuk USM STAN lho.
Yang perlu kita ingetadalah, yang
tidak lulus ujian
adalah
orang yang
 
berniat untuk tidak lulus
.Ulasan tips N trik lulus ujian STAN ini bisa Anda pakai,
tapi jika setelahmembaca tips n trik ini Anda tidak yakin dan berbeda pendapat, makasilahkan tips n trik ini jangan Anda pakai saat ujian STAN besok.
 Tips n trikini didasarkan pada pengalaman saya sendiri dan informasi dari temen-temen sayayang laen yang sudah pernah atau lebih dahulu menghadapi ujian. Jika teman-teman memiliki tambahan, kritikan dan saran yang untuk memperbaiki tips n trik inisangat saya harapkan. Anda bisa menghubungi lewat telepon atau mengirimkan keE-mail saya. Semoga tips n trik ini dapat bermanfaat untuk teman-teman kelas 3SMANAR angkatan 2009.
Berikut ulasan tips n triknya:A.Pahami Aturannya Dulu
 
         1
Pada dasarnya ada sedikit perbedaan antara ujian SNMPTN (Seleksi NasionalMasuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan USM (Ujian Saringan Masuk) STAN.Kalau di SNMPTN, jika diperhatikan aturan pada saat menjawab soalnyaadalah kurang lebih seperti berikut ini:
 Jawaban benar bernilai 4 (empat), jawaban salah bernilai minus satu(-1), dan tidak menjawab bernilai nol (0)
Sedangkan di USM STAN, aturan pada saat menjawab soalnya adalah kuranglebih seperti berikut ini:
 Jawaban benar bernilai 4 (empat), jawaban salah bernilai minus satu(-1), dan tidak menjawab bernilai nol (0)Berlaku ketentuan nilai mati, yaitu jawaban benar minimal sepertiga(1/3) jumlah soal pada setiap bagian.
 Jadi untuk soal USM STAN terdapat tambahan aturan seperti di atas, nah
aturan inilah yang harus Anda pahami
, dan pemahaman
terhadap aturanini dapat juga saya kategorikan sebagai tips n trik lulus ujian STAN
.Kenapa begitu???!! Karena banyak sekali teman-teman yang daftar tidakmengerti terhadap aturan ini, jadi mereka salah strategi (inget di bacaan yangterdahulu), karena salah strategi dan kurangnya pemahaman itulah bisa-bisakita tidak lulus ujian deh. Bener nggak??!!Kalau Anda perhatikan di soal USM STAN yang Anda miliki, untuk bisa lulusUSM STAN Anda akan diberikan tiga jenis soal: (1) Tes Kemampuan Umum ada120 soal, (2) Tes Bahasa Indonesia ada 21 soal, dan (3) Tes Bahasa Inggris ada39 soal. Jika kita hubungkan dengan petunjuk soalnya (dapat juga dilihat di soal STANyang Anda miliki), dijelaskan bahwa
 jawaban benar adalah minimalsepertiga jumlah soal pada setiap bagian
. Itu artinya adalah untuk TesKemampuan Umum (TKU), Anda harus benar minimal 40 soal. Tes BahasaIndonesia (TBI), Anda harus benar minimal 7 soal. Tes Bahasa Inggris (TBG),Anda harus benar minimal 13 soal. Apakah Anda tahu apa arti dari aturantersebut???!! Kalau belum berikut artinya:
1.
 Jawaban Anda akan diproses/memiliki nilai jika pada setiap bagianyang diberikan tersebut Anda sudah benar minimal sepertiga dari jumlah soalnya
(aturan ini dapat dilihat dari soal STAN yang Anda miliki).
 
         1
Contoh kasus: TKU, jawaban benar Anda 100 soal. TBI, jawaban benarAnda 15 soal, tapi TBG Anda Cuma benar 12 soal. Itu artinya adalah, TKUdan TBI sudah memenuhi syarat sepertiga jawaban benar, tetapi TBG tidakmemenuhi syarat sepertiga jawaban benar. Kalau kasusnya seperti itu maka jawaban Anda,
walaupun jumlah jawaban benar Anda pada soal TKUdan TBI adalah banyak dan memenuhi syarat sepertiga jawabanbenar, lembar jawaban Anda tidak akan diproses, karena padabagian TBG Anda tidak memenuhi persyaratan sepertiga jawabanbenar.
Dan aturan ini banyak dari teman-teman yang daftar belummemahaminya. Jadi sekarang Anda harus paham dulu sebelum tes.2.Oleh sebab itu, Anda harus memberikan perhatian yang sama terhadap tigates yang akan diujikan. Sehingga pada saat Anda belajar, jangan sampaiAnda memfokuskan hanya pada satu tes saja, tapi ketiga-tiganya harus Andapelajari juga.3.Jangan sampai ada di dalam pikiran Anda, besok pada saat ujian Anda hanyaakan menjawab soal-soal TKU dan TBI saja, karena Anda merasa mahirdisana, dan proporsi soalnya cukup besar, sedangkan TBG Anda akankosongkan lembar jawabannya. Pikiran itu salah, karena bisa-bisa jawabanAnda tidak akan diproses karena tidak sesuai dengan petunjuk soal yangtelah ada.
4.
Intinya adalah, pada setiap bagian soal (TKU, TBI, atau TB), Andaharus/wajib benar minimal sepertiga dari jumlah soal tiap bagian,karena kalau tidak jawaban Anda tidak akan diproses. Dalamperaturannya apabila tidak memenuhi syarat sepertiga jawabanbenar, maka dalam bagian tersebut berlaku nilai mati.
5.
 Tentu saja walaupun aturannya seperti itu, Anda juga jangan sampai berfikirhanya akan menjawab sepertiga dari jumlah soal, dan Anda yakin itu benar.Memang kalau Anda berfikir seperti itu, dan hal tersebut terjadi, jawabanAnda akan diproses. Yang perlu diingat adalah Anda mempunyai pesaingyang sangat besar. Bisa jadi para pesaing Anda memiliki jawaban benar lebihbanyak daripada Anda, sehingga peluang Anda lulus semakin kecil. Jadi jawablah semaksimal mungkin, dan yakinkan bahwa Anda memiliki jawabanbenar lebih dari sepertiga jumlah soal dan jawaban benar Anda relatif banyak.
B.Pahami Soal yang Keluar
Seperti yang sudah saya utarakan di atas, bahwa soal yang diujikan untukbisa masuk di STAN dari zaman dulu pertamakali STAN berdiri sampai dengan

Activity (45)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Desthiy Chira liked this
Desthiy Chira liked this
Eka Putra liked this
jemi_paula liked this
bargez liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->