Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Konseling Lintas Budaya Pengertian Budaya dan Konseling Lintas Budaya

Makalah Konseling Lintas Budaya Pengertian Budaya dan Konseling Lintas Budaya

Ratings: (0)|Views: 1,445 |Likes:
Makalah BK-B 010 STAIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKA
Makalah BK-B 010 STAIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKA

More info:

Categories:Types, Presentations
Published by: Muhammad Hasby Jamil on Oct 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/13/2014

pdf

text

original

 
BAB IIPEMBAHASAN1.Pengertian Budaya dan Konseling Lintas Budaya
Definisi budaya ini “kabur”. Artinya tidak ada aturan yang bakudan cepat untuk menentukan sebuah budaya atau siapa-siapa yangtemasuk dalam budaya tersebut. Dalam pengertian ini budaya adalahsebuah konstruk sosiopsikologis , suatu kesamaan dalam sekelompok orang dalam fenomena psikologis seperti nilai, sikap, keyakinan, perilaku.
1
 Kultur dapat dipahami sebagai cara hidup seseorang atausekelompok orang.
2
Budaya atau kebudayaan (
culture
) meliputi tradisi, kebiasaan,nilai-nilai, norma, bahasa, keyakinan, dan berpikir yang telah terpoladalam suatu masyarakat dan diwariskan dari generasi kegenerasi sertamemberikan identitas pada komuniats pendukungnya. Secara singkat budaya juga bisa diartikan sebagai pandangan hidup sekelompok orangatau dalam rumusan yang lebih umum adalah “cara kita hidup sehari-hari seperti ini”, the way we are, yang diekspresikan dalam cara(sekelompok orang) berpikir, mempersepsi, menilai, dan bertindak.
3
 Lintas budaya adalah memahami keragaman budaya ang ada didunia sekaligus dampak budaya tersebut terhadap kelangsunganmasyarakat social dalam lingkup budaya tertentu. Terdapatnya perbedaan dalam latar belakang budaya biasa mengenal nilai-nilai,gaya hidup, keyakinan, perilaku dan lain sebagainya.Lintas budaya harus melingkupi pula seluruh bidang darikelompok-kelompok yang tertindas, bukan hanya orang kulit
1
David Matsumoto,
 Pengantar Psikologi Lintas Budaya,
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2004) h.5
2
John McLeod, pengantar onseling teori dan kasus (Jakarta, kencanapredana media grup: 2006) h. 274
3
 
Dedi Supriadi,
 Konseling Lintas Budaya Isu-Isu Dan Relevansinya Di Indonesia
,(Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2001) h.5
 
 berwarna, dikarenakan yang tertindas itu dapat berupa gender, kelas,agama, keterbelaangan, bahsa, orientasi seksual, dan usia.
4
Dalam mendefinisikan konseling lintas budaya, kita tidak dapatterlepas dari istilah konseling dan budaya. Dalam konseling ada 4elemen pokok: 1) adanya hubungan; 2) adanya dua individu atau lebih;3) adanya proses; 4) membantu individu dalam memecahkan masalahdan membuat keputusan.Dalam pengertian budaya ada tiga elemen: 1) merupakan produk  budidaya manusia; 2) menentukan ciri seseorang; 3) manusia tidak akan bisa dipisahkan dari budayanya.Konseling lintas budaya (
cross cultural counseling, counseling across cultures
) adalah konseling yang melibatkan konselor dan klienyang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda , dan karena itu proses konseling yang sangat rawan oleh terjadinya bias-bias budaya(kultural blasas pada pihak konselor yang mengakibatkan konselingtidak berjalan efektif.
5
Menurut Mamat supriana konseling lintas budaya adalah berbagaihubungan konseling yang melibatkan para peserta yang berbeda etnik atau kelompok-kelompok minoritas, atau hubungan konseling yangmelibatan konselor dan klien yang secara rasial dan etnik sama, tetapimemiliki perbedaan budaya yang dikarenakan variabel-variabel lainseperti seks, orientasi seksual, factor sosio ekonomik, dan usia.
6
Dari uraian di atas dapat dipahami bahwa konseling lintas budayaadalah hubungan konseling yang terjadi antara konselor dan klienyang memiliki latar belakang yang berbeda dari segi nilai, budaya dangaya hidup.
2.Pentingnya Konseling Lintas Budaya
4
 
Mamat Supriana,
 Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi
, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2011) h. 168
 
5
Dedi Supriadi
 , Konseling 
,… h.6
6
 
Mamat,
 Bimbingan,
… h.168
 
Dalam konseling lintas budaya terlibat konselor dan klien yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda, dan karena itu proseskonseling sangat rawan oleh terjadinya bias-bias budaya pada pihak konselor yang mengakibatkan konseling tidak berjalan efektif. Agar  berjalan efektif , maka konselor dituntut untuk memiliki kepekaan budaya dan melepaskan diri dari bias-bias budaya, dan memilikiketerampilan-keterampilan yang responsive, secara kultural.Konseling lintas budaya akan dapat terjadi jika antara konselor danklien memiliki perbedaan. Antara konselor dan klien pasti mempunyai perbedaan budaya yang sangat mendasar. Perbedaan itu biasanyamengenai nilai-nilai, keyakinan, perilaku, dan lain sebagainya.Perbedaan ini muncul karena antara konselor dan klien berasal dari budaya yang berbeda. Konseling lintas budaya akan dapat terjadi jikakonselor kulit putih memberikan layanan konseling kepada klien kulithitam atau konselor orang Batak memberikan layanan kepada orangyang berasal dari Ambon.Layanan konseling lintas budaya tidak saja terjadi pada mereka berasal dari dua suku bangsa yang berbeda. Tetapi layanan konselingini dapat pula muncul pada suatu suku bangsa yang sama. Sebagaicontoh, konselor yang berasal dari jawa Timur memberikan layanankonseling pada klien yang berasal dari Jawa Tengah, mereka sama-sama berasal dari suku atau etnis Jawa. Namun yang perlu diingat, bahwa ada perbedaan mendasar antara orang Jawa Timur dengan orangJawa tengah. Mungkin orang Jwa imur terlihhat aga kasar sedangkanorang Jawa Tengah lebih halus.Konselor perlu menyadari akan nilai-nilai yang berlaku secaraumum. Kesadaran akan nilai-nilai yang berlaku bagi dirinya danmasyarakat pada umumnya akan membuat konselor mempunyai pandangan yang sama tentang sesuatu hal. Persamaan pandangan atau

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->