Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
403Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pedoman Penyelenggaraan K3 RS

Pedoman Penyelenggaraan K3 RS

Ratings:

3.67

(6)
|Views: 56,383|Likes:
Published by Hari Mukti
tulisan ini dapat membantu memberikan gambaran dalam memanaje Keselamatan Kerja, Kebakaran dan Kewaspadaan Bencana (K3) di rumah sakit.
tulisan ini dapat membantu memberikan gambaran dalam memanaje Keselamatan Kerja, Kebakaran dan Kewaspadaan Bencana (K3) di rumah sakit.

More info:

Published by: Hari Mukti on Jul 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2014

pdf

text

original

 
PEDOMANPENYELENGGARAAN K3DIRUMAH SAKITHARI MUKTI U
 
BAB IPENDAHULUAN
 
A. LATAR BELAKANG
Berdirinya sebuah rumah sakit dilengkapi dengan bermacam-macam peralatan yang memerlukan perawatan atau pemeliharaan sedemikian rupa untuk menjaga keselamatan, kesehatan, mencegahkebakaran dan persiapan penanggulangan bencana.Keselamatan Kerja diterapkan di lingkungan kerja yang mana didalamnya terdapat aspek manusia, alat, mesin, lingkungan dan bahaya kerja.Upaya Keselamatan Kerja merupakan upaya meminimalkan pencegahan terjadinya PenyakitAkibat Kerja (PAK) dan Kecelakaan Akibat Kerja (KAK) melalui upaya promotif, prefentif, penyerasian antara beban kerja, kapasitas kerja dan lingkungan sehingga setiap pekerja dapat bekerja selamat dan sehat, tanpa membahayakan dirinya sendiri maupun masyarakat atau orang laindisekelilingnya dan tercapai produktivitas kerja yang optimal. Upaya tersebut dilaksanakan secaramenyeluruh untuk meningkatkan derajat kesehatan dan produktifitas pekerja rumah sakit.
B. MAKSUD dan TUJUAN
 
1. Maksud
Sebagai petunjuk semua unit kerja di Rumah Sakit, khususnya unit kerja yang mempunyairesiko bahaya keselamatan dan kesehatan kerja dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan agar diperoleh satu dasar, satu pengertian dan pemahaman tata cara pelaksanaan yang benar.
2. Tujuan
Agar dapat dipergunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan upaya kesehatan dankeselamatan kerja secara baik dan benar sehingga tercapai :a. Kesehatan dan Keselamatan pekerja selama bertugas b. Kegiatan rumah sakit berjalan lancar tanpa adanya hambatanc. Tingkat produktifitas yang optimal
 
C. FALSAFAH
Keselamatan Kerja, Kebakaran dan Kewaspadaan Bencana (K3) di rumah sakit, adalah suatu upaya pengelolaan resiko di lingkungan kerja untuk meminimalkan dampak tempat kerja sehingga terciptalingkungan kerja yang aman dan sehat. 
D. PENGARTIAN
Dalam Pedoman ini ada beberapa pengertian yang mesti diketahui antara lain :1.Tempat kerja, adalah :Tempat tiap ruangan atau lapangan, tertutup atau terbuka, bergerak atau tetap dimanakaryawan atau yang sering dimasuki karyawan untuk melaksanakan tugas.2. Karyawan, adalah :Tiap orang yang mampu melakukan pekerjaan baik didalam maupun diluar hubungan kerja, untuk menghasilkan jasa pelayanan kesehatan kepada masyarakat.3. Kesehatan & keselamatan kerja, adalah :K3 merupakan suatu upaya untuk menekan atau mengurangi resiko kecelakaan atau penyakit kerja yang pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan antara kesehatan &keselamatan.4. Upaya kesehatan adalah :Upaya penyerasian antara kapasitas kerja, beban kerja dan lingkungan kerja agar setiapkerja karyawan dapat bekerja secara sehat tanpa membahayakan diri sendiri maupunmasyarakat disekelilingnya.5. Keselamatan kerja, adalah :Keselamatan yang berhubungan dengan alat kerja, bahan & proses pengolahannya, tempatkerja & lingkungannya serta cara-cara melakukan pekerjaan.6. Kecelakaan kerja, adalah :Kejadian yang tidak terduga & tidak diharapkan, karena peristiwa tersebut tidak terdapatunsur kesengajaan, lebih-lebih dalam bentuk perencanaan dan tidak diharapkan karena peristiwa kecelakaan disertai kerugian material maupun penderitaan dari yang paling ringansampai kepada yang paling berat.

Activity (403)

You've already reviewed this. Edit your review.
izamnur liked this
Rini Fitria liked this
Feetre Ceezh liked this
kikyofrea liked this
kikyofrea liked this
Nur Qalby Abhy liked this
Vira Cahyani liked this
umibudhex liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->