Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
44Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
geometrik

geometrik

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 1,949 |Likes:
Published by taufiktokada

More info:

Published by: taufiktokada on Jul 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Umum
Perencanaan geometrik jalan merupakan salah satu bagian dariperencanaan jalan, yang dititik beratkan pada bentuk fisik. Dengan perencananyang optimal, diharapkan jalan akan mampu melaksanakan fungsinya, yaitumelayani arus lalu lintas dengan ptimal pula.Perencanaan geometrik dilakukan agar jalan yang dibangun dapatmemenuhi pertimbangan-pertimbangan berikut :
Keamanan pemakai jalan
Pelayanan lalu lintas yang efisien
Maksimalisasi ratio tingkat penggunaan/biaya pelaksanaanGeometrik jalan dapat dikatakan baik, jka bisa memberikan rasa aman dannyamanpada penguna jalan tersebut.Perencanaan desain geometrik jalan yang baik sangat penting, sehinggasemua kriteria di atas dapat dipenuhi. Sebagai sarana untuk dapatmempraktekkan desain perencanaan geometrik jalan ini,laporan tugas inidisusun. Dengan batasan-batasan dan lokasi yang telah ditentukan sebelumnya.
1.2Tujuan
Perencanaan desain geometrik jalan pada laporan ini, merupakanpemenuhan salah satu syarat perkuliahan perencanaan geometrik jalan. Dengandemikian, tujuan dari penyusunan laporan tugas in, dapat dinyatakan sebagaiberikut :
Memperdalam pemahaman tentang perencanaan desain geometrik jalan
Sebagai sarana pengaplikasian pemahaman perencanaan geometrik jalan
Mampu mengaplikasikan pada peta kontur sebagai lokasi dan kondisi lalulintas tertentu, yang telah ditetapkan dengan memenuhi semuapersyaratan perencanaan geometrik jalan
Mampu merencanakan detail desain geometrik jalan raya1.3
Ruang lingkup
Rueng lingkup perencanaan geometrik jalanyang disusun dalam laporanini sebagai berikut :1. perencanaan geometrik jalan dibatasi pada koridor yang telah ditentukan,dengan memperhatikan arus lalu lintas yang telah ditentukan.2.Perencanaan penampang melintang berdasakan jumlah arus lalu lintasdan kompsisi lalu lintas yang telah ditentukan.3.Fungsi jalan adalah jalan arteri luar kota.4.Jumlah tikungan minimun yang disyaratkan adalah dua tikungan5.Perencanaan meliputi :
Alinyemen horizontal
Alinyemen vertikal
Koordinasi alinyemen horizontal dan vertikal
Statoning jaln
Drainase jalan
 
Galian dan timbunan, beserta
mass haul diagram
Pengecekan jarak pandang dan perambuan setiap 50 meter
BAB IISTUDI PUSTAKA2.1Umum
Dasar perencanaan geometrik adalah sifat gerakan dan ukurankendaraan, sifat pengemudi dalam mengendalikan gerak kendaraanya, dankarakteristik lalu lintas. Hal-hal ini merupakan hal yang mutlak diperhatikan olehperencana, sehingga jalan yang dibuat memiliki bentuk dan ukuran sedemikianrupa, sehingga memenuhi tingkat kenyamana dan keamanan.Elemen-elemen perencanaan geometrik jalan adalah :
Alinyemen horizontal/trase jalanPerencanaan ini dititik beratkan pada perencanaan sumbu jalan, apakah jala tersebut lurus, belok kekiri, atau ke kanan,denganmempertimbangkan pengoperasian lalu lintas dan keamanan. Keamananditinjau dari jarak pandangan dan sifat mengemudikan kendaraanditikungan.
Alinyemen vertikal/penampang memanjang jalanPerencanaan ini mempertimbangkan kndisi medan denganmemperhatikan sifat operasi kendaraan, keamanan, jarak pandangan, danfungsi jalan. Hal lain yang juga diperhatikan dan tak kalah pentingnyaadalah pekerjan tanah akibat galian dan timbunan yang harus dilakukan. Yang tampak pada perencanaan vertikal ini adalah apakah jalan tersebutrata, mendaki, atau menurun.
Penampang melintang jalanBagian ini merencanakan antaralain lebar dan jumlah jalur,median (jikaada), drainase permukaan, kelandaian lereng tepi galian dan timbunan,serta pelengkap jalan (road furniture lainnya).
Perencanan lainnya Yaitu koordinasi antara alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal untukmemberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan danenomoran jalan (stationing) untuk mempermudah pengenalan lokasi.
2.2Kriteria Perencanaan2.2.1.kendaran Rencana
 Yang dimaksuddenga kendaraan rencana adalah kendaraan yang dimensidan rasdius putarnya dipakai sebagai acuan dalam perencanan desaingeometrik jalan.Berdasarkan pada kedua kriteria tersebut maka kendaraan rencana dapatdikelompokkan sebagai berikut :
Kendaran kecil, kendaraan kelompok ini diwakili oleh mobil penumpang.
Kendaraan sedang, diwakili oleh truck 3 as tandem atau oleh bus besar 2as
Kendaraan besar, yang diwakili oleh truck semi trailer
 
2.2.2.Satuan Mobil PenumpangSatuan mobil penumpang atau yang lebih dikenal dengan SMP, adalahangka satuan kendaraandalam hal kapasitas jalan. Dimana mobilpenumpang ditetapkan memiliki satu SMP. Sementara utuk kendaraandalam kelompok lainnya, nilai SMP mengacu pada mobil penumpang, dalahal pengaruh yang diberikan pada arus lalu lintas yang dilewatinya. Nilaiini bersifat empiris, dan untuk indonesia telah ditetapkan bagi jeniskendaraan dan kondisi medan seperti pada tabel 2.1 berikut :
TABEL 2.1 Ekivalen Mobil PenumpangNoJenis kendaraanDatar /PerbukitanPegunungan1Sedan, jeep, stationwagon1.01.02Pick-up, Bus kecil, Truckecil1.2 - 2.41.9 3.53Bus dan Truck besar1.2 -5.02.2 6.02.2.3.Volume Lalu lintas rencana
 Yang dimaksud dengan lalu lintas rencana (VLHR) adalah perkiraanvolume harian pada akhir tahun rencana lalu lintas. Satuan yang digunakanadalah SMP/hari. Sementara volume jam rencana (VJR) adalah besar volume lalulintas yang diperkirakan pada jam sibuk di tahun rencana lalu lintas. Satuan yangdigunakan adalah SMP/jam.Nilai VJR dapat ditentukan dengan persamaan :
 
VJR = VLHR x K/F
Dimana :K = faktor K, yaitu faktor volume lalu lintas jam sibukF = faktor F, yaitu faktor variasi tingkat lalu lintas per-seperempat jamdalam satu jamNilai VJR ini digunakan untuk keperlua menghitung jumlah lajur jalan danfasilitas jalan lainnya yang diperlukan. Sementara nilai-nilai faktor K dan faktor Fdapat dilihat pada tabel 2.2 berikut :
TABEL 2.2 Penentuan faktor K dan faktor F berdasarkan VolumeLalu lintas Harian Rata-rataVLHRFaktor K (%)Faktor F (%)>50.0004 - 60.9 - 130.000 - 50.0006 - 80.8 - 110.000 - 30.0006 - 80.8 - 15.000 - 10.0008 - 100.6 - 0.81.000 5.00010 120.6 0.8<1.00012 16<0.6

Activity (44)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Elang Karet liked this
Redol Sianturi liked this
Davey Jones liked this
adji liked this
Adie_Besboy_6665 liked this
bambangsst liked this
PaneSitorus liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->