Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
45Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ad Art

Ad Art

Ratings: (0)|Views: 2,831 |Likes:
Published by landungsari

More info:

Published by: landungsari on Jul 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2013

pdf

text

original

 
ANGGARAN DASAR (AD)BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes)DESA LANDUNGSARI KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANGPENDAHULUAN
Organisasi ekonomi perdesaan menjadi bagian penting sekaligus masihmenjadi titik lemah dalam rangka mendukung penguatan ekonomiperdesaan. Oleh karenanya diperlukan upaya sistematis untuk mendorongorganisasi ini agar mampu mengelola aset ekonomi strategis di desasekaligus mengembangkan jaringan ekonomi demi meningkatkan daya saingekonomi perdesaan. Dalam konteks demikian, BUMDes pada dasarnyamerupakan bentuk konsolidasi atau penguatan terhadap lembaga-lembagaekonomi desa. Beberapa agenda yang bisa dilakukan antara lain: (i)pengembangan kemampuan SDM sehingga mampu memberikan nilai tambahdalam pengelolaan aset ekonomi desa, (ii) mengintegrasikan produk-produkekonomi perdesaan sehingga memiliki posisi nilai tawar baik dalam jaringanpasar, (iii) mewujudkan skala ekonomi kompetitif terhadap usaha ekonomiyang dikembangkan, (iv) menguatkan kelembagaan ekonomi desa, (v)mengembangkan unsur pendukung seperti perkreditan mikro, informasipasar, dukungan teknologi dan manajemen, prasarana ekonomi dan jaringankomunikasi maupun dukungan pembinaan dan regulasi.BUMDes merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal denganberbagai ragam jenis potensi. Pendayagunaan potensi ini terutama bertujuanuntuk peningkatan kesejahteran ekonomi warga desa melalui pengembanganusaha ekonomi mereka. Disamping itu, keberadaan BUMDes jugamemberikan sumbangan bagi peningkatan sumber pendapatan asli desayang memungkinkan desa mampu melaksanakan pembangunan danpeningkatan kesejahteraan rakyat secara optimal.Bahwa dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2005tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentangPemerintah Daerah, sebagaimana diamanatkan dalam Bab VII bagian kelimayang menyatakan Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha MilikDesa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa dengan harapan dapatmeningkatkan pendapatan masyarakat dan desa. Sebagai tindak lanjut daripelaksanaan pendirian BUMDes, maka berdasarkan Pasal 78 PP 72 Tahun2005 Tentang Desa, Bahwa Pemerintah Kabupaten Malang Nomor 20 Tahun2006 menetapkan tentang Badan Usaha Milik Desa, maka disusunlahBUMDes dengan anggaran dasar sebagai berikut :
BAB INAMA, WAKTU DAN KEDUDUKANPasal 1
(1). Badan ini bernama Badan Usaha Milik Desa Landungsari disingkat(BUMDes) Landungsari(2). BUMDes ini didirikan pada tanggal ……………. untuk waktu yang tidakterbatas.(3). BUMDes ini berkedudukan di Desa Landungsari Kecamatan DauKabupaten Malang.
 
BAB IIA S A SPasal 2
BUMDes ini berasaskan Pancasila
BAB IIIBENTUK DAN SIFATPasal 3
BUMDes ini berbentuk badan usaha yang merupakan bagian dariPemerintahan Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang.
Pasal 4
BUMDes ini bersifat menyelenggarakan kemanfaatan umum danmengembangkan perekonomian desa yang menguntungkan.
BAB IVTUJUANPasal 5
BUMDes ini bertujuan
menguatkan pengelolaan keuangan dan ekonomidesa sehingga mendukung kemampuan pemerintahan desa dalammelaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepadamasyarakat secara optimal
BAB VUSAHAPasal 6
(1)Jenis usaha BUMDES meliputi usaha-usaha antara lain :a.Pelayanan jasa yang meliputi : simpan-pinjam, pengkreditan dll;
 b.
Perdagangan sarana dan hasil pertanian, yang meliputi hasilbumi, pertanian tanaman pangan, perkebunan, peternakan,perikanan, agrobisnis dan hulticultura;c.Indutri kecil dan kerajinan rakyatd.Kegiatan perekonomian lainnya yang dibutuhkan oleh wargadesa dan mampu meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat.(2)Pengembangan usaha BUMDES dapat dikembangkan sesuai denganpotensi dan kemampuan yang ada.
BAB VIKEANGGOTAANPasal 7
Anggota BUMDes adalah
Penduduk desa Landungsari yang mempunyai jiwa wirausaha, bertempat tinggal dan menetap di desa sekurang-
 
kurangnya 2 (dua) tahun dan berkepribadian baik, jujur, adil, cakap,berwibawa, penuh pengabdian terhadap perekonomian desa.
BAB VIISTRUKTUR ORGANISASIPasal 8
(1)
Organisasi BUMDes berada di luar struktur organisasi PemerintahanDesa
(2)
Susunan organisasi BUMDes terdiri dari :a.Badan Pengawasb.Pengurusc.Badan Pemeriksa
(3)
Kebijakan untuk pengembangan kegiatan usaha dari BUMDesditetapkan oleh rapat umum Badan Pengawas dan dilaksanakanoleh Pengurus.
BAB VIIIPERMODALANPasal 9
Keuangan dan harta benda BUMDES diperoleh dari :
(1)
Kekayaan desa atau bantuan kekayaan desa yang dipisahkan dariAPBDes;
(2)
Bantuan dari APBD Kabupaten
(3)
Bantuan dari APBD Propinsi
(4)
Bantuan APBN
(5)
Kerjasama dengan pihak swasta / pihak ketiga.
(6)
Hasil usaha
BAB IXPERUBAHAN ANGGARAN DASARPaasal 10
Anggaran Dasar (AD) ini hanya dapat dirubah oleh musyawarahBUMDes.
BAB XKETENTUAN LAIN LAINPasal 11
Hal-hal yang belum ditentukan dalam Anggaran Dasar (AD) ini, diaturdalam Anggaran Rumah Tangga (ART).

Activity (45)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
fuadchoirulanam liked this
kastux liked this
Uus Rusmana Sutisna added this note
Tanks.
Agam Tresna added this note
SIIP LAH
Priyo Topan liked this
大阎王 liked this
Langoday ITo liked this
Fauzy Al Farisi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->