Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1.4KActivity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pengertian komunikasi

pengertian komunikasi

Ratings:

3.0

(2)
|Views: 186,780 |Likes:
Published by margareth Datang

More info:

Published by: margareth Datang on Jul 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/27/2013

pdf

text

original

 
KOMUNIKASIDEFINISI
Istilah komunikasi berasal dari kata Latin
Communicare atau Communis
 
yang berarti sama ataumenjadikan milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan orang lain, berarti kita berusaha agar apa yang disampaikan kepada orang lain tersebut menjadi miliknya.Beberapa definisi komunikasi adalah:1.Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti/makna yang perludipahami bersama oleh pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi (Astrid).2.Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan (Roben.J.G).3.Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain(Davis, 1981).4.Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)5.Komunikasi adalah penyampaian dan memahami pesan dari satu orang kepada orang lain,komunikasi merupakan proses sosial (Modul PRT, Lembaga Administrasi).
TUJUAN KOMUNIKASI
Hewitt (1981), menjabarkan tujuan penggunaan proses komunikasi secara spesifik sebagai berikut:1. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu2. Mempengaruhi perilaku seseorang3. Mengungkapkan perasaan4. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain5. Berhubungan dengan orang lain6. Menyelesaian sebuah masalah7. Mencapai sebuah tujuan8. Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik 9. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain
 
PROSES KOMUNIKASI
Komunikasi merupakan suatu proses yang mempunyai komponen dasar sebagai berikut :
 Pengirim pesan , penerima pesan dan pesan
Semua fungsi manajer melibatkan proses komunikasi. Proses komunikasi dapat dilihat pada skemadibawah ini :Diagram 1 : Proses Komunikasi
1.Pengirim pesan (sender) dan isi pesan/mater
Pengirim pesan adalah orang yang mempunyai ide untuk disampaikan kepada seseorang denganharapan dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya.Pesan adalah informasi yang akan disampaikan atau diekspresikan oleh pengirim pesan. Pesandapat verbal atau non verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas.Materi pesan dapat berupa :a.Informasi b.Ajakanc.Rencana kerjad.Pertanyaan dan sebagainyaGangguanGangguanBalikanPengirimPesanPenerimaPesanSimbol/IsyaratMengartikanKode/PesanMedia(Saluran)
 
2.Simbol/ isyara
 
Pada tahap ini pengirim pesan membuat kode atau simbol sehingga pesannya dapat dipahamioleh orang lain. Biasanya seorang manajer menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata,gerakan anggota badan, (tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan penyampaian pesan adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap, perilaku atau menunjukkan arahtertentu.
3.Media/penghubung 
Adalah alat untuk penyampaian pesan seperti ; TV, radio surat kabar, papan pengumuman,telepon dan lainnya. Pemilihan media ini dapat dipengaruhi oleh isi pesan yang akandisampaikan, jumlah penerima pesan, situasi dsb.
4.Mengartikan kode/isyara
Setelah pesan diterima melalui indera (telinga, mata dan seterusnya) maka si penerima pesanharus dapat mengartikan simbul/kode dari pesan tersebut, sehingga dapat dimengerti/dipahaminya.
5.Penerima pesan
Penerima pesan adalah orang yang dapat memahami pesan dari sipengirim meskipun dalam bentuk code/isyarat tanpa mengurangi arti pesan yang dimaksud oleh pengirim
6.Balikan (feedback)
Balikan adalah isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak  pesannya terhadap sipenerima pesan Hal ini penting bagi manajer atau pengirim pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat. Balikandapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang bukan penerima pesan. Balikanyang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya merupakan balikan langsung yangmengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan itu akandilaksanakan atau tidak Balikan yang diberikan oleh orang lain didapat dari pengamatan pemberi balikan terhadap perilaku maupun ucapan penerima pesan. Pemberi balikan menggambarkan perilaku penerima pesan sebagai reaksi dari pesan yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk memberikaninformasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk menumbuhkankepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan, juga balikan dapat memperjelas persepsi.

Activity (1,412)

You've already reviewed this. Edit your review.
sayangnino added this note
bermanfaat sekali, tp sayangnya ndak bisa di dowload scr free.... :)
Azura Awang liked this
de gabh tduksrwpukt hsngadb ewpuerdknhsua terg ndhlku trp dhsyta
wong_wei_2 liked this
Ijan Naji liked this
aal liked this
Aulia Fadhilah added this note
mengapa kontak tanpa komunikasi tidak berarti apa-apa ?
Ciknur Rusli liked this
Jen Kelana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->