Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ekologi Tumbuhan Gulma

Ekologi Tumbuhan Gulma

Ratings: (0)|Views: 15 |Likes:
Published by Redho Akbar Rineldy
teori
teori

More info:

Published by: Redho Akbar Rineldy on Oct 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2014

pdf

text

original

 
 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
A.
 
LATAR BELAKANG
 Di kawasan tropis seperti Indonesia, seperti iklim sangat mendukung pertumbuhandan produksi tanaman perkebunan, misalnya kelapa sawit, karet, kakao, dan lain-lain. Di sisilain kondisi iklim tersebut juga mendukung perkembangbiakan berbagai jasad penggangguyang merugikan tanaman, termasuk gula. Sangat banyak defenisi yang diberikan terhadaptumbuhan pengganggu yang biasa disebut gulma, misalnya Mueller (1983) mendefenisikangulma sebagai tumbuhan pengganggu atau tumbuhan yang tidak berguna bahkan memberikankerugian terhadap jenis tanaman budidaya (peliharaan). Defensi lain dikemukan oleh Beal bahwa gulma is any plant out of place (tumbuhan yang salah tempat).Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertaniankarena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi. Batasan gulma bersifatteknis dan plastis.
Teknis
, karena berkait dengan proses produksi suatu tanaman pertanian.Keberadaan gulma menurunkan hasil karena mengganggu pertumbuhan tanaman produksimelalui kompetisi.
 Plastis
, karena batasan ini tidak mengikat suatuspesies tumbuhan. Pada tingkat tertentu, tanaman berguna dapat menjadi gulma. Sebaliknya, tumbuhan yang biasanyadianggap gulma dapat pula dianggap tidak mengganggu.Berdasarkan hal tersebut di atas sehingga praktikum ini dilaksanakan sebagai salahsatu alternatif untuk dapat mengetahui berbagai jenis gulma dengan cara pengamatan secaralangsung dan membandingkannya dengan teori yang telah ada sebelumnya.
 
 
B.
 
TUJUAN
 Adapun tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui jumlah gulam yangterdapat pada suatu area secara sistematis.
BAB II
 
TINJAUAN PUSTAKA
 Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertaniankarena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi. Batasan gulma bersifatteknis dan plastis.
Teknis
, karena berkait dengan proses produksi suatu tanaman pertanian.Keberadaan gulma menurunkan hasil karena mengganggu pertumbuhan tanaman produksimelalui kompetisi.
 Plastis
, karena batasan ini tidak mengikat suatuspesiestumbuhan. Padatingkat tertentu, tanaman berguna dapat menjadi gulma. Sebaliknya, tumbuhan yang biasanyadianggap gulma dapat pula dianggap tidak mengganggu. Contoh,kedelaiyang tumbuh disela-sela pertanamanmonokultur jagungdapat dianggap sebagai gulma, namun pada sistem tumpang sarikeduanya merupakan tanaman utama. Meskipun demikian, beberapa jenistumbuhan dikenal sebagai gulma utama, sepertitekidanalang-alang.Ilmu yang mempelajari gulma, perilakunya, dan pengendaliannya dikenal sebagaiilmu gulma[1]. 
 
 Biasanya orang membedakan gulma ke dalam tiga kelompok:a.
 
Gulma teki-tekianKelompok ini memiliki daya tahan luar biasa terhadap pengendalian mekanik karenamemilikiumbi batangdi dalam tanah yang mampu bertahan berbulan-bulan. Selain itu, gulmaini menjalankan jalur fotosintesisC4yang menjadikannya sangat efisien dalam 'menguasai' areal pertanian secara cepat. Ciri-cirinya adalah penampang lintang batang berbentuk segi tigamembulat, dan tidak berongga, memiliki daun yang berurutan sepanjang batang dalam tiga baris, tidak memilikilidah daun,dan titik tumbuh tersembunyi. Kelompok ini mencakupsemua anggotaCyperaceae(suku teki-tekian) yang menjadi gulma. Contoh:teki ladang (
Cyperus rotundus
),udelan(
Cyperus kyllinga
), dan
Scirpus moritimus
. b.
 
Gulma rumput-rumputanGulma dalam kelompok ini berdaun sempit seperti teki-tekian tetapi memilikistolon,alih-alihumbi. Stolon ini di dalam tanah membentuk jaringan rumit yang sulit diatasi secara mekanik.Contoh gulma kelompok ini adalahalang-alang(
 Imperata cylindrica
).c.
 
Gulma daun lebar Berbagai macam gulma dari anggotaDicotyledoneaetermasuk dalam kelompok ini. Gulmaini biasanya tumbuh pada akhir masa budidaya. Kompetisi terhadap tanaman utama berupakompetisi cahaya. Daun dibentuk padameristem pucuk dan sangat sensitif terhadapkemikalia. Terdapatstomata pada daun terutama pada permukaan bawah, lebih banyak dijumpai. Terdapat tunas-tunas padanodusa,serta titik tumbuh terletak di cabang. Contohgulma iniceplukan(
 Physalis angulata
L.),wedusan(
 Ageratum conyzoides
 Mikania michranta
), danputri malu(
 Mimosa pudica
)[2]. 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->