Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Resume Kajian Mushaf Al-quran Indonesia PDF

Resume Kajian Mushaf Al-quran Indonesia PDF

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 502|Likes:
Published by RulHas SulTra

More info:

Published by: RulHas SulTra on Oct 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2014

pdf

text

original

 
KAJIANMUSHAFAL-QURANDI INDONESIA
Dosen Pembimbing:
 Ali Akbar, M.Hum
Hasrul
[NPM : 10.31 0264]
INSTITUT PERGURUANTINGGI ILMU AL-QURANJAKARTAFAKULTASUSHULUDDIN TAFSIR HADISTAHUN AKADEMIK 2012-2013
 
Pendahuluan
|
Kajian Mushaf al-Quran di Indonesia 
2
Fakultas Ushuluddin VIIPTIQ Jakarta
BAB IPENDAHULUAN
Mushaf al-Quranmerupakan naskah yang paling banyak disalin oleh masyarakatIndonesia sejak zaman dahulu. Kajianinimemperoleh perhatian istimewa karena banyak dihias dengan beragam corakhiasan. Dalam berbagai penelitian naskah al-Quran khususnyadi Asia Tenggara, Indonesia menjadi gudang naskah mushaf yang paling banyak, baik yangdimiliki oleh perorangan, museum perpustakaan, masjid, maupun pesantren. Inventarisasi danpenelitian mengenai mushaf yang di lakukan oleh Puslitbang Lektur Keagamaan di berbagaidaerah pada tahun 2003 hingga 2005 membuktikan hal tersebut.
1
Mushafdapat dipahami sebagaisalinan al-Quran secara keseluruhan yang mencakupteks (nash) al-Quran, iluminasi (hiasan sekitar teks) maupun aspek fisik yang lainseperti jenis kertas dan tinta, ukuran naskah, jenis sampul, penjilidan dan lain-lain. Keseluruhanaspekfisikmushafperlu di teliti secara terperinci. Di samping itu, aspek historis juga dikajiuntuk mendapatkan gambaran historis perkembangan penulisan mushaf di Indonesia.
2
Fenomena kajian mushaf menarik banyak kalangan karena keunikannya dan aspek kesejarahannya yang menarik untuk dikaji. Hal ini tidak dapat dipungkiri sebab beragammushaf yang kita temukan khususnya mushaf kuno terdiri dari berbagaicorakyang dilatarbelakangi oleh aspek sosial tempat penulisannya.Hasil penelitian naskah al-Quran menunjukkan bahwa penyalinan mushaf dilakukanoleh berbagai lapisan masyarakat Islam, baik para penyalin professional,santri maupun paraulama. Bahkan para raja dan elite penguasa menjadi penyokong utama dalam tradisi tersebut.Seiring perkembangan zaman, tradisi penulisan al-Qurandalam bentuk manuskrip (tulistangan)mulai mengambil langkah baru dengan munculnya berbagai tawaran baru dalampenyalinan mushaf, diantaranyalitografi (cetak batu), hipografi (cetak logam) hingga cetakanmodern. Kagiatan tersebut mengambil perhatian sejumlah kalangan seiring meningkatnyakebutuhanmasyarakat terhadapmushaf.Bersamaan dengan itu, dibentuklah LajnahPentashih Mushaf al-Qurandalam rangka memelihara kemurnian, kesucian dan kemulian al-Quran. Lembaga ini secara kelembagaan dibentuk pada 1 oktober 1959 berdasarkanPeraturan Menteri Muda Agama No. 11 Tahun 1959 dan sejak tahun2007 bernama LajnahPentashihan Mushaf al-Quran.
3
Untuk memperlancar tugas pentashihan yang dilakukan oleh Lajnah, terbit SKMenteri Agama Nomor 25 tahun 1984 tentang penetapan mushaf standar. Ada tiga jenismushaf standar yang secara resmi menjadi pedoman kerja bagi lajnah dan secara resmi dapatdi diterbitkan dan di edarkandi Indonesia, yaitu mushaf al-Quranrasmusmani,mushaf bahriyyah dan mushaf braille.Sekilas inilah yang menjadikajiantulisanmengenai kajianmushaf al-Quran nusantara secara spesifik dan mushaf al-Quran dunia Islam secara umum.Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, Amin !!!
1
Ali Akbar,
 Khasanah Mushaf Kuno di Indonesia dalam “Mushaf al 
-Quran di Indonesia dari Masa ke
 Masa”
(Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Quran, 2011), hal. 10
2
Departemen Agama RI,
 Mushaf-mushaf Kuno di Indonesia
(Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan,2005), cet.I, hal. XIw
3
Ali Akbar,
 Dari Mushaf 
‘ 
 Bombay
’ 
ke Mushaf 
‘ 
Kontemporer 
dalam “Mushaf al 
-Quran di Indonesia
dari Masa ke Masa”
, hal. 28
 
[MushafDunia Islam]
|
Kajian Mushaf al-Quran di Indonesia 
3
RESUME by HASRUL [MAHASISWA PTIQ JAKARTA]
BAB IMUSHAFDUNIA ISLAMA.DESKRIPSI UMUM PEMBAHASAN
Penyebaran mushaf ke beberapa wilayah Islam sudah dimulai sejak pertama kalinyaal-Quran dikodifikasikan, yakni pada masa kekhalifaanUsman bin Affan yang biasa disebutsebagai mushaf Imam. Penulisannya yang belum menggunakan medium kertas dan tinta yangtahan lama pun mengakibatkan mushaf tersebut tidak dapat kita jumpai lagi sekarang. Dalamperihal kelestarian mushaf kuno pada masa kini banyak media khusus yang mengabarkanakan keberadaan beberapa mushaf kuno yang berasal dari berbagai negeri di dunia Islam.Kajianbeberpa karakteristik singkat tentang mushaf-mushafdunia Islamyangdipublikasikan oleh Collin F. Baker yang mencakupmanuskrip dan mushaf yang berasal dariwilayah Mamluk (Mesir), Iraq (Persia),Turki, Afghanistan, India, Maghrib (Maroko),AfrikaBarat, Granada (Spanyol) dan Cina. Selaian itu terdapat pula beberapa mushaf abad ke-5hingga abad ke-11 H, koleksi perpustakaan al-Quran Raja Fahd, Madinah. Adapun dalamresume kali ini, hanya mencakup mushaf Timur Tengah, mushaf Mamluk (Mesir), mushaf Iraq (Persia) dan mushafAsia TengahUntuk kepentingan umat Islam di Indonesia, Mushaf al-
Qur’an Rasm Utsmani dan
Mushaf al-
Qur’an “Bahriyah” kemudian ditulis oleh putra Indonesia. Mushaf dengan rasmutsmani oleh khatthat Ustdz Muhammad Syadzali Sa’ad, dan mushaf “Bahriyah” ditulis oleh
Ustadz Abdur Razaq Muhili, tahun 1984-1989. Sedangkan mushaf Bralille diterbitkan dandiproduksi, di antaranya oleh Koperasi Karyawan Abiyoso, Bandung.Demikianlah sekilasperkembangan penulisan mushaf di Indonesia yang diawali dengan semangat masing-masingpenerbit dalam kegiatan tersebut. Penulis merasa cukup pendahuluan di atas untuk memulaimaterikajainmushaf ini sejak tahun 1933 sampai 1983.
B.ASPEKTEKS DAN VISUALMUSHAFTAHUN 1933-1983a.Aspek Teks
NoMUSHAFASPEK TEKS
Rasm
Qira’at
TandaBaca & TajwidPembagianTeks al-QuranTeks-TeksTambahan
1
Timur Tengah
Imla’i
danUsmanipada katatertentuHafazh(Asim)
Tanda Baca
:Harakat biasakecuali harakat
sukun
denganlingkaranpenuh,
fathahmiring
padaAllah
Tanda Tajwid
:Pada Iqlab, mimtanpa tandaImalah--

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->