Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kesehatan kerja

kesehatan kerja

Ratings: (0)|Views: 28 |Likes:

More info:

Published by: Muhammad Hanif Bin Umar on Oct 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2014

pdf

text

original

 
Fakultas Kedokteran Ukrida, Jln Arjuna Utara No.6, Jakarta, 11510 Page 1
Keselamatan dan Kecelakaan Kerja Nurfaaza Binti Senin NIM: 102009295Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana,Jl.Arjuna Utara No.6, Jakarta 11510Email: nurfaazasenin@yahoo.com
PENDAHULUAN
Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan instrument yang memproteksi pekerja perusahaan, lingkungan hidup dan masyarakat sekitar dari bahaya akibat kecelakaan kerja.Perlindungan tersebut merupakan hak asasi yang wajib dipenuhi oleh perusahaan.Walaubagaimanapun, proses ini tidak boleh dianggap sebagai upaya pencegahan kecelakaankerja dan penyakit akibat kerja tetapi harus dianggap sebagai bentuk usaha investasi jangka panjang yang memberi keuntungan yang berlimpah pada masa akan datang.Kecelakaan kerja dapat dilihat sebagai disfungsi sistem dan pada analisis kasus kecelakaanharusla dicari penyebabnya. Setiap kecelakaan mempunyai banyak penyebab dan penyebabdasar dapat menunjukkan disfungsi manajemen. Sekiranya terjadi kecelakaan kecil dan insidenkecil di tempat kerja sebaiknya ia dianalisis jika merasakan ia mempunyai potensi untuk menimbulkan kecelakaan besar di masa hadapan kelak.
 
Fakultas Kedokteran Ukrida, Jln Arjuna Utara No.6, Jakarta, 11510 Page 2
LATAR BELAKANG KASUS
Suatu kelompok kerja di beri tugas untuk memasang kabel transmisi tegangan rendah, merekameminta tangga dan berbagai peralatan lain dari petugas gudang.Pada saat melaksanakan pekerjaan , seorang teknisi memanjat tangga tersebut dan menginjak  bagian yang cacat, dan bagian tersebut patah, teknisi yang tidak menggunakan sabuk pengamantersebut terjatuh. Ternyata tangga yang diberikan petugas gudang adalah sebuah tangga yangcacat pada anak tangga ke tiga dari bawah. Tangga tersebut disimpan di gudang perusahaan.Petugas gudang saat itu tidak mengetahui tangga tersebut cacat, karena itu ia menyerahkantangga tersebut kepada pimpinan kelompok untuk digunakan.Pengawas gudang sudah mengetahui bahwa tangga tersebut cacat, tapi ia lupa memasang tanda peringatan atau member perintah agar tangga tersebut diperbaiki.
RUMUSAN MASALAH KASUS
1)
 
Seorang teknisi yang tidak memakai sabuk pengaman terjatuh kerana tangganya cacat.2)
 
Pengawas gudang lupa untuk memberikan tanda peringatan atau memberi perintahtangga diperbaiki.
TUJUAN
1)
 
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan di samping memahamiaspek-aspek penting dalam keselamatan kerja di lingkungan kerja.
MANFAAT
1)
 
Bagi Mahasiswa: Dilatih untuk memecahkan berbagai macam kasus yang memerlukan pertimbangan dari beberapa aspek terkait mengenai kecelakaan kerja.
2)
 
Bagi Universitas: Dapat menambah referensi mengenai kecelakaan kerja.
 
Fakultas Kedokteran Ukrida, Jln Arjuna Utara No.6, Jakarta, 11510 Page 3
PEMBAHASAN
Walaupun keselamatan kerja selalu diutamakan, kecelakaan ketika bekerja juga kadang- kadangtidak dapat dielakkan dan terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinyakecelakaan ketika bekerja.Pengertian Kecelakaan Kerja:
1
 
 
Kecelakaan: kejadian yang tidak terduga dan tidak diharapkan.
o
 
Tidak terduga: Kecelakaan yang berlaku tidak terdapat unsur kesengajaan.
o
 
Tidak diharapkan: Peristiwa kecelakaan yang disertai dengan kerugian material atau penderitaan korban dari yang paling ringan kepada yang paling berat.
 
Kecelakaan akibat kerja: Kecelakaan berhubung dengan hubungan kerja pada perusahaan, berarti kecelakaan terjadi dikeranakan oleh pekerjaan atau pada waktumelaksanakan pekerjaan.
 
Bahaya pekerjaan: Faktor - faktor dalam hubungan pekerjaan yang dapat mendatangkankecelakaan. Bahaya ini juga bisa diartikan sebagai potential, jika faktor tersebut belummendatangkan kecelakaan tetapi jika kecelakaan sudah terjadi, maka bahaya tersebutdisebut bahaya nyata.
1)
 
Teori Penyebab Kecelakaan Kerja
2
 
 
1.
 
Teori Heinrich (Teori Domino)
 
Teori ini mengatakan bahwa suatu kecelakaan terjadi dari suatu rang kaian kejadian . Ada limafaktor yang terkait dalam rangkaian kejadian tersebut yaitu :a)
 
Lingkungan atau keturunan-
 
Contoh: Keras kepala, Pengetahuan lingkungan jelek  b)
 
Kesalahan atau kelalaian manusia-
 
Kelemahan sifat perseorangan atau kelompok yang akhirnya akan menunjangterjadinya kecelakaan-
 
Contoh: kurang pendidikan, angkuh, cacat fisik atau mentalc)
 
Kondisi atau keadaan yang tidak aman-
 
Contoh: Pencahayaan tidak memadai, alat kerja yang lama

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->