Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
110Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perawatan Mesin Cuci

Perawatan Mesin Cuci

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 11,165 |Likes:
Published by Thizzally_01012144

More info:

Published by: Thizzally_01012144 on Jul 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
PERAWATAN MESIN CUCI
Joko Priono
Email : thizzally_1188@yahoo.co.id
Program Diploma III Teknik ElektroPoliteknik Negeri Ujung PandangABSTRAK 
Joko Priono
, 2009. PERAWATAN MESIN CUCI, tugas perawatan dan perbaikan, kelas IIb, Jurusan teknik elektro, program studi teknik listrik, Politeknik  Negeri Ujung Pandang.
Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnyaderajat hidup manusia, kebutuhan
home appliances
, khususnya mesin cuci, juga mengalami peningkatan. Jika dulu orang-orang terbiasa mencuci pakaian sendiri, kini dengan perkembangan teknologi, masyarakat cenderung memanfaatkan fasilitas mesin cuci.Bagaimana tidak, hanya dalam waktu singkat, puluhan stel pakaian, celana jeans, selimut,gordyn, bahkan bed cover, kembali bersih seperti semula tanpa mengeluarkan keringat. Saatini beberapa produsen telah mengeluarkan berbagai tipe mesin cuci, mulai dari mesin semiotomatis, otomatis, bahkan full otomatis. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai bagaimana merawat mesin cuci dengan benar sehingga kerusakan yang terjadi dapat dicegah sedinimungkin. Betapa repotnya jika mesin cuci yang biasa digunakan bermasalah, bahkan untuk mencari tukan service pun gampang-gampang susah. Padahal, untuk mendeteksi kerusakandan memperbaikinya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Untuk itu, diperlukan pengetahuan yang cukup agar mesin cuci yang kita gunakan selalu dalam kondisi prima.
BAB IPENDAHULUAN
.
Pada prinsipnya proses pencucian pakaian pada mesin cuci terdiri atas dua bagian pekerjaan utama. Pertama, mencuci yaitumelepaskan kotoran yang menempel pada pakaian yang telah diluluhkan dalam rendamanair sabun (washing). Kedua, membilas bahansabun yang tersisa, memeras air, danmengeringkan pakaian (drying).Proses pengeringan hanya terdapat di mesincuci fully automatic yang dilengkapi heatingelement. Semua proses itu dilakukan dengansistem putaran dengan bantuan moto penggerak. Saat ini ada 3 jenis mesin cuci, yaitutwin tube atau dua tabung, front load dan topload. Mesin cuci twin tube atau dua tabung padadasarnya hanya memisahkan kinerja mesin cuciantara mencuci dan mengeringkan. Mesin cuci jenis ini memiliki kisaran harga yang cukupterjangkau.
Top load adalah jenis mesin cuci yangmenggunakan sistem V-axis karenaagigatornya memutar axis secara vertical.Kelebihan tipe ini adalah mampumengerjakan dua kinerja sekaligus, yaitumencuci dan mengeringkan, dalam satutabung. Kisaran harga dari jenis mesin cuciini agak sedikit lebih mahaldibandingkan dengan jenis twin tube.Sedangkan front load adalah jenismesin cuci yang menggunakan sistem H-axis atau perputaran agigatornya memutar 
1
 
secara horizontal. Kelebihan dari jenismesin cuci ini adalah lebih hemat energi danawet, juga aman bagi pakaiankarena menggunakan tabung yang terbuatdari stainless steel. Tapi untuk mendapatkan mesin cuci premium ini kitaharus menyiapkan dana yang cukup besar 
.Sebagian dari home appliances, keberadaanmesin cuci dirasa cukup membantumempercepat pekerjaan rumah tangga. Denganmesin cuci, pekerjaan mencuci menjadi lebihcepat, hasilnya pun memuaskan. Praktis danefisien, seluruh cucian langsung diperas olehmesin ini, cucian tinggal dijemur atau langsungdikeringkan, tergantung jenis mesin cuci yangdigunakan. Tidak heran jika saat ini mesin cucisudah menjadi barang elektronik yang wajibdimiliki. Namun, karena usia pakai, kesalahandalam pengoperasian, atau kurangnya perawatan, mesin cuci kerap bermasalah danterkadang rusak.
Saat ini makin banyak dijumpai mesincuci otomatis. Sistem kerja mesin cuciotomatis relatif tidak merepotkan cukupmenekan tombol pintar (smart button)tionggal menunggu sambilmelakukan pekerjaan lain atau sambilmenonton televisi. Lain hanya dengan mesincuci semi otomatis (twin tube) orang bekerjadua kali harus memiliki waktu lumayan banyak, selain dari proses pencucian, cucianharus di pindah kekabin pengering.
BAB IIPEMBAHASAN1. Komponen Mesin Cuci
Mesin cuci sudah menjadi kebutuhansehari-hari di rumah tangga. Cara kerja mesincuci ini sangat sederhana dan mudahdipahami.Mesin cuci digerakan oleh motolistrik satu fasa. Motor ini dapat bergerak duaarah untuk mengucek pakaian saat di cuci.Motor dihubungkan ke bak cuci atau agitator dengan belt dan roda pemutar (pully). Mesincuci ada yang pengisiannya dari depan, biasanyamesin cuci ini proses pencucian pakaian sudahotomatis mulai dari tahap pencucian sampai pengeringan. Yang kedua mesin cuci yang pengisiannya dari atas, ada yang otomatis ada juga yang tidak. Tapi pada prinsipnya cara kerjamesin cuci baik yang manual maupun otomatishampir sama.
Gambar 1. Komponen Mesin Cuci
Untuk merawat dan memperbaiki mesincuci tentunya harus mengetahui bagian-bagaiandan fungsi atau kegunaan dari komponen yangterdapat dalam mesin cuci. Berikut ini adalahkomponen-komponen mesin cuci dankegunaanya.1.Leveling feet berfungsi untuk mengatur kedataran mesin cuci agar saat mesin cuci beroperasi tidak terjadi getaran atau vibrasi.2.Motor berfungsi untuk memutar agitator yang akan mencuci pakaian3.Agitator merupakan bilah yang dapat bergerak memutar bolak balik, berfungsiuntuk menciptakan pusaran air 9untuk mengucek pakaian)4.Drum merupakan tempat pakain kotor yangakan dicuci5.Lid switch berfungsi untuk mengontrolapakah tutup (lid) dalam keadaan terbukaatau tertutup. Bila tutup mesin cuci terbukamaka mesin cuci tidak bisa beroperasi,switch ini berfungsi sebagai pengaman6.Control dan Monitor merupakan otak darimesin cuci. Pada mesin cuci otomatis alatini dapat mengatur waktu pencucian, waktu bilas, level air, dan waktu pengeringan.Dengan alat ini mesin cuci akan bekerjaotomatis mulai dari pakaian kotor masuk sampai kering.7.Water inlet valve berfungsi mengatur aiyang masuk ke mesin cuci berdasarkan perintah alat kontrol8.Drain Hose merupakan saluran buang dariair hasil pencucian
2. Perawat mesin Cuci
Material yang dipakai pada mesin cuci,Pastinya harus tahan karat dan anti serangantikus. Ini penting karena biasanya kelemahanyang sering jadi keluhan konsumen menengah
2
 
ke bawah itu. Penting juga untuk melihat fungsidan spefikasi yang ditawarkan.Makin canggihtentu makin mahal.Layanan servis dan purnajualtak kalah penting. Jaringan service yang tersebar di mana-mana tentu akan memudahkan Anda bila terjadi gangguan pada mesin cuci.Selain itu jaminan kemudahan suku cadang juga jadi poin tersendiri. Disinilah praktisnyamesin cuci karena di nilai mampu mencuci berbagai bahan kain, mulai dari baju, celana jeans, sarung bantal, hingga bed cover. Selaindicuci, seluruh cucian juga langsung diperashingga tinggal dijemur atau langsungdikeringkan, tergantung jenis mesin cuci yangdimiliki. Hemat tenaga sekaligus hemat waktu.Sehingga tak heran jika sekarang mesin cucisudah menjadi barang elektronik yang wajibdimiliki.
Penempatan mesin cuci jugamempengaruhi ketahanan dan keawetanmesin cuci. Tempatkan mesin cuci pada posisi yang tepat, meskipun kerja mesincuci berhubungan langsung dengan ai bukan berarti mesin cuci dapat bertahanditempat yang lembab. Apa bila ditempatkanditempat yang lembab atau sering terkenaair bodynya dan bagian mesin yang terbuatdari logam akan rentan terhadap karat(korosi). Beberapa hal yang perludiperhatikan dalam merawat mesin cucisebagai berikut:
a.
Fasilitas
clild colk 
mulai diperkenalakanoleh produsen mesin cuci, meskipundemikian penempatan mesin cuci sebaiknyadi jauhkan dari lokasi bermain atau jangkauan anak anak untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. b.Hindari memasukkan tangan ke dalammesin cuci ataupun mesin pengering padasaat mesin beroperasi.Hindarkanmemasukan tganc.Hidarkan menyemprotkan air keboardkontrol panel karena dapat menyebabkankerusakan pada panel elektrik.d.Letakan mesin cuci ditempat yang berfentilasi baik dan tertutup rapat.hindarkan tempat berdebu, lembab dantempat yang memungkinkan kontalangsung dengan sinar matahari atau hujankarena dapat memperpendek usia pakaimesin cuci atau menyebabkan karat.e.Jauhkan mesin cuci dari sumber yang dapatmenimbulkan panas seperti kompor dan apidan jauhkan mesin cuci dari ruang penyimpanan bahan kimia yang bersifatkorosi dan merusak plastik seperti pembersih lantai dan racun serangga atauzat kimia yang mengandung asam.
f.
Lantai ruang tempat pijakan mesin cuciharus kokoh setidaknya mampu menyanggamesin cuci ketika sedang dioprasikan.Selain itu lantai harus rata karena kondisilantai yang miring dapat menimbulkangetaran dan suara bising. Getaran dan suara bising tersebut disebabkan karena adanyagesekan mesin cuci dengan lantai ketikamesin menyala.g.Posisikan mesin cuci ditempat yang cukupluas agar lebih leluasa dan nyaman ketikamenggunakan mesin cuci.h.Letakan mesin cuci berdekatan dengan krandan saluran air yang memudahkan mengisiair dan membuang air bekas cucian.i.Posisikan stop kontak lebih tinggi darimesin cuci untuk menghindari percikan air yang mengakibatkan konseleting. j.Posisikn mesin cuci tidak terlalu menempelketembok dan diberi jarak sekitar 10 cmdari tembok untuk mengurangi resikolembab dibagian belakang body mesin cuci.k.Gunakan deterjen dan air dalam jumlahyang tepat sesuai dengan takaran dan petunjuk pemakaian.l.Pehatiakan kapasitas dan daya tampungmaksimal mesin cuci. Usahakan cucianyang dimasukan kedalam mesin cuci tidak melebihi kapasits maksimum. Memasukan pakian terlalu banyak akan membuat kerjamesin menjadi lebih berat dan akanmerusak motor pengerak.m.Maitkan mesin cuci dan lepaskan stopkontak ketikan mesin tidak digunakan.
3.Penyebab Kerusakan Dan CaraMemperbaiki
Untuk menentukan kualitas mesin cuci,namun soal kualitas tetap pegang peranan penting. Berikut ini dapat dijadikan pedoman jika ingin membeli mesin cuci berdasarkankapasitas dan kebutuhan
Satu orang : < 5 kg
Pasangan tanpa anak : 5 kg – 5,5 kg
Pasangan dengan 2 anak : 5,5 kg - 6 kg
Pasangan dengan 3-4 anak : > 6 kgPertimbangan ini penting mengingatkapasitas penentuan kemampuan mesin cuci.
3

Activity (110)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Imam TTep Phetir added this note
hmm
Rian Jxz liked this
Qee Beg liked this
Sandra Rahim liked this
Edi Suaedi liked this
Epsya Syukriadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->