Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Belajar Pemerosesan Informasi

Teori Belajar Pemerosesan Informasi

Ratings: (0)|Views: 4 |Likes:
Published by Sahara Hwang
Aliran sibernetik
Aliran sibernetik

More info:

Published by: Sahara Hwang on Oct 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang Masalah
Teori pemrosesan informasi ini didasari oleh asumsi bahwa pembelajaranmerupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan. Perkembanganmerupakan hasil komulatif dari pembelajaran. Dalam pembelajaran terjadi prosesinformasi, untuk diolah sehingga menghasilkan bentuk hasil belajar. Dalam pemrosesaninformasi terjadi adanya interaksi antara kondisi-kondisi internal dan kondisi eksternalindividu. Kondisi internal yaitu keadaan dalam diri individu yang diperlukan untuk mencapai hasil belajar dan proses kognitif yang terjadi dalam individu. Sedangkankondisi eksternal adalah rangsangan dari lingkungan yang mempengaruhi individudalam proses pembelajaran.Tahapan proses pembelajaran meliputi delapan fase:1)Motifasi, 2) Pemahaman, 3) Pemerolehan, 4) Penyimpanan, 5) Ingatan kembali, 6)Generalisasi, 7) Perlakuan, 8) Umpan Teori Pemrosesan InformasiInformasi adalah pengetahuan yang didapat dari pembelajaran, pengalaman atauinstruksi. Dalam beberapa hal pengetahuan tentang situasi yang telah dikumpulkan atauditerima melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejan dan didapatkan dari berita, juga disebut informasi. Informasi yang berupa koleksi data dan fakta dinamakaninformasi statistik. Dalam bidang ilmu komputer, informasi adalah data yang disimpan,diproses atau ditransmisikan. Penelitian ini memokuskan pada definisi informasisebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelejaran, pengalaman, dan instruksi.Model pemrosesan informasi beranggapan bahwa anak-anak mempunyaikemampuan yang lebih terbatas dan berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak tidak 
1
 
dapat menyerap banyak informasi, kurang sistematis dalam hal informasi apa yangdiserap, tidak banyak mempunyai strategi untuk mengatasi masalah, tidak mempunyai banyak pengetahuan mengenai dunia yang diperlukan untuk memahami masalah, dankurang mampu memonitor kerja proses kognitifnya.Perkembangan anak yang optimal merupakan tujuan para psikolog perkembangan, maka sangat relevan jika individu-individu yang berkecimpungdibidang ini melakukan penelitian yang tujuanya bermuara pada meningkatkankemampuan pemrosesan informasi.Salah satu teori kognitif yang menjelaskan proses belajar pada diri seseorangyang berkenaan dengan tahap-tahap proses pengolahan informasi adalah teori pemrosesan informasi. Menurut teori ini proses belajar tidak berbeda halya dengan proses menerima,menyimpan dan mengungkapken kembali dengan informasi-informasiyang telah diterima sebelumnya. Genjala-gejala tentang belajar dapat dijelaskan jika proses belajar itu dianggap sebagai proses transformasi masukan menjadi keluaran.Jadi, proses belajar tersebut mirip dengan apa yang terjadi pada sebuah komputer.Berbagai pemahaman tentang belajar telah benyak dikemukakan oleh para ahlidari berbagai aliran. Paparan ini mencoba menyajikan pemahaman tentang belajar darisudut pandang teori pemrosesan informasi. Proses belajar menurut teori ini meliputikegiatan menerima, menyimpan dan mengungkapkan kembali informasi-informasiyang telah diterima. Belajar tidaklah hanya apa yang anda lihat, yang penting bagaimana proses kognitif itu terjadi dalam diri pembelajar.
2
 
B.
 
Rumusan Masalah
Untuk mendapatkan makalah yang terarah diperlukan adanya rumusan masalah.Berdasarkan latar belakang di atas dapat kita rumuskan masalah yang ada sebagai berikut :1.
 
Bagaimana konsep dari teori pemrosesan informasi?2.
 
Bagaimana penerapan teori pemrosesan informasi di kelas?
C.
 
Tujuan Pembuatan Makalah
Pemakalah harus memiliki tujuan yang jelas. Pemakalah dalam hal ini memilikitujuan mengetahui tentang konsep dasar dari teori pemrosesan informasi dan penerapanteori pemrosesan informasi di kelas.
D.
 
Manfaat
Makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoretis dansecara praktis.1.
 
Manfaat Teoretisa.
 
Hasil penelitian ini daharapkan dapat bermanfaat untuk dijadikan acuan jika akandiadakan penelitian lanjutan. b.
 
Hasil penelitian ini daharapkan bermanfaat bagi kalangan mahasiswa dan pembacayaitu menambah wawasan, pengetahuan tentang teori pemrosesan informasi.2.
 
Manfaat Praktisa.
 
Bagi peneliti diperoleh manfaat dan penerapan dari teori pemrosesan informasi dikelas. b.
 
Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang teori pemrosesan informasi.c.
 
Bagi masyarakat dapat dijadikan sebagai informasi dan pengetahuan tentang teori pemrosesan informasi.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->