Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah tentang kiamat

makalah tentang kiamat

Ratings: (0)|Views: 278|Likes:
Published by Anto Freistyawan
makalah
makalah

More info:

Published by: Anto Freistyawan on Oct 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Makalah berjudul
“mengetahui hari akhir” 
ini ditulis, pertama karena tidak mudah menyatukan danmenyusun data yang diperoleh dari sumber yang berbeda seperti dari buku dan website tertentu, sertamelakukan penggabungan dalam setiap materi untuk menjadi satu. Makalah ini dimaksudkan untukmemberikan gambaran tentang tanda-tanda,proses dan kehidupan selanjutnya setelah hari akhir. jugaberusaha memaparkan dalil dalil yang bersangkutan dengan hari akhir dan juga kehidupan yangselanjutnya. dan haruskah kita para manusia percaya akan adanya hari akhir, serta sejauh manakahpengaruh atau dampak mereka setelah membaca dalil dalil yang telah dipaparkan pada makalah ini.Hasil dari sumber yang telah dibaca, bahwa hari akhir itu sangat menyeramkan, dan dapatmenghancurkan seluruh isi dunia dengan sekejap,tak ada seorangpun yang dapat menghindarinya.Jadi untuk hal dasar, sekiranya kita harus mengetahui, mengenal dan memahami terlebih dahuluapakah hari akhir itu, sehingga dengan demikian kita dapat mengimaninya dengan baik dan tidak raguakan kebenaran yang akan terjadi nanti. marilah kita mempelajari tentang hari akhir. Karena jika kitatidak mengenal dan tau apakah dan bagaimanakah sebenarnya hari akhir dan kehidupan selanjutnya itu,kita akan mengetahui apa yang bisa kita lakukan agar ketika hari akhir datang kita sudah mempunyaibekal untuk melindungi diri masing masing. kita sudah mempunyai bekal untuk melindungi diri masingmasing.Baiklah, langsung saja mari kita menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang hari akhirdan kehidupan selanjutnya, agar kita dapat menyiapkan,apa yang menjadi bekal kita nanti. denganmembaca makalah ini, dan dengan sebelumnya mengucapkan bismilahirohmanirrohim.
 
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian Hari Akhir atau Kiamat
 Hari kiamat adalah hari akhir kehidupan seluruh manusia dan makhluk hidup di duniayang harus kitapercayai kebenaran adanya yang menjadi jembatan untuk menuju ke kehidupan selanjutnya di akhiratyang kekal dan abadi. Iman kepada hari kiamat adalah rukum iman yangke-lima. Hari kiamat diawalidengan tiupan terompet sangkakala oleh malaikat isrofil untuk menghancurkan bumi beserta seluruhisinya.Hari kiamat tidak dapat diprediksi kapan akan datangnya karena merupakan rahasia AllahSWTyang tidak diketahui siapa pun. Namun dengan demikian kita masih bisa mengetahui kapandatangnyahari kiamat dengan melihat tanda-tanda yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW.Orang yangberiman kepada Allah SWT dan banyak berbuat kebaikan akan menerima imbalansurga yang penuhkenikmatan, sedangkan bagi orang-orang kafir dan penjahat akan masuk neraka yang sangat pedihuntuk disiksa.
B.
 
Dalil dan Hadist Yang menjelaskan Adaya Hari Kiamat
 Beriman kepada Hari Akhir artinya meyakini dengan teguh apa yang diberitakan olehAllah dalamkitabNya dan apa yang disampaikan oleh Rasulullah saw dalam haditsnya terkaitdengan peristiwa yangterjadi sesudah mati, mulai fitnah kubur, azab dan nikmat kubur danseterusnya sampai surga danneraka.Beriman kepada Hari Akhir adalah rukun iman yang kelima dari enam rukun iman. Didalam al-Qur`andan di dalam hadits beriman kepada Hari Akhir sering digandengkan dengan beriman kepada Allahkarena orang yang tidak beriman kepada Hari Akhir tidak mungkin beriman kepada Allah, orang yangtidak beriman kepada Hari Akhir tidak akan beramal, orang beramal karena ada harapan kemuliaan diHari Akhir dan ada ketakutan terhadap azab di Hariakhir, jika dia tidak beriman kepadanya maka diaseperti orang-orang yang disebutkan oleh Allah dalam firmanNya:
 Artinya :Dan mereka berkata, “Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan
kita hidup dan tidak ada yang akan membinasakan kita selain masa,dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-
duga saja.” 
 
Ada beberapa dalil yang menjelaskan bahwa hari akhir itu benar benar ada, diantaranya :
 
Sungguh, apa yang dijanjikan kepadamu pasti benar, dan sungguh, (hari) pembalasan pastibenar. (QS. Adz-dzariyyat: 5-6)
 
Sesungguhnya hari kiamat benar-benar akan datang tidak ada keraguan di dalamnya. (QS.Ghafir:59)
 
Yang mereka nanti-nantikan hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka, atau kedatanganTuhanmu, atau sebagian tanda-tanda dari Tuhanmu. Pada hari datangnya sebagian tanda-tandadari Tuhanmu tidak berguna lagi iman orang yang belum beriman sebelum itu, atu berusaha
berbuat kebajikan dengan imannya itu. Katakanlah, “Tunggulah! Kamipun Menunggu. (QS. Al
-
An’am:158)
 
 
Hingga apabila (tembok) Ya’juj dan Ma’juj dibukakan dan
mereka turun dengan cepat dariseluruh tempat yang tinggi. Dan (apabila) janji yang benar (hari berbangkit) telah dekat,..(QS. Al-Anbiya:96-97)
 
 
Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas. (QS. Ad-Dukhan: 10)
 
Wahai Manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh guncangan (hari) kiamat itu adalahsuatu (kejadian) yang sangat besar. (QS. Al-Hajj:1)Dan beberapa hadist yang menjelaskan adanya hari kiamat, yaitu :
 
Seorang Arab Badui bertanya, “Kapankah tibanya kiamat?” Nabi Saw lalu menjawab, “Apabilaamanah diabaikan maka tunggulah kiamat.” Orang itu bertanya lagi, “Bagaimana hilangnyaamanat itu, ya Rasulullah?” Nabi Saw menjawab, “Apabila perkara (urusan) diserahkan kepadaorang yang bukan ahlinya, maka tunggulah kiamat.” (HR. Bukhar
i)
 
Mendekati kiamat akan terjadi fitnah-fitnah seolah-olah kepingan-kepingan malam yang gelap-gulita. Seorang yang pagi hari beriman maka pada sore harinya menjadi kafir, dan orang yangpada sore harinya beriman maka pada pagi harinya menjadi kafir, dia menjual agamanya dengan(imbalan) harta-benda dunia. (HR. Abu Dawud)
 
Belum terjadi kiamat sehingga orang-orang dari umatku kembali menyembah berhala-berhalaselain Allah. (HR. Abu Dawud)
 
Belum terjadi kiamat sebelum seorang yang melewati kuburan berkata, “Al
angkah baiknya
sekiranya aku di tempat orang ini.” (Maksudnya, dia ingin mati dan tidak ingin hidup karena
beban berat yang selalu dihadapinya). (HR Bukhari)
 
Belum akan kiamat sehingga tidak ada lagi di muka bumi orang yang menyebut : “Allah, Allah.”
(HR. Muslim)
 
Belum akan datang kiamat sehingga seorang membunuh tetangganya, saudaranya dan ayahnya.(HR. Bukhari)
C.
 
Tanda
 –
tanda kiamat
 Kiamat dibagi menjadi dua, yaitu kiamat syugra (kecil) dan kiamat kubra(besar).1.
 
Tanda-tanda shugra (kecil), yang sebagian di antaranya sudah tampak dalam kehidupansekarang ini:
 
Ajaran Islam kurang diperhatikan dan bahkan ditinggalkan oleh kaum Muslim.
 
Jumlah ulama (ahli agama) yang sesungguhnya semakin sedikit, sebaliknya banyak orangbodoh yang mengaku ulama dan menyesatkan umat.
 
Perzinahan dilakukan terang-terangan dan sudah menjadi suatu kebiasaan di masyarakatluas.
 
Begitu pula mabuk-mabukan yang banyak dilakukan seolah bukan perbuatan yangdiharamkan.
 
Jumlah wanita semakin lebih banyak dibandingkan dengan pria, dan mereka sudah tidakmalu lagi berpakaian setengah telanjang.
 
Banyak wanita yang berdandan/berpenampilan seperti pria, begitu juga sebaliknya.
 
Umat manusia berlomba menumpuk kekayaan dengan jalan yang tidak halal serta maraknyapraktek riba.
 
Para orangtua menjadi budak dan diperlakukan sewenang-wenang oleh anak-anaknya.
 
Semakin banyak fitnah yang menimpa umat Islam.
 
sering terjadi bencana alam, pembunuhan, dan peperangan.
 
Banyaknya perceraian.
 
Bermewah-mewah dalam membangun masjid sementara jamaahnya sedikit, serta salingmembanggakan keindahan masjid.2.
 
Tanda-tanda kubra (besar)
 
Waktu berputar semakin cepat, sehingga setahun terasa sebulan, sebulan terasa seminggu.
 
Matahari terbit di sebelah barat.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->