Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
98Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengenalan Turbo Pascal

Pengenalan Turbo Pascal

Ratings:

4.67

(3)
|Views: 23,541|Likes:
Published by dzikri86

More info:

Published by: dzikri86 on Jul 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/09/2014

pdf

text

original

 
PENGENALAN TURBO PASCAL
A. PENDAHULUAN
Turbo pascal merupakan bahasa pemograman tingakt tinggi. Sebagai bahasa pemograman tingkat tinggi, Turbo Pascal mudah dipelajari karena instruksi-instruksinya mendekati bahasa manusia. Instruksi-instruksi Turbo Pascalmenggunakan kata-kata dari bahasa Inggris.Turbo Pascal merupakan bahasa pemograman terstruktur sehingga program yangdibuat dengan Turbo Pascal dapat dipecah-pecah menjadi blok-blok kecil. Blok-blok kecil ini menyusun blok besar yang kemudian secara keseluruan membentuk programutuh/lengkap. Dalam Turbo Pascal blok-blok kecil tersebut biasa disebut procedure/fungction.
B.MENJALANKAN TURBO PASCAL
Untuk dapat menjalankan program Turbo Pascal ini kita harus mempunyaidisket atau cd yang berisikan program pascal dan untuk program pascal for windowskita harus menginstal program ini terlebih dahulu.Setelah dinstal program pascal, dan kita menjalankannya dilayar akan tampil seperti berikut:
C. STRUKTUR PROGRAM PASCAL
Pada dasarnya Turbo Pascal dibagi atas 3 Bagian :1
 
1. Bagian Kepala Program , diawali kata tercadang PROGRAM diikuti dengan judul program dan diakhiri dan tanda koma, untuk versi sesudah 4.0 pada bagian ini dapatmengandung klausa USES (unit yang dipakai pada program yang akan ditulis)2. Bagian definisi dan deklarasi, pada bagian ini berisi definisi dan deklarasi yangakan digunakan program.3. Bagian Pernyataan, pada bagian ini berisi program-program yang an dieksekusi,yang diawali dengan BEGIN dan diakhiri dengan END dan tanda titik.
D.KEGUNAAN MENU PADA TURBO PASCAL
Pada Turbo Pascal terdapat beberapa menu yang berguna untuk proses suatu program, edit proram, memanggil program paa disket maupun hardisk, sertamengcompile program, merubah tampilan pascal dan lain-lain.Tampilan menu pada pascal antara lain sebagai berikut:Menu utamanya adalah :1.File2.Edit3.Search4.Run5.Compile6.Options7.Window8.HelpUntuk mengatifkan salah satu menu utama kita bisa menggunakan cara cepatmenggunakan keyboard, yaitu dengan menekan tombol Alt + huruf depan menuutamanya.2
 
BAB I. DASAR PEMROGRAMAN
A.KARAKTER PADA TUBO PASCAL
Karakter disini dalam Tubo Pascal berpengertian sebagai huruf, angka atau berupa simbol-simbol khusus, seperti :1.huruf A sampai dengan Z atau a sampai z2.angka 0 sampai 93.angka heksa desimal 0 sampai 9 dan A sampai F4.spasi5.karakter kontrol : karakter yang mempunyai kode ASCII antara 0 sampai 316.karakter ASCII tak standar kode 128 smapi 2557.simbol-simbol khusus berpasangan, seperti <= , >= , := atau yang lainnya.
B.PENGENAL
Pengenal (identifier) digunakan untuk memberi nama : konstanta, variabel, tipedata, prosedure, label, fungsi, program, unit dan field pada record. Pengenal harusdiawali dengan HURUF dilanjutkan huruf atau angka atau tanda garis bawah, tidak  boleh memakai spasi, titik atau karakter khusus dan tidak boleh memakai katatercadang (reserved word), Panjang karakter yang digunakan adalah bebas tetapi berarti untuk Tubo Pascal adalah 63 karakter yang digunakan adalah bebas tetapi berarti untuk tubo pascal adalah 63 karakter yang pertama. Contoh : JenisPekerjaan,Total_Gaji dsb.
C. JENIS ATAU TIPE DATA
Terdiri dari lima macam tipe data yaitu :1.
Tipe data sederhana
; tipe bilangan (bulat dan real), karakter dan bolean.2.
Tipe data bulat
; terdiri dari beberapa tipe sepertti :
Shortint : tipe data numerik dalam bilangan bulat tanpa bilangan desimaldengan range data dari –128 s/d 127
Integer : tipe data numerik dalam bilangan bulat tanpa bilangan desimaldengan range data dari –32.768 s/d 32.767.
Longint : tipe data numerik dalam bilangan bulat tanpa bilangan desimaldengan range data dari –2.147.483.648 s/d 2.147.483.647 (-2
31
s/d 2
31
)
Byte : tipe data numerik dalam bilangan bulat tanpa bilangan desimaldengan range data 0 s/d 255
Word : tipe data numerik dalam bilangan bulat tanpa bilangan desimaldengan range data dari 0 s/d 65.353.
Tipe data real
; terdiri dari :
 
Real : tipe data numerik dalam bilangan desimal dengan range data dari
±
2.9 x 10
-39
s/d 1.7 x 10
38
Single : tipe data numerik dalam bilangan desimal dengan range data dari
±
1.5 x 10
-45
s/d 3.4 x 10
38
Double : tipe data numerik dalam bilangan desimal dengan range data dari
±
2,9 x 10
-39
s/d 1,7 x 10
38
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->