Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
46Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SKRIPSI-BAB II

SKRIPSI-BAB II

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 3,936 |Likes:
Published by arezasr
RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TUNAI PADA CV. SEROJA PRINTING DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK - BAB II
RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TUNAI PADA CV. SEROJA PRINTING DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK - BAB II

More info:

Published by: arezasr on Jul 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

 
 
5Dokumen ini hanya untuk berbagi ilmu, dilarang untuk menyalin isi dari dokumen.Secara resmi dokumen ini sudah masuk kePerpustakaan Univ. Budi Luhur.
BAB IILANDASAN TEORI
 
1.
 
Konsep Dasar Sistem
Dalam menyusun dan merancang sistem informasi terdapat beberapa konsep yangdapat dijadikan sebagai acuan dan landasan, dimana konsep – konsep tersebutmerupakan teori yang berhubungan dengan perancangan sistem informasi sertapemecahan masalah yang ada.Sistem adalah istilah umum dalam beberapa disiplin ilmu, tapi sistem mempunyai ciri – ciri umum. Sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan yang terdiri dari unsur unsur yang terorganisasi, di samping berhubungan satu sama lainnya, juga berhubungandengan lingkungan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.Sedangkan subsistem adalah merupakan unsur ( elemen dari sistem yang lebih besar ).Lebih lanjut mengenai sistem adalah sebagai berikut :
a.
 
Pengertian Sistem
Menurut Jogiyanto H.M (2003 : 34), menyatakan bahwa sistem dapatdidefinisikan dengan pendekatan prosedur dan dengan pendekatan komponen.Pendekatan sistem yang menekankan pada prosedurnya mendefinisikan sistemsebagai berikut :
“Sistem adalah kumpulan dari prosedur-prosedur yang mempunyai tujuan tertentu”.
 Contoh sistem yang didefinisikan dengan pendekatan prosedur ini adalahsistem akuntansi, yang didefinisikan sebagai kumpulan dari prosedur-prosedurpenerimaan kas, pengeluaran kas, penjualan , pembelian dan buku besar.Pendekatan sistem yang menekankan pada komponen mendefinisikan sistemsebagai berikut :
“ Sistem adalah kumpulan dari komponen-komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu “.
 Contoh sistem yang didefinisikan dengan pendekatan komponen adalahsistem komputer yang didefinisikan sebagai kumpulan dari perangkat keras danperangkat lunak.
b.
 
Karakteristik Sistem
 Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu:
1)
 
Komponen
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi untuk membentuk satu kesatuan, dapat berupa satu subsistem-subsistem ataupunbagian-bagian dari sistem untuk menjalani fungsi tertentu dan mempengaruhiproses secara keseluruhan.
2)
 
Batasan Sistem
Batasan sistem adalah daerah yang membatasi suatu sistem dengan sistemlainnya, dan dapat pula menunjukkan ruang lingkup dari sistem.
3)
 
Lingkungan Luar Sistem
Lingkungan luar sistem adalah sesuatu di luar batasan sistem yang dapatmempengaruhi jalannya operasi sistem. Lingkungan ini harus dapat dikendalikanagar lingkungan luar yang menguntungkan dapat terus dan yang merugikandapat dicegah supaya tidak mengganggu kelangsungan sistem. Dalam rekayasasistem informasi, lingkungan disebutkan sebagai sumber atau tujuan yangberupa objek dapat memberikan masukan atau menerima keluaran dari sistem.
 
 
6
 
Dokumen ini hanya untuk berbagi ilmu, dilarang untuk menyalin isi dari dokumen.Secara resmi dokumen ini sudah masuk kePerpustakaan Univ. Budi Luhur.
4)
 
Penghubung Sistem
Merupakan media penghubung antara subsistem lainnya yang merupakansumber-sumber daya mengalir diantara subsistem-subsistem. Keluaran darisubsistem akan menjadi masukan bagi subsistem yang lainnya membentuk satukesatuan dengan melalui media penghubung.
5)
 
Masukan Sistem
Masukan adalah energi ke dalam sistem yang dapat berupa masukan perawatandan masukan sinyal. Masukan perawatan adalah energi-energi yang dimasukkansupaya sistem dapat beroperasi.
6)
 
Keluaran Sistem
Keluaran adalah hasil dari energi yang diolah menjadi sesuatu yang berguna dandapat pula menjadi sisa yang tidak berguna. Keluaran suatu subsistem dapatmenjadi masukan bagi subsistem lainnya.
7)
 
Pengolahan Sistem
Pengolahan sistem adalah bagian dari sistem yang melakukan pengolahan energimasukan sehingga menghasilkan keluaran.
8)
 
Sasaran Sistem
Sasaran adalah hasil yang ingin dicapai oleh sistem, sehingga suatu sistem pastimemiliki tujuan atau sasaran. Sasaran sistem akan sangat menentukan masukanyang dibutuhkan sistem dan keluaran yang dihasilkan sistem. Suatu subsistemakan dikatakan berhasil bila sistem dapat mencapai sasaran atau tujuannya.Dalam pengembangan Sistem Informasi terdapat beberapa tahapan,diantaranya:a)
 
Kebijakan dan perencanaan Sistemb)
 
 Analisa sistemc)
 
Desain sistem secara umumd)
 
Desain sistem secara rincie)
 
Seleksi sistemf)
 
Implementasi sistemg)
 
Perawatan sistemDari tahapan-tahapan pengembangan sistem tersebut yang utama adalah Analisa sistem, Desain sistem dan Implementasi sistem.
2.
 
Konsep Dasar Informasia.
 
Pengertian Informasi
Informasi terdiri dari data-data, meskipun demikian definisi informasi berbedadengan data, data adalah fakta dan angka yang sedang tidak digunakan pada prosespengambilan keputusan dan biasanya berbentuk catatan historis yang dicatat dandiarsipkan tanpa maksud untuk segera diambil kembali untuk pengambilankeputusan. Pengertian Informasi pada umumnya adalah hasil dari kegiatanpengolahan data yang memberi bentuk lebih berarti dari suatu kejadian.Menurut Gordon B. Davis (2002 : 27) mengungkapkan :
“Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang”.
 
 
7
 
Dokumen ini hanya untuk berbagi ilmu, dilarang untuk menyalin isi dari dokumen.Secara resmi dokumen ini sudah masuk kePerpustakaan Univ. Budi Luhur.
b.
 
Kualitas Informasi
Kualitas informasi tergantung dari tiga hal yaitu seperti yang dijelaskan berikut ini,informasi yang dihasilkan harus :
1)
 
 Akurat
Informasi harus bebas dari kesalahan. Informasi harus akurat karena darisumber informasi sampai ke penerima kemungkinan banyak gangguan yangdapat berubah informasinya.
2)
 
Tepat Waktu
Informasi yang datang pada penerima tidak boleh datang terlambat, karenainformasi merupakan landasan dalam pengambilan keputusan.
3)
 
Relevan
Informasi mempunyai untuk pemakainya. Relevansi informasi oleh setiap orangberbeda-beda.
3.
 
Konsep Dasar Sistem Informasi
Sistem informasi pada suatu organisasi dapat dilakukan sebagai suatu sistem yangmenjadikan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut pada saatdiperlukan. Sistem tersebut harus menyimpan, mengambil, mengubah, memproses, danmengkomunikasikan peralatan lainnya.Menurut Hall, James A. (2001 : 7) mendefinisikan sistem informasi sebagai berikut : “
Sebuah rangkain prosedur formal dimana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai.
” Sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang saling berinteraksi satudengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasarannya. Adapun komponen-komponen sistem informasi meliputi :a.
 
Blok Masukan
(input block) 
 Masukan mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Masukan disinitermasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukan,yang dapat berupa dokumen – dokumen dasar.b.
 
Blok Model
(model block) 
 Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dari model matematika yang akanmemanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yangsudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
c.
 
Blok Keluaran
(output block) 
Produk dari Sistem Informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yangberkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen dansemua pemakai sistem.d.
 
Blok Teknologi
(technology block) 
 Teknologi merupakan kotak alat dalam suatu informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data,menghasilkan dan mengirimkan keluaran serta membantu pengendalian dari sistemsecara keseluruhan. Teknologi terdiri dari 3 bagian utama, yaitu teknisi, perangkatlunak dan perangkat keras.e.
 
Blok Basis Data
(database block) 
 Basis data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu denganyang lainnya. Data perlu disimpan di dalam basis data dan diorganisasikan supayainformasi yang dihasilkan berkualitas.

Activity (46)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Logis Fanromik liked this
Ruud Dzopay liked this
Ali Mahmudi liked this
Sheilla Sljs liked this
Richard Lim liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->