Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisis Kuantitatif Permintaan

Analisis Kuantitatif Permintaan

Ratings: (0)|Views: 185|Likes:
Published by jaya9628

More info:

Published by: jaya9628 on Oct 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/17/2014

pdf

text

original

 
Universitas Gadjah Mada
ANALISIS KUANTITATIF PERMINTAAN
ELASTISITASKonsep ElastisitasElastisitas menjelaskan seberapa besar perubahan permintaan barang yang diminta jikavariabel tertentu dirubah. Beberapa contoh elastisitas adalah
1.
ELASTISITAS HARGA DARI PERMINTAAN (PRICE ELASTICITY OF DEMAND)
2.
ELASTISITAS HARGA SILANG
3.
ELASTISITAS PENDAPATAN
4.
Elastisitas lainnya, seperti elastisitas iklan.Elastisitas Harga dari Permintaan (PRICE ELASTICITY OF DEMAND)Elastisitas ini mengukur seberapa besar jumlah barang yang diminta berubah jika hargabarang berubah. Secara formal elastisitas tersebut dihitung sebagai berikut ini.


 dimana
Q = perubahan jumlah barang yang dimintaQ = jumlah barang yang diminta
P = perubahan hargaP = harga barangRumus di atas juga bisa dituliskan berikut ini,


 Elastisitas bisa dihitung untuk dua situasi: (1) kurva permintaan tidak diketahui (arcelasticity), dan (2) kurva permintaan diketahui.Misalkan jika harga berubah dari 100 menjadi 200, maka kuantitas barang yangdiminta berubah dari 2.000 unit menjadi 1.000 unit. Dalam situasi ini kita tidakmengetahui kurva permintaan, karena itu kita akan menghitung arc elasticity, sebagaiberikut ini.
Q = Q2
Q1 = 1.000
2.000 =-1.000Q = (Q1 + Q2) /2 = (1.000 + 2.000) /2 = 1.500
P = perubahan harga = 200
100 = 100P = (P1 + P2)/2 = (100 + 200) / 2 = 150
 
Universitas Gadjah Mada
E = (-1.000 / 1.500) / (100/150) = -0,44Karena semakin tinggi harga akan semakin sedikit barang yang diminta, maka kita akanmemperoleh angka negative. Dalam hal ini kita lebih memfokuskan pada besarnya nilaiabsolut dari elastisitas. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya elastisitas, sepertiketersediaan substitusi, jangka waktu, dan proporsi pengeluaran. Jika suatu barangmempunyai banyak substitusi, maka elastisitas mempunyai kecenderungan tinggi, dansebaliknya. Sebagai contoh, jika kita ingin menghitung elastisitas harga dari permintaanmakan dan tempe (lauk untuk nasi). Perhatikan bahwa makan merupakan kebutuhanyang lebih luas, sedangkan tempe merupakan kebutuhan yang lebih spesifik. Elastisitasmakan akan cenderung lebih rendah dibandingkan dengan elastisitas harga dari tempe.Kenapa demikian? Makan merupakan kebutuhan dasar sehingga tidak ada substitusinya(kita hams makan), sedangkan tempe merupakan kebutuhan yang lebih spesifik yangbisa digantikan dengan mudah oleh lauk lainnya, missal tahu. Jika harga tempemeningkat, orang akan dengan mudah pindah ke alternative lainnya, missal tahu. Tetapi jika harga makanan secara umum meningkat, orang akan tetap makan karena alternativesubstitusinya sedikit. Faktor lain adalah jangka waktu. Semakin lama jangka waktunya,maka ada kecenderungan elastisitas menjadi semakin kecil, dan sebaliknya. Dalam jangka pendek, proses penyesuaian tidak bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.Karena itu elastisitasnya menjadi kecil. Sebaliknya, dalam jangka panjang, orang akanbisa melakukan penyesuaian, sehingga elastisitasnya akan menjadi lebih besar. Sebagaicontoh, jika harga tempe meningkat, dalam jangka pendek, orang yang mempunyai favorittempe sebagai makanannya akan sulit meninggalkan tempe. Dalam jangka panjang, isakan berusaha sedikit demi sedikit melepaskan diri dari ketergantungannya terhadaptempe.MENGHITUNG ELASTISITAS DART FUNGSI PERMINTAANJika kurva permintaan diketahui, kita bisa menghitung elastisitas melalui kurvapermintaan. Formula di atas (AQ/AP)/(P/Q) bisa dituliskan kembali sebagai berikut ini.E = (dQ/dP) / (P/Q)Dimana dQ/dP merupakan slope (turunan pertama) dari kurva permintaan. Misalkankurva permintaan adalah sebagai berikut ini.
 
Universitas Gadjah Mada
Q = 100
2PdQ/dP adalah -2. Elastisitas bisa dihitung sebagai -2 (P/Q). Pada harga 10, berarti Q=80,elastisitas bisa dihitung sebabagaie = -2 (10/80) = -2/8 atau -0,25Kurva permintaan juga bisa dirumuskan dalam bentuk non-linear. Sebagai contoh, missalkita mempunyai kurva permintaan non-linear sebagai berikut ini.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->