Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
36Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Artikel Penelitian IPTEKS

Artikel Penelitian IPTEKS

Ratings:

5.0

(3)
|Views: 8,056|Likes:
Published by sektijatmiko16

More info:

Published by: sektijatmiko16 on Jul 22, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIFUNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARANMANAJEMEN KEARSIPANAbstrak 
Oleh : Saliman, M.Pd. Jurusan Pendidikan Administrasi FISE UNY 
Penelitian dengan judul Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Manajemen Kearsipan ini bertujuanuntuk : 1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkanmotivasi dan kemandirian belajar siswa; 2) menghasilkan media pembelajaraninteraktif yang dapat meningkatkan efisiensi waktu penyampaian materi pelajaran.Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan yangmeliputi tahap analisis, desain, pengembangan produk, evaluasi dan implementasi.Tahap Analisis dibagi menjadi analisis permasalahan dan analisiskomponen pembelajaran. Pada tahap analisis permasalahan dilakukan investigasiterhadap persoalan-persoalan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran disekolah dan mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan solusi yang dapatdigunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Pada tahap analisis komponen pembelajaran dilakukan analisis terhadap standar kompetensi, kompetensi dasar,indikator pembelajaran, dan materi manajemen kearsipan yang terdapat padakurikulum SMK. Tahap Desain meliputi penyusunan kerangka struktur media , penentuan sistematika penyajian materi, ilustrasi, visualisasi, dan kuis, serta perancangan alat evaluasi. Tahap Pengembangan Produk mencakup pembuatandan perakitan halaman media, yang mencakup penulisan teks, pembuatan dan pemasangan gambar, pembuatan dan pemasangan animasi, pembuatan dan pemasangan audio, serta pembuatan dan pemasangan kuis. Tahap Evaluasidilakukan dengan validasi oleh ahli media pembelajaran, dan ahli materimanajemen kearsipan. Sedangkan pada tahap Implementasi dilakukan ujicobalapangan terhadap subjek ujicoba sebanyak 41orang siswa.Hasil evaluasi oleh ahli media dan ahli materi melalui kuesioner dalam bentuk Skala Likert rentang 1 sampai 5 diperoleh rata-rata skor 4 dengan kriteria baik. Hasil ujicoba lapangan terhadap 41 responden dengan instrumen kuesioner  bentuk Skala Likert rentang 1 sampai 5 dan dikonversi menjadi rentang skala 41sampai 205 diperoleh rata-rata skor total 160 dengan kriteria baik. Dengandemikian diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran interaktif yangdikembangkan dalam penelitian ini memiliki kualitas baik dan layak digunakandalam kegiatan pembelajaran di sekolah.Kata kunci : media pembelajaran, interaktif, pengembangan.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk MeningkatkanKualitas Pembelajaran Manajemen Kearsipan
1
 
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan perwujudan kebudayaan manusia yang dinamisdan sarat dengan perkembangan. Perkembangan dalam arti perbaikan pendidikan pada semua tingkat perlu terus dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan masadepan. Demikian halnya dengan pendidikan menengah kejuruan sebagai pencetak calon tenaga kerja menengah, harus mampu mengantisipasi kebutuhan dantantangan masa depan. Upaya antisipasi dilakukan agar proses dan materi pembelajaran di sekolah menengah kejuruan selaras dengan perkembangankebutuhan dunia usaha/dunia industri, perkembangan dunia kerja, serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.Hasil observasi empirik di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran manajemen kearsipan di sekolah sebagian besar masihmenggunakan model pembelajaran konvensional dengan pola satu arah dimanaguru menjadi sumber informasi. Hal itu menyebabkan motivasi dan kemandirian belajar siswa rendah, yang berarti pula bahwa kualitas pembelajarannya belum baik. Banyaknya materi dengan alokasi waktu yang terbatas juga menjadi masalahyang dihadapi guru kearsipan.Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengatasi berbagai permasalahanyang dihadapi dalam pembelajaran kearsipan di sekolah tersebut. Salah satu solusiyang diduga dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa, sertamengatasi masalah terbatasnya alokasi waktu dengan banyaknya materi, adalahdengan mengembangkan media pembelajaran interaktif. Media pembelajaraninteraktif adalah media berbasis komputer yang dapat menyajikan materi pelajaran dengan kapasitas besar dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswasecara interaktif. Media seperti ini dilengkapi dengan gambar-gambar, musik dananimasi serta soal-soal latihan beserta umpan baliknya, sehingga memiliki dayatarik yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Telah banyak penelitian pengembangan yang dilakukan untumenghasilkan produk media pembelajaran. Namun demikian penelitian pengembangan media pembelajaran yang khusus untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kompetensi manajemen kearsipan sejauh peneliti ketahui sampai
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk MeningkatkanKualitas Pembelajaran Manajemen Kearsipan
2
 
saat ini belum ada. Setelah penelitian ini dilakukan dan menghasilkan paket media pembelajaran manajemen kearsipan interaktif berbasis komputer, maka masa yangakan datang dapat ditindak lanjuti dengan penelitian lanjutan. Penelitian lanjutanyang dimaksud adalah eksperimen terhadap efektivitas media tesebut dalam pencapaian prestasi belajar siswa SMK dalam lingkup yang lebih luas.
KAJIAN PUSTAKAA. Kompetensi Manajemen Kearsipan.
Kompetensi manajemen kearsipan merupakan salah satu kompetensikejuruan yang dikembangkan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)SMK Program Keahlian Administrasi. Kompetensi manajemen kearsipan meliputisub kompetensi :a.Menerima dan Mendistribusikan Surat Masuk  b.Menerima dan Mendistribusikan Surat Keluar c.Mengelola Surat yang Penting dan yang Harus Diterima pada Hari yang Samad.Mengelola dan Mengirim Emaile.Menetapkan kebutuhan bahan dan alat kearsipanf.Memilih sistim yang sesuaig.Mengimplementasikan sistim kearsipan (KTSP SMK : 2007).
B. Media Pembelajaran
1.
Pengertian Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa Latin
medius
yang secara harfiah berartitengah, perantara, atau pengantar (Azhar Arsyad, 2007 : 3).
 Association of  Education and Communication Technology (AECT)
memberikan definisi mediasebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesandan informasi (Richey : 1994). Pendapat lain mengemukakan bahwa media adalahsuatu sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari seorangkomunikator kepada komunikan (Suranto, 2005:18). Sedangkan Trini Prastati(2005:3) memberi makna media sebagai apa saja yang dapat menyalurkaninformasi dari sumber informasi ke penerima informasi.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk MeningkatkanKualitas Pembelajaran Manajemen Kearsipan
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->