Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
126Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perjanjian Internasional Dalam Teori Dan Praktek Di Indonesia - Kompilasi Permasalahan

Perjanjian Internasional Dalam Teori Dan Praktek Di Indonesia - Kompilasi Permasalahan

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 36,717|Likes:
Published by Oktavia Maludin

More info:

Published by: Oktavia Maludin on Jul 23, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2013

pdf

text

original

 
Kompilasi Permasalahan
Direktorat Perjanjian Ekonomi Sosial dan Budaya
Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian InternasionalDepartemen Luar Negeri2008
 
PERJANJIAN INTERNASIONAL DALAM DINAMIKA GLOBAL
1.Dinamika hubungan masyarakat internasional yang sedemikian pesat, sebagai akibat darisemakin meningkatnya teknologi komunikasi dan informasi yang membawa dampak padapercepatan arus globlalisasi, mengakibatkan hukum perjanjian internasional juga mengalamiperkembangan pesat seiring dinamika masyarakat internasional itu sendiri. SekalipunLiterarur hukum internasional telah menyediakan banyak teori dan praktek tentangperjanjian internasional yang cenderung ajeg dan konsisten, namun dinamika masyarakatinternasional melalui diplomasi praktis telah memperkaya teori dimaksud dalam berbagaivariasinya dalam bentuk format dan klausula yang kreatif dan inovatif.2.Perkembangan antar bangsa seperti itu membawa pula dampak peningkatan dan intensitaspembuatan perjanjian internasional yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dengannegara lain maupun dengan organisasi internasional atau subyek hukum internasionallainnya.
Permasalahan yang lahir dari Praktek Negara RI tentang PerjanjianInternasional yang perlu mendapatkan penjelasan akademis
:1.Dalam kaitannya dengan hubungan perjanjian internasional dengan hukumnasional, apakah Indonesia menganut faham monisme atau dualisme?2.Apakah perjanjian internasional perlu di definisi ulang sehingga mencakup semuaperjanjian yang bersifat transnasional?
3.
Apakah
loan agreements
adalah perjanjian internasional?
4.
Apakah
nomenclauture
membedakan bobot juridis suatu perjanjian internasional?5.Apakah lembaga negara di luar eksekutif (MA, BPK, DPR) dapat membuatperjanjian internasional?6.Apakah Sekjen ASEAN dapat membuat perjanjian dengan negara ketiga atasnama angota ASEAN?
TOR DEPLU MENGENAI STUDI TENTANG SISTEM HUKUM SUATU NEGARA TERKAIT DENGAN PROSES PENGESAHAN DANPEMBERLAKUAN PERJANJIAN INTERNASIONAL SERTPENGOLAHAN NASKAH PERJANJIAN INTERNASIONAL OLEHSUATU NEGARA DAN ORGANISASI INTERNASIONAL
* TOR ini dilengkapi dengan
“Diskusi Professor Ko Swan Sikdengan Bapak Damos Dumoli Agusman berkaitan dengan TOR DEPLU mengenai Studi Tentang Sistem Hukum Suatu Negara Terkaitdengan Proses Pengesahan dan Pemberlakuan PerjanjianInternasional serta Pengolahan Naskah PerjanjianInternasional oleh suatu Negara dan Organisasi Internasional”
 
3.
Dalam hal pembuatan dan pengesahan perjanjian internasional, diatur
dalam Pasal 11 UUD1945
, yang kemudian diatur
dalam UU Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan LuarNegeri
dan dijabarkan lebih lanjut dalam
UU Nomor 24 Tahun 2000 tentang PerjanjianInternasional.
4.
UU tentang Perjanjian Internasional sangat penting artinya untuk menciptakan kepastianhukum dan pedoman yang jelas bagi pembuatan dan pengesahan perjanjian internasionaloleh Pemerintah RI.
Pada dasarnya UU tersebut memuat prinsip-prinsip yangtercantum dalam Konvensi Wina 1969 tentang Hukum Perjanjian Internasional danKonvensi Wina 1986 tentang Perjanjian Internasional yang dibuat oleh Organisasi  Internasional, yang sekalipun tidak/belum diratifikasi oleh Indonesia namun telahberlaku sebagai hukum kebiasaan internasional dan telah dijadikan pedoman bagi masyarakat internasional dalam membuat dan mengesahkan perjanjianinternasional.
Pertanyaan berlakunya hukum internasional (HI) didalam lingkungan hukum nasionalIndonesia (HN) memang belum jelas terjawab. ToR tepat menitikberatkan bahwa dari suduttata-hukum Indonesia perlu dikembangkan pilihan politik hukum antara kemungkinan2sebagai berikut:(a)HI dianggap sebagai tata-hukum yang mutlak terpisah dari dan tiada hubungansistematis dengan HN, dengan lain perkataan secara mutlak berada dan berlaku diluardan disamping lingkungan HN (pada hakekatnya menganut “aliran dualisme”). Pilihan iniberkonsekwensi diperlukan pembuatan hukum menurut acara dan dalam bentuk HN(transformasi) agar kaidah isi HI bersangkutan dapat berlaku sebagai hukum dalamlingkungan HN. Dengan demikian kaidah tersebut yang telah di”transformasi” sebagaiHN, berlaku setaraf dengan HN lainnya, dan tunduk pada azas2 yang menentukanhubungan antar-kaidah hukum (a.l. lex posterior derogat legi priori)(b)HI dan HN pada hakekatnya dianggap sama2 merupakan bagian dari hukum sebagaikeseluruhan (sesuai ajaran monisme). Oleh karena itu HI dianggap berlaku pula (“di-inkorporasikan”) dilingkungan HN, setaraf dengan HN “aseli, namun denganmempertahankan sifat HI-nya (tanpa “transformasi”) dan sejauh isinya cocok untukditerapkan pada hubungan2 HN. Azas2 tsb.tadi berlaku pula terhadapnya.
PRAKTEK HUKUM RI: MONISME OR DUALISME?
5.Praktek Indonesia dalam masalah implementasi perjanjian internasional dalam hukumnasional RI tidak terlalu jelas mencerminkan apakah Indonesia menganut monisme,dualisme atau kombinasi keduanya. Dalam prakteknya, sekalipun suatu perjanjianinternasional telah diratifikasi dengan UU, masih dibutuhkan adanya UU lain untukmengimplementasikannya pada domain hukum nasional, seperti UNCLOS 1982 yangdiratifikasi oleh UU No. 17/1985 tetap membutuhkan UU No. 6/1996 tentang Perairan.Di lain pihak, terdapat pula perjanjian internasional yang diratifikasi namun dijadikandasar hukum untuk implementasi, seperti Konvensi Wina 1961/1963 tentang HubunganDiplomatik/Konsuler yang diratifikasi dengan UU No. 1/1982.
Komentar Prof. Swan Sik:

Activity (126)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Morizz liked this
Friska Putri liked this
Candra Ningsih liked this
Aprilia Yunita liked this
Nuze liked this
Ganjar Wildan M liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->