Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
209Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Zat Adiktif

Pengertian Zat Adiktif

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 41,432 |Likes:
Published by Teguh

More info:

Published by: Teguh on Jul 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2013

pdf

text

original

 
Pengertian Zat AdiktivZat adiktif adalah obat serta bahan-bahan aktif yang apabila dikonsumsi oleh organisme hidupdapat menyebabkan kerja biologi serta menimbulkan ketergantungan atau adiksi yang sulitdihentikan dan berefek ingin menggunakannya secara terus-menerus yang jika dihentikan dapatmemberi efek lelah luar biasa atau rasa sakit luar biasa.B. Jenis Obat Yang Berzat Adiktif Sesuai dengan Undang-Undang No.5 Tahun 1997 tentang Psikotropika menyebutkan beberapaobat yang mengandung zat adiktif di antaranya adalah :1. Amfetamin2. Amobarbital, Flunitrazepam3. Diahepam, Bromazepam, Fenobarbital4. Minuman Beralkohol / Minuman Keras / Miras5. Tembakau / Rokok / Lisong6. Halusinogen7. Bahan Pelarut seperti bensin, tiner, lem, cat, solvent, dllC. Dampak / Efek yang Dapat Ditimbulkan Zat Adiktif 1. Efek/Dampak Penyalahgunaan Minuman AlkoholAlkohol dalam minuman keras dapat menyebabkan gangguan jantung dan otot syaraf,mengganggu metabolisme tubuh, membuat janis menjadi cacat, impoten serta gangguan sekslainnya.2. Efek/Dampak Penyalahgunaan GanjaZat kandungan dalam ganja yang berbahaya dapat menyebabkan daya tahan tubuh berkurang danmelemah sehingga mudah terserang penyakit dan infeksi serta memperburuk aliran darahkoroner.3. Efek/Dampak Penyalahgunaan HalusinogenHalusinogen dalam tubuh manusia dapat mengakibatkan pendarahan otak.4. Efek/Dampak Penyalahgunaan KokainZat adiktif kokain jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kekurangan seldarah putih atau anemia sehingga dapat membuat badan kurus kering. Selain itu kokainmenimbulkan perforesi sekat hidung (ulkus) dan aritma pada jantung.5. Efek/Dampak Penyalahgunaan Opiat / OpiodaZat opioda atau opiat yang masuk ke dalam badan manusia dapat mengganggu menstruasi pada perempuan / wanita serta impotensi dan konstipasi khronuk pada pria / laki-laki.6. Efek/Dampak Penyalahgunaan InhalasiaInhalasia memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita seperti gangguan pada fungsi jantung,otak, dan lever.7. Efek/Dampak Penyalahgunaan Non ObatDalam kehidupan sehari-hari sering kita temui benda-benda yang disalahgunakan oleh banyak orang untuk mendapatkan efek tertentu yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Contoh barang yang dijadikan candu antara lain seperti bensin, thiner, racun serangga, lem uhu, lem aicaaibon. Efek dari penggunaan yang salah pada tubuh manusia adalah dapat menimbulkan infeksiemboli.----
 
Keterangan :Untuk mengetahui narkoba lebih lanjut anda dapat mencari melalui fitur search pada kolomsebelah kiri situs organisasi.org ini.
Narkotika
Oleh:AsianBrain.comContent Team"Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetismaupun semi sintetis. Zat tersebut menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran,menghilangkan rasa, mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkanketergantungan (adiktif)."--UU No. 22 Tahun 1997--WHO sendiri memberikan definisi tentang narkotika sebagai berikut: "Narkotika merupakansuatu zat yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh akan memengaruhi fungsi fisik dan/atau psikologi (kecuali makanan, air, atau oksigen)."
Macam-macam narkotika
 Narkotikabanyak sekali macamnya, ada yang berbentuk cair, padat, serbuk, daun-daun, dan lainsebagainya. Di bawah ini diuraikan sedikit mengenai macam-macam narkotika, yaitu:
1.
Opioid
Bahan opioid adalah saripati bunga opium. Zat yang termasuk kelompok opioid antaralain:
Heroin
, disebut juga
diamorfin
(INN) bisa ditemukan dalam bentuk pil, serbuk,dan cairan.
Codein
, biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan bening
Comerol
, sama dengan
codein
biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan bening
Putaw
2.
Kokain
Kokain merupakan
alkaloid 
yang berasal dari tanaman
 Erythroxylon coca
. Jenistanamannya berbentuk belukar. Zat ini berasal dari Peru dan Bolivia.
3.
Ganja (Cannabis /Cimeng)
Ganja merupakan tumbuhan penghasil serat. Akan tetapi, tumbuhan ini lebih dikenalkarena kandungan narkotikanya, yaitu
tetrahidrokanabinol 
(THC). Semua bagiantanaman ganja mengandung
kanaboid psikoaktif 
.Cara menggunakan ganja biasanya dipotong, dikeringkan, dipotong kecil-kecil, laludigulung menjadi rokok. Asap ganja mengandung tiga kali lebih banyak 
karbonmonoksida
daripada rokok biasa.Adapun zat lain yang memiliki dampak yang sama bahayanya dengan narkotikajika disalahgunakan, yaitu psikotropika. Jenis-jenis yang termasuk zat ini antara lain:
 
Ectasy
(
ineks
),
Shabu-shabu
(
methamphetamine
), dan
Benzodiazepin
(
 Pil Nipam, BK, dan Magadon
).
Dampak negatif penyalahgunaan narkotika
Menurut definisi di atas, jelaslah bahwa narkotika, jika disalahgunakan, sangat membahayakan bagi kesehatan fisik dan mental manusia. Bahkan, pada pemakaian dengan dosis berlebih atauyang dikenal dengan istilah
over dosis
(OD) bisa mengakibatkan kematian. Namun sayangsekali, walaupun sudah tahu zat tersebut sangat berbahaya, masih saja ada orang-orang yangmenyalahgunakannya.
Dampak positif narkotika bagi kehidupan manusia
Walaupun begitu, setiap kehidupan memiliki dua sisi mata uang. Di balik dampak negatif,narkotika  juga memberikan dampak yang positif. Jika digunakan sebagaimana mestinya,terutama untuk menyelamatkan jiwa manusia dan membantu dalam pengobatan, narkotikamemberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Berikut dampak positif narkotika:
1.
Opioid 
Opioid atau opium digunakan selama berabad-abad sebagai penghilang rasa sakit danuntuk mencegah batuk dan diare.
2.
 Kokain
Daun tanaman
 Erythroxylon
coca biasanya dikunyah-kunyah untuk mendapatkan efek stimulan, seperti untuk meningkatkan daya tahan dan stamina serta mengurangi rasalelah.
3.
Ganja (ganja/cimeng)
Orang-orang terdahulu menggunakan tanaman ganja untuk bahan pembuat kantungkarena serat yang dihasilkannya sangat kuat. Biji ganja juga digunakan sebagai bahan pembuat minyak.
Bahaya Narkoba
Oleh:AsianBrain.comContent TeamBahaya narkobasudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Berbagai kampanyeanti narkoba dan penanggulangan terhadap orang-orang yang ingin sembuh dari ketergantungannarkoba semakin banyak didengung-dengungkan.Sebab, penyalahgunaan narkoba bisa membahayakan bagi keluarga, masyarakat, dan masa depan bangsa.
Bahaya penyalahgunaan narkoba bagi tubuh manusia
Secara umum semua jenis narkoba jika disalahgunakan akan memberikan empat dampak sebagai berikut:
1.
DepresanPemakai akan tertidur atau tidak sadarkan diri.

Activity (209)

You've already reviewed this. Edit your review.
Nadia Oktaviana added this note
thanks banget yah,,
1 thousand reads
1 hundred reads
Chiiew Chybistha added this note
Sebagai seorang pelajar , lebih baik berprinsip " SAY NO TO DRUG ..."
Dandi Coolz added this note
thank's
Nda Moet Respeck liked this
Nda Moet Respeck liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->