Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
36Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Dalam Kehidupan Manusia

Sistem Dalam Kehidupan Manusia

Ratings: (0)|Views: 6,586 |Likes:
Published by Teguh

More info:

Published by: Teguh on Jul 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2013

pdf

text

original

 
Tulang
Alat gerak pada vertebrata meliputi alat
 gerak 
 pasif berupa tulang dan alat
 gerak aktif berupa
otot.Gerak adalah hasil interaksi antara tulang, otot, dan persendian tulang.
TULANG
Menurut bahan pembentuknya, tulang dapat dibedakan menjadi tulang rawan (KARTILAGO)dan tulang keras (= tulang/OSTEON).Tulang rawan bersifat lentur, tersusun atas sel-sel tulang rawan (KONDROSIT) yangmensekresikan matriks (KONDRIN) berupa hialin atau kolagen. Rawan pada anak berasal darimesenkim dengan kandungan kondrosit lebih banyak dari kondrin. Sebaliknya, pada orangdewasa kondrin lebih banyak dan rawan ini berasal dari selaput tulang rawan(PERIKONDRIUM) yang banyak mengandung KONDROBLAS (pembentuk kondrosit).Rawan pada dewasa antara lain terdapat pada cincin batang tenggorokan dan daun telinga.Pembentukan tulang keras berawal dari kartilago (berasal dari mesenkim). Kartilago memilikirongga yang akan terisi oleh OSTEOBLAS (sel-sel pembentuk tulang). Osteoblas membentuk osteosit (sel-sel tulang). Setiap satuan sel-sel tulang akan melingkari pembuluh darah dan serabutsaraf membentuk SISTEM HAVERS. Matriks akan mengeluarkan kapur dan fosfor yangmenyebabkan tulang menjadi keras.Proses pengerasan tulang disebut penulangan atau OSIFIKASI. Jenis osifikasi adalah DESMALdan KONDRAL. Kondral meliputi PERIKONDRAL dan ENKONDRAL.Tulang Keras atau Osteon terbagi menljadi- Tulang panjang (tulang pipa)- Tulang pipih- Tulang pendek - Tulang pneumatikaTulang Pipa terbagi menjadi 3 bagian yaitu :-Bagian ujung yang disebut EPIFISE.-Bagian tengah yang disebut DIAFISE.Di pusatnya terdapat rongga yang berisi sumsum tulang. Rongga terbentuk karena aktivitasOSTEOKLAS (perombak tulang).-Di antara epifise dan diafise terdapat CAKRAM EPIFISE (DISCUS EPIPHYSEALIS).Cakram ini kaya akan osteoblas dan menentukan pertumbuhan tinggi. Sumsum Tulang ada dua jenis yaitu :
1.
Sumsum tulang merah (MEDULLA OSSIUM RUBBA)2. Sumsum tulang kuning (MEDULLA OSSIUM FLAVA)
Rangka59
 
RANGKA
Tulang-tulang Vertebrata membentuk rangka dalam (ENDOSKELETON) yang berfungsi :- Memberi bentuk tubuh.- Menahan dan menegakkan tubuh.- Melindungi dan menegakkan tubuh.- Sebagai tempat melekatnya otot rangka.- Sebagai alat gerak pasif.- Tempat pembentukan sel-sel darah (HEMOPOIESIS).Endoskeleton pada manusia (vertebrata) dibagai menjadi 2 yaitu- Kerangka sumbu tengkorak dan badan- Kerangka apendiks anggota gerak 1.Kranium (tengkorak),Meliputi : NEUROCRANIUM (tengkorak pelindung otak)SPHLANCHNOCRANIUM (tengkorak pembentuk wajah) 2.Badan,Meliputi :COLLUMNA VERTEBRALIS (tulang belakang)STERNUM (dada)COSTAE (iga)COXAE (Wang pinggul)GELANG BAHU 3.ApendiksMeliputi :tungkai depan/anggota gerak atas - bersambungan dengan gelang bahu tungkai belakang/anggota gerak bawah - bersambungan dengan gelang pinggul.
Persendian60PERSENDIAN
adalah hubungan antar tulang (ARTIKULASI)MEMBRAN SINOVIAL (selaput sendi) adalah :Selaput yang membungkus ujung-ujung tulang yang membentuk persendian.Selaput ini menghasilkan MINYAK SINOVIAL yang berguna sebagai pelumas sendi.
 
ARTIKULASI terbagi atas 3 bentuk yaitu :1.SINARTROSIS yaitu hubungan yang tidak memungkinkan adanya gerakan.- SINKONDROSIS kedua ujung tulang dihubungkan dengan kartilago.- SINFIBROSIS kedua ujung tulang dihubungkan dengan serabut.2.AMFIARTROSIS yaitu hubungan yang memungkinkan terjadinya gerak yang terbatashubungan antara tulang rusuk dan tulang belakang.3.DIARTROSIS yaitu hubungan yang memungkinkan adanya gerakan yang cukup besar.-SENDI PELURU (ENDARTROSIS) : ujung tulang yang satu berbentuk bonggol masuke tulang lain yang berbentuk cekungan.gelang pinggul.-SENDI ENGSEL (GYNGLUMUS) : ujung tulang yang bergerak membentuk lekukan.siku, lutut.-SENDI PUTAR (TROKOIDEA) : ujung rulang yang satu mengitari ujung rulang lain.sendi antara hasta dan pengumpil.-SENDI PELANA (SELLARIS) : kedua ujung tulang membentuk seperti pelana.sendi pada tulang ibu jari dengan telapak tangan.-SENDI OVOID/ELLIPS (ELLIPSOIDEA) : kedua ujung tulang berbentuk oval.pergelangan tangan.
Otot61OTOT (MUSCULUS)Macam otot
1. Otot polos gerakan tak disadari (INVOLUNTER)2. Otot lurik = serat lintang gerakan disadari (VOLUNTER)3. Otot jantung = MIOKARDIUM involunter 
MIOGLOBIN
adalah pigmen otot yang berfungsi mengikat oksigen.
BAGIAN-BAGIAN OTOT
- TENDON urat otot, bagian ujung otot yang mengecil.- VENTRIKEL empal otot, bagian tengah otot yang menggembung.- ORIGO ujung otot yang melekat pada tempat yang tidak bergerak.- INSERSIO ujung otot yang melekat pada tempat yang bergerak.- NORMOTROFI otot yang besarnya normal.- ATROFI otot yang mengecil, lisut.- HIPERTROFI otot yang membesar.- DISKUS INTERKALARIS bagian khas otot jantung yang merupakan batas.
KARAKTERISTIK OTOT
a. KONTRAKTIBILITAS kemampuan untuk memendek  b. EKSTENSIBILITAS kemampuan untuk memanjang

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->