Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERBAIKAN FAKTOR KERJA

PERBAIKAN FAKTOR KERJA

Ratings: (0)|Views: 57|Likes:

More info:

Published by: Maulana Joki Ragdadi on Oct 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/16/2013

pdf

text

original

 
PERBAIKAN FAKTOR KERJA
( POWER FACTOR CORRECTION )
Perbaikan faktor kerja adalah suatu usaha atau langkah langkah untuk dapat mencapai system kelistrikan yang optimal. Power factor yang buruk dapat merugikan suatu sistem kelistrikan. Adapun kerugian yangdapat ditimbulkan dengan adanya factor kerja yang buruk atau rendahadalah :1.Daya terpasang listrik PLN ( KVA) tidak dapat optimal. Jika beban yang ada sudah mencapai batas arus yang diijinkan . makatidak dapat menambah beban listrik lagi sedangkan kw yangterpakai masih dibawah daya terpasang. 2. Dengan power factor yang rendah akan dikenakan penalty / dendadari PLN yang nilai rupiah / kvarh nya cukup tinggi. Hal inikarena sudah melebihi ketentuan yang distandarkan dari PLNyaitu sebesar 0,85.3. Dengan power factor yang rendah maka arus menjadi lebih tinggi.Dengan arus yang tinggi ini akan menjadikan kabel lebih panaskarena energi yang terbuang karena arus . sesuai dengan rumus IRt . maka dengan tahanan kabel yang tetap dan arus yangmelewati kabel berbanding lurus dengan panas yang dikeluarkan.4. Jika instalasi dengan kabel penghantar yang panjang dan jauhmaka akan menyebabkan tegangan jatuh ( V ) semakin besar diujung beban . Tegangan jatuh berbanding lurus dengan arusyang melewati penghantar.Dengan keempat kerugian yang ditimbulkan oleh karena power factor yang rendah maka diupayakan memperbaikinya dengan memasangcapasitor bank.
 
Bagaimanakah konsep dasar sehingga dengan pemasangan kapasitor  bank dapat memperbaiki factor kerja dari suatu sistem kelistrikan ? Halitu dapat dijelaskan sebagai berikut:-Beban beban yang mempunyai kecenderungan memiliki cosphikurang dari satu tertinggal ( leaging) adalah beban beban listrik yang mempunyai unsur lilitan dan inti besi. Semisal lampu tabungdenga ballastnya, motor motor listrik, las listrik dan transformator regulator.-Sehingga daya listrik yang dipakai untuk mengoperasikan peralatan tersebut terdiri dari dua unsur yaitu daya aktif dan dayareaktif.-Daya aktif adalah daya yang terpakai yang terukur dengankilowattmeter. Daya ini membentuk energi aktif persatuan waktudan dapat diukur dengan kwh meter.-Sedangkan daya reaktif adalah daya yang terpakai sebagai energi pembangkitan flux magnetic sehingga timbul magnetisasi. Dandaya ini dikembalikan ke system karena efek induksielektromagnetik itu sendiri.Capasitor bank adalah sekumpulan beberapa kapasitor yang disambungsecara parallel untuk mendapatkan kapasitas kapasitif tertentu. Besaranyang sering dipakai adalah Kvar ( Kilovolt ampere reaktif ) meskipundidalamnya terkandung / tercantum besaran kapasitansi yaitu Farad ataumicrofarad. Kapasitor ini mempunyai sifat listrik yang kapasiti( leading ). Sehingga mempunyai sifat mengurangi / menghilangkanterhadap sifat induktif ( leaging ) .Dengan Dasar inilah Nilai power factor diperbaiki.
 
Power Factor angle
ActiveActivePower Power ApparentApparentPower Power 
 
ApparentApparentPower Power ReactiveReactivePower Power 
 
ReactiveReactivePower Power 
ϕ
Power factor : cos
ϕ
=kWkVA

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->