Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas 1 Pengantar Bisnis, Ade Bela Mustika 017701687

Tugas 1 Pengantar Bisnis, Ade Bela Mustika 017701687

Ratings: (0)|Views: 6|Likes:
Published by Ade Bela Mustika

More info:

Published by: Ade Bela Mustika on Oct 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2014

pdf

text

original

 
 JAWABAN 
1.Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku dalam bisnis
a.Tenaga Kerja
Konstribusi pribadi secara fisik dan mental kedalam suatu produk perekonomian.
b. Modal
Dana yang dibutuhkan untuk menciptakan dan mengoperasikan suatu usaha bisnis.
c. Kewirausahaan
Kemampuan seseorang untuk memanfaatkan peluang dan menerima resiko dalam menciptakandan mengoperasikan bisnis.
d. Sumber Daya Alam / Fisik 
Barang yang digunakan organisasi untuk mendukung bisnisnya,meliputi sumber daya alam dan bahan baku, kantor dan fasilitas produksi, peralatan, komputer dan perlengkapan lainnya.
e.Sumber Daya Informasi
Data dan informasi yang digunakan oleh bisnis.
2.Misalnya saya adalah wirausahawan,penggambaran rencana bisnis saya:
a.Menguji/menganalisis lingkungan internal perusahaan dan lingkungan eksternal ( kekuatan,kelemahan, peluang, dan ancaman ) b.Memformalasikan strategi perusahaan jangka panjang dan pendek ( misi, tujuan strategi,kebijakan )c.Menerapkan rencana strategi (program, anggaran dan prosedur d.Mengevaluasi kinerja strategie.Melakukan follow up dan feedback Keputusan awal yang saya ambil dalam bisnis:Misalnya saya adalah wirausahawan Es Puter, disini saya mengambil keputusan untuk melakukan inovasi/menciptakan kombinasi-kombinasi baru.Inovasi ini dimaksudkan untuk menghancurkan keseimbangan pasar, yang kemudian keseimbangan baru dengan keuntungan-keuntungan atas inovasi tersebut.Sebagai seorang wirausahawan saya memiliki dorongan berprestasi yang kuat,rasa tanggung jawab yang tinggi, dan keyakinan untuk  berhasil.Pemilihan inovasi ini menentukan resiko yang memang berat, persepsi saya hanya berkeyakinan sukses, menghadapkan umpan balik sebagai dorongan energik, berorientasi masadepan, memiliki pengalaman dan pemahaman keahlian organisasi, serta uang sebagai simbolkeberhasilan.Bantuan keuangan perusahaan, saya usahakan dari tabungan dan kekayaan pribadi. Jikainovasi ini membuka kesempatan dan berpeluang besar untuk saya, mungkin dengan jalanmeminjam di koperasi atau depnaker bahkan bank dibawah naungan pemerintah menjadi pilihan saya untuk memajukan usah kecil yang saya kelola ini.
3.Menurut pendapat saya, yang mempengaruhi keberhasilan :
a. Kerja keras, kekuatan, dan dedekasi.Seseorang yang membangun usaha kecil harus memiliki kekuatan untuk bekerja keras, tekatdan dedikasi untuk menjalankan bisnisnya, agar bisa bertahan dan menjadi besar. b. Berhasil memenuhi permintaan pasar.
 
Menghasilkan produk dan jasa yang sesuai dengan karakteristik yang diminati oleh pasar sebanding dengan tren permintaaan konsumen dengan membuat inovasi baru.c. Kemampuan Manajerial.Kemampuan menjalankan usaha dan memahami karakteristik bisnis.
Adapun yang mendorong usaha kecil mengalami kegagalan:
a.Kurangnya pengalaman dan kemampuan dalam mengelola bisnis.Beberapa bisnis didirikan tanpa ditunjang oleh kemampuan pengelolaan manajemen. b. Lemahnya sistem kontrol.Kurangnya pengalaman manajemen membuat pengelola tidak bisa mengontrol sistem yangmereka buat.c. Modal terbatas.Sebagian usaha kecil adalah perusahaan perseorangan yang memang sangat terbatas dalam halmodal, karena memakai tabungan dan kekayaan pribadi.4.
a. Lingkungan Internal
 adalah sumber daya manusia dan fisik yang mempengaruhi kinerja perusahaan secaralangsung. Lingkungan ini terdiri atas berikut ini :.a. Karyawan (tenaga kerja/sumber daya manusia). b. Manajemen (keahlian pengelola).c. Pemegang saham (stakeholders).d. ormasi.
b. Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal adalah institusi atau kekuatan luar yang potensial mempengaruhi kinerjaorganisasi. Lingkungan eksternal terdiri dari dua komponen, yakni berikut ini.a.
 Lingkungan khusus
adalah bagian dari lingkungan yang secara langsung relevan terhadap pencapaian tujuanorganisasi, meliput orang-orang yang mempunyai kepentingan dalam organisasi (stakeholder),seperti konsumen, pemasok, pesaing, dan kreditor. b.
 Lingkungan umum
meliputi berbagai faktor, antara lain kondisi ekonomi, politik dan hukum, sosial budaya,demografi, teknologi, dan kondisi global yang mungkin mempengaruhi organisasi.
5.BENTUK-BENTUK BADAN USAHA
1. Perusahaan Perseorangan
a. Kelebihan:
1) Mudah didirikan.2) Modal memulai usaha keci l3) Pengelolaannya fleksibel dan bebas.4) Kerahasiaan usaha terjamin.
b. Kelemahan:
 
1) Pertanggungjawaban tidak terbatas.2) Modal terbatas, untuk mendapatkan pinjaman juga menjadi terbatas3) Kualitas manajerial dan kualitas pekerjaan terbatas4) Kelangsungan operasi perusahaan terbatas2. Perusahaan Perkongsian (CV, Firma, dan Partnership)Perkongsian dapat dibedakan menjadi 2 bentuk :1. Perkongsian umum adalah jenis usaha di mana setiap pemiliknya secara aktif turutmenjalankan kegiatan usahanya dan sepenuhnya bertanggung jawab kepada utang dantanggung jawab bersama.2. Perkongsian terbatas adalah usaha milik beberapa orang, akan tetapi hanya beberapa sajadari para pemilik yang bertindak sebagai anggota yang menjalankan operasional bisnis.
a. Kelebihan perusahaan perkongsian
Banyak modal yang dapat dikumpulkan.Lebih banyak keahlian diperoleh.Umur usaha lebih panjang.
b. Kelemahan perusahaan perkongsian
Masih terdapat masalah tanggung jawab tanpa batas.masih menghadapi masalah modal yang terbatas.Terjadinya perselisihan dan kesalahpahaman di antara anggotanya.3. Perusahaan Perseroan Terbatasadalah suatu unit kegiatan usaha yang didirikan sebagai suatu institusi badan hukum yang pendiriannya dilakukan melalui akta notaris, di mana suatu dokumen dikemukakan yang padadasarnya mencantumkan tujuan pendirian, saham yang dikeluarkan, dan nama-nama pimpinanyang akan menjalankan usaha. Pemegang saham pada Perseroan Terbatas dianggap sebagai pemilik perusahaan, tetapi tidak ikut campur dalam menjalankan kegiatan usaha.Perusahaan Perseroan Terbatas dapat digolongkan ke dalam 2 jenis:Perseroan Terbatas Tertutup > permodalan tidak melalui perantara pasar modalPerseroan Terbatas Terbuka > Permodalan melalui perantara pasar modal
a. Kelebihan Perseroan Terbatas
1) Tanggung jawab terbatas2) Saham perusahaan mudah ditunaikan3) Lebih mudah memperoleh modal4) Pengelolaan yang lebih profesional.
b. Kelemahan Perseroan Terbatas
 pemodalan dan penjualan dan jumlah pekerja serta kapasitas produksi besar Pendiriannya lebih sulit.Peraturan yang harus dipenuhi lebih banyak.Sukar merahasiakan kegiatan perusahaan6.
a. Work Specialization (Division of Labor)
adalah hal yang
 
menggambarkan sejauh manasetiap aktivitas dalam organisasi dibagi-bagi lagi ke dalam pekerjaan-pekerjaan yangterpisah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->