Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sinopsis Elektronika Digital dan Mikroprosessor

Sinopsis Elektronika Digital dan Mikroprosessor

Ratings: (0)|Views: 31|Likes:
Sinopsis buku
Sinopsis buku

More info:

Categories:Book Excerpts
Published by: Rizka-Cindyantika Tiara Ayu Pratiwi on Oct 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/19/2014

pdf

text

original

 
Judul Buku : Elektronika Digital dan Mikroprosessor Penulis : Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom. dan Sigit FirmansyahPenerbit : ANDI YogyakartaTahun Terbit : 2005Jumlah Halaman : 330 halamanPenggunaan teknologi elektronika digital dan kontrol mikroprosessor banyak diterapkan pada alat elektronika canggih di sekitar kita. Pendesainan sistemnya praktis dan mudah, sebagailangkah awal definisikan fungsi dari alat yang akan dibuat. Selanjutnya definisikan sistemnya berupa input, proses dan output. Kemudian setiap sistem dibagi menjadi subsistem yangmemiliki fungsi spesifik. Terakhir, realisasikan subsistem tersebut dengan suatu alat yang dapatdigunakan. Dasar dari sistem-sistem tersebut antara lain:a)
 
Sinyal Analog dan DigitalPada sistem peralatan komunikasi digital, sinyal analog diubah terlebih dahulu menjadisinyal digital, kemudian diproses dan ditransmisikan. Hal ini memang memerlukan peralatantambahan, namun memiliki kelebihan berupa ketahanan yang lebih tinggi terhadap noise dandapat diduplikasi sempurna tanpa degradasi, kemudahan dan kompleksitas pemrosesan berbasis computer dengan hardware maupun software, dan penyimpanan data lebih baik. b)
 
Sistem bilangan-
 
Bilangan Desimal : Sistem bilangan desimal menggunakan 10 lambang bilangan 0
 – 
9. Pada bilangan desimal 4 digit, posisi digit paling kanan mempunyaifaktor 10
dan 10³ (paling kiri).-
 
Bilangan Biner : Elektronika digital menggunakan sistem bilangan biner yaitu 1 dan 0. Untuk logika 1, mewakili tegangan 5Volt dan logika 0 mewakili tegangan0Volt.-
 
Bilangan Oktal : Sistem bilangan octal menggunakan 8 simbol bilangandari 0
 – 
7. Sistem ini menggunakan basis 8.
 
-
 
Bilangan Hexadesimal : Sistem bilangan ini menggunakan 16 macam symbol 0
 – 
9dan A
 – 
F .Keempaat sistem bilangan tersebut dapat dikonversikan kedalam sistem bilangan lainnya.c)
 
Sistem Binary Code Decimal (BCD). Digunakan untuk menampilkan digit desimal sebagaikode biner 4 bit. Berguna untuk menampilkan angka numeric dari 0 sampai 9.d)
 
Kode Ascii. Dinyatakan dalam biner bit yang digunakan sebagai kode khusus untuk mewakili semua data alfanumerik (huruf, symbol dan bilangan).Peralatan elektronik dibangun oleh beberapa komponen utama:a)
 
Komponen resistif 
 – 
resistor adalah komponen elektrik yang berfungsi memberikanhambatan terhadapp aliran arus listrik. Beberapa variasi resistor antara lain; resistor variabel(potensiometer), thermostat (sensor suhu meliputi NTC, PTC dan KTY), dan LDR.
Satuannya Ohm (Ω).
  b)
 
Komponen kapasitif 
 – 
kapasitor adalah komponen elektrik yang berfungsi menyimpanmuatan listrik. Satuannya Farad (F).c)
 
Komponen induktif 
 – 
induktor adalah elemen dinamik yang berbasis pad variasi medanmagnet yang ditimbulkan oleh arus. Dibuat dari kawat konduktor yang dililitkan pada suatuinti yang terbuat dari magnet. Tipe induktor: induktor dengan inti udara, induktor denganinti besi dan induktor dengan inti ferrit.d)
 
Dioda adalah komponen semikonduktor yang mengalirkan arus satu arah saja. Terbuat darigermanium dan silicon. Dapat diberi bias maju dan bias mundur. Jenis dioda: LED(komponen yang dapat mengeluarkan emisi cahaya), diode zener (diode yang bekerja pada bias mundur).e)
 
Relay adalah saklar untuk tegangan AC maupun DC dengan arus besar.f)
 
Transistor digunakan sebagai saklar atau penguat pada rangkaian elektronika. Tipenya NPNdan PNP. Jenisnya transistor BJT dan FET.g)
 
Rangkaian terintegrasi (IC TTL)
 – 
menggunakan kombinasi dari beberapa transistor, dioda,resistor yang terintegrasi dalam 1 IC. Fungsinya sebagai inverter atau saklar pengganti.
 
Terdapat berbagai jenis IC TTL, salah satunya berisi gerbang logika. Gerbang logika adalahrangkaian dasar yang membentuk komputer. Jenis-jenis gerbang logika antara lain: Gerbang OR (memberikan output 1 apabila salah satu atau seluruh masukkannya berlogika 1), Gerbang AND(memberikan output 1 apabila seluruh masukkannya berlogika 1), Inverter (hanya memiliki satumasukan. Output yang dihasilkan selalu berkebalikan dengan masukan yang diberikan),Gerbang NAND (merupakan kebalikan dari gerbang AND), Gerbang NOR (merupakankebalikan dari gerbang OR), Gerbang EXOR (apabila seluruh masukannya sama makaoutputnya 0), dan Gerbang EXNOR (merupakan kebalikan dari gerbang EXOR).Encoder/decoder, multiplekser dan demultiplekser merupakan rangkaian digital yangdapat memetakan sejumlah input menjadi sebuah output tertentu. Decoding adalah prosesmengubah beberapa kode (contoh: biner, BCD, hex) ke output aktif singular yangmerepresentasikan nilai numeriknya. 74HC/HCT147 ialah 9 input priority encoder menerima 9input aktif rendah dan menyediakan output biner 4 bit. Multipleksing/demultipleksingmerupakan proses pemilihan input/output mana yang akan diambil sebagai sumber atau tujuan,contohnya IC 74148. 74F154 ialah demultiplekser/decoder yang mampu menerima 4 alamat biner dan menerjemahkan menghasilkan 16 output. PCF8591 ialah chip daya rendah 8 bitakusisi data untuk 4 input analog, 1 output analog dan antarmuka I
2
C serial. 74HCT93 ialah 4 buah master-slave flip flop yang terhubung secara internal untuk menghasilkan 4 bit ripplecounter.Rangkaian digital memerlukan sumber detak yang bisa diatur besar frekuensinyasehingga dikenallah IC timer 555. IC ini merupakan sebuah komponene elektronika yang berfungsi membangkitkan sinyal timer/clock atau sinyal osilasi. Pengaplikasiannya sebagai pembangkit gelombang segi empat atau sebagai multivibrator stabil. Multivibrator akanmembangkitkan gelombang segiempat dengan frekuensi dan perbandingan lebar pulsa tertentu.Flip-flop adalah rangkaian yang dapat menyimpan data kondisi 1 atau 0. Jenis-jenisnya antaralain: SR flip-flop/transparent latches (output akan merespon perubahan input secara cepat. Dapatdiaplikasikan pada register 4 bit paralel), JK flip flop (masukan J dan K harus stabil dengantransisi detak tinggi ke rendah. Schmitt trigger pada input detak membuat rangkaian toleranuntuk perubahan sinyal naik detak dan fall times yang lebih lambat), D latch (berfungsi sebagai penyimpan data). Penerapan gerbang logika antara lain: Synchronous Binary Counter 

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->