Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Material Teknik

Material Teknik

Ratings: (0)|Views: 11|Likes:
Material Teknik
Material Teknik

More info:

Published by: Rizka-Cindyantika Tiara Ayu Pratiwi on Oct 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/07/2014

pdf

text

original

 
MATERIAL TEKNIK (Logam, Polimer, Keramik dan Komposit)
Klasifikasi Material Teknik:
Secara garis besar material teknik dapat diklasifikasikan menjadi :1.Material logam2.Material non logam
Berdasarkan pada komposisi kimia, logam dan paduannya dapat dibagi menjadi duagolongan yaitu:1.Logam besi / ferrous2.Logam non besi / non ferrous
 Logam-logam besi
merupakan logam dan paduan yang mengandung besi (Fe) sebagaiunsur utamanya. Sedangkan, logam-logam non besi merupakan meterial yangmengandung sedikit atau sama sekali tanpa besi.Dalam dunia teknik mesin, logam (terutama logam besi / baja) merupakan materialyang paling banyak dipakai, tetapi material-material lain juga tidak dapat diabaikan.Material non logam sering digunakan karena meterial tersebut mempunyai sifat yangkhas yang tidak dimiliki oleh material logam.
Material non logam dapat dibedakan menjadi beberapa golongan, yaitu:1.Kerami2.Plastik (polimer)3.Komposit
 Material keramik 
merupakan material yang terbentuk dari hasil senyawa (compound)antara satu atau lebih unsur-unsur logam (termasuk Si dan Ge) dengan satu atau lebihunsur-unsur non logam. material jenis keramik semakin banyak digunakan, mulai berbagai abrasive, pahat potong, batu tahan api, kaca, dan lain-lain, bahkan teknologiroket dan penerbangan luar angkasa sangat memerlukan keramik.
 Plastik (polimer)
adalah material hasil rekayasa manusia, merupakan rantai molekulyang sangat panjang dan banyak molekul MER yang saling mengikat. Pemakaian plastik juga sangat luas, mulai peralatan rumah tangga, interior mobil, kabinetradio/televisi, sampai konstruksi mesin.
 Komposit 
merupakan material hasil kombinasi dari dua material atau lebih, yangsifatnya sangat berbeda dengan sifat masing-masing material asalnya. Kompositselain dibuat dari hasil rekayasa manusia, juga dapat terjadi secara alamiah, misalnya Nama: Rizka Cindyantika T. A. P. NIM: 0220120070Prodi: MekatronikaMakul: Elemen Mesin
 
kayu, yang terdiri dari serat selulose yang berada dalam matriks lignin. Komposit saatini banyak dipakai dalam konstruksi pesawat terbang, karena mempunyai sifat ringan,kuat dan non magnetik.
Sifat Mekanik Material
Sifat mekani
adalah sifat yang menyatakan kemampuan suatu material / komponenuntuk menerima beban, gaya dan energi tanpa menimbulkan kerusakan padamaterial/komponen tersebut.Beberapa sifat mekanik yang penting antara lain:1.Kekuatan (strength)Merupakan kemampuan suatu material untuk menerima tegangan tanpa menyebabkanmaterial menjadi patah. Berdasarkan pada jenis beban yang bekerja, kekuatan dibagidalam beberapa macam yaitu kekuatan tarik, kekuatan geser, kekuatan tekan,kekuatan torsi, dan kekuatan lengkung.2.Kekakuan (stiffness)Adalah kemampuan suatu material untuk menerima tegangan/beban tanpamengakibatkan terjadinya deformasi atau difleksi.3.Kekenyalan (elasticity)Didefinisikan sebagai kemampuan meterial untuk menerima tegangan tanpamengakibatkan terjadinya perubahan bentuk yang permanen setelah tegangandihilangkan, atau dengan kata lain kemampuan material untuk kembali ke bentuk danukuran semula setelah mengalami deformasi (perubahan bentuk).4.Plastisitas (plasticity)Adalah kemampuan material untuk mengalami deformasi plastik (perubahan bentuk secara permanen) tanpa mengalami kerusakan. Material yang mempunyai plastisitastinggi dikatakan sebagai material yang ulet (ductile), sedangkan material yangmempunyai plastisitas rendah dikatakan sebagai material yang getas (brittle).5.Keuletan (ductility)Adalah sutu sifat material yang digambarkan seprti kabel dengan aplikasi kekuatantarik. Material ductile ini harus kuat dan lentur. Keuletan biasanya diukur dengansuatu periode tertentu, persentase keregangan. Sifat ini biasanya digunakan dalam bidan perteknikan, dan bahan yang memiliki sifat ini antara lain besi lunak, tembaga,aluminium, nikel, dll.6.Ketangguhan (toughness)Merupakan kemampuan material untuk menyerap sejumlah energi tanpamengakibatkan terjadinya kerusakan.7.Kegetasan (brittleness)
 
Adalah suatu sifat bahan yang mempunyai sifat berlawanan dengan keuletan.Kerapuhan ini merupakan suatu sifat pecah dari suatu material dengan sedikit pergeseran permanent. Material yang rapuh ini juga menjadi sasaran pada bebanregang, tanpa memberi keregangan yang terlalu besar. Contoh bahan yang memilikisifat kerapuhan ini yaitu besi cor.8.Kelelahan (fatigue)Merupakan kecenderungan dari logam untuk menjadi patah bila menerima beban bolak-balik (dynamic load) yang besarnya masih jauh di bawah batas kekakuanelastiknya.9.Melar (creep)Merupakan kecenderungan suatu logam untuk mengalami deformasi plastik bila pembebanan yang besarnya relatif tetap dilakukan dalam waktu yang lama pada suhuyang tinggi.10.Kekerasan (hardness)Merupakan ketahanan material terhadap penekanan atau indentasi / penetrasi. Sifat ini berkaitan dengan sifat tahan aus (wear resistance) yaitu ketahanan material terhadap penggoresan atau pengikisan.
Load
Didefinisikan sebagai kekuatan eksternal yang mendukung bagian dari suatu mesin.Beban ini terdiri dari 3 tipe, yaitu:
Beban tetap (steady load), dikatakan beban tetap apabila beban dalam keadaan diamdimana benda tersebut tidak dapat erubah arah.
Beban gerak (variying load), apabila beban dapat dipindahkan secara kontiyu.
Beban kejut (shock load), apabila bebam digunakan dan dipindahkan secara tiba-tiba.
Tegangan
Saat gaya atau beban dari system eksternal terjadi pada benda kerja, gaya internal akamuncul dari dalam benda kerja baik searah ataupun berlawanan arah sebagai reaksi atasgaya eksternal tersebut. Stress adalah besarnya gaya internal yangtimbul per satuan luasarea pada benda kerja.
Regangan
Adalah gaya yang diberikan pada suatu benda dengan memberikan tegangan tarik sehingga benda tersebut juga mengalami perubahan bentuk.
Tensile Stress / Tegangan Tarik 
Adalah suatu sifat bahan hubungan tegangan-regangan pada tarikan memberikan nilaiyang cukup berubah tergantung pada laju tegangan temperature dll. Umumpnya kekuatantarik lebih rendah daripada umpannya seperti baja, duralumin dll.
Compressive Stress / Tegangan Tekan

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->