Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
54Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Toleransi Alignment

Toleransi Alignment

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 8,183|Likes:
Published by MirzaAminudin

More info:

Published by: MirzaAminudin on Jul 26, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/05/2013

pdf

text

original

 
Saat ini belum ada standard toleransi baku yang dipublikasikan Lembaga Standard seperti ISOatau ANSI. Dari semua tabel terlihat bahwa Rpmsemakin tinggi dan diameter kopling semakin besar maka toleransi harus makin kecil.Sesungguhnya harga yang harus dicapai harus nol atau Zero misalignment (dalam kondisi mesinoperasi atau hot alignment)Toleransi dikutip dari buku VibralignAngular Misalignment Offset MisalignmentMils per inch .001/1″ Mils .001″ Tabel Toleransi (dikutip dari buku Maintenance Technology ) 
Pemahaman toleransi
Secara historin toleransi mulanya dihitung oleh pembuat kopling , sebagai batas aman untuk sebuah flexible kopling setelah di alignment memakai penggaris dan feeler gage.· Misal ada pabrik kopling yang memberikan rekomendasi untuk angular misalignment sebesar 3derajat dan 0,075 ” (75 mils) utuk offset mis-alignment. Di center kopling
 
 PUMP MOTOR · Gap Toleransi, pabrik kopling yang memberikan toleransi tertentu degan istilah Coupling FaseTIR ( misal tidak lebih dari 5 mils), artinya penunjukan dial (Total Indicator Reading) pada face permukaan kopling tidak lebih dari harga tsb. Atau vertical parrallel misalignment tidak bolehmelebihi harga tsb.Jika dia kopling 5 ” , maka angular misalignment = 5 mils / 5 inchi = 5 mils / 1 inch. Bisadikatakan 1 mils per 1 inch jarak axial sepanjang sumbu shaft .Jika diameter kopling 10 inch, maka toleransi tsb menjadi lebih persisi yaitu 5 mils / 10 inch =0,5 mils/1 inch.Jadi toleransi Couplig Face TIR 0,5 mils masih cukup baik untuk di gunakan referensi.
Kesimpulan :
 Dari beberapa referensi disimpulkan bahwa diameter kopling, jarak kopling dan putaran mesinmenjadi faktor utama memberikan toleransi sekecil-kecil nya.Tetapi yang terpenting ialah menghitung ‘thermal growth” (perubahan panjang/tinggi/pendek mesin akibat berubah suhu ) untuk menentukan target cold alignment, sehingga mesin dapatmencapai sumbu dalam kondisi koliniar.Riset SKF (pabrikan bearing) menyimpulkan: akibat misalignment, beban tambahan bertambah3 kali. Umur bearing ball/roller berkurang dengan faktor 27(silahkan jika mau menambah, mengkoreksi dll)Comments
Salah satu cara alignment sepasang mesin, dgn cara mengunakan “dial indicator”. dan dgn caraapapun, keahlihan tetap diperlukan untuk mendapatkan hasil yang akurat. Maka pemahaman,latihan dan ketrampilansangat diperlukan.Metoda indicator ada 2 cara al:
I. Rim & face dial indicator : kedua poros diputar bersamaanII. Reverse dial indicator : cukup memutar salah satu poros.
(Dengan Cara kalkulasi : matematis atau grafis)
 
Reverse Rim & faceMetode dial indicator adalah metode yang paling banyak di lakukan, karena ketelitian cukupdapat dipertanggung-jawabkan, terutama jika dilakukan dengan professional. Dan harga alatrelative murah.
# cara lain :
  penggaris/mistar, lehih murah, mudah tapi sangat kasar.optical, laser, lebih akurat, mudak tapi peralatan mahal, sehingga untuk pabrik dengan banyak mesin menjadi sangat ekonomis.
Keuntungan metode Dial:
1. Metode ini cukup akurat.2. Cukup efisien untuk poros berdiameter besar maupun kecil3. Dengan menggambar atau mudah melihat posisi kedua poros4. Dapat dilakukan untuk kedua poros yang dapat diputar ataupun hanya satu5. Alat cukup murah dibanding alat lacer atau alat lain,6. Mudah di gambar, dibuat perhitungan2, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat .7. Cukup sesuai untuk mesin2 besar, putaran tinggi,
Kerugian2
:1. Mengerjakanya harus sangat teliti / hati2, pemasangan dial harus kokoh, sehingga dapatdihindari salah baca / salah penunjukan.2. Toleransi, run-out, sag harus diketahui atau di chek dulu.3. Jika permukaan kopling tidak rata atau run-out nya besar, maka penunjukan dial indicator menjadi tidak sebenarnya, sehingga selanjutnya perhitungan2 menjadi salah.4. Aksial clearence sangat mempengaruhi kesalahan.Membaca dial merupakan hal yang paling dasar yang harus dipahami dan dimengerti oleh pelaksana, hasil bacaan salah akan mengakibatkan hasil salah & fatal.Kesalahan seperti dibahas dihalaman depan banyak sebab mengapa penunjukan bisa salah.Kesalahn utama di golongakan sbb :· Pemasangan dial tidak kokoh : kendor, ada sag, tidak sejajar, posisi tidak tepat· Kesahan pada alat ada histiris, tidak lancar naik-turun plunjer · Pemahaman membaca dial salah, terbalik-balik, pemahaman skala salah sehingga hasil perhitungan atau penggambaran salah.
Metode Rim & Face
Pasanglah pemegang dial pada mesin yang mudah diputar dan dial-indicator jarum menunjuk  pada face (muka) dan rim (lingkar kopling) pada mesin yang diam. Semua langkah prealignmentABC ( run-out, soft-foot, sag, safety,) tsb. diatas sudah dilakukan.
Persiapan.
Untuk perhitungan cara matematis maupun grafis, harus diambil ukuran :· Jarak antara kopling diambil dari titik jarum menunjuk = c· Jarak kaki mesin2, atau jarak baut kaki. = a, b, d, e

Activity (54)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
BANGGA liked this
ridzim4638 liked this
ridzim4638 liked this
ridzim4638 liked this
Copy Pazte liked this
aswar_mh liked this
kodokloh liked this
Yohanes Agung liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->